Strategi Peningkatan Loyalitas Pasien Melalui Implementasi Kualitas Layanan Terra.

Authors

  • Irsal Fauzi Universitas Ngudi Waluyo
  • Teguh Harso Widagdo Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.30595/medek.v23i1.15746

Keywords:

Strategi, Implementasi, Loyalitas, Kualitas Layanan, TERRA

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kualitas layanan TERRA, dan dampaknya pada loyalitas, serta impelementasinya berdasarkan theory of planned behavior. Formulasi TERRA dipilih karena sangat mudah diimplementasikan pada tataran praktis, dan lebih bisa mengukur secara pasti mengenai kebutuhan perusahaan di lapangan, dibandingkan dengan formulasi kualitas layanan lainnya. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif, dengan sumber data utama berupa kuesioner, yang akan dianalisis menggunakan SEM PLS Hasil penelitian mengkonfirmasi theory of planned behavior, bahwa dalam suatu sistem jasa, antara penyedia jasa dan konsumen, haruslah mempunyai hubungan erat, dimana pasien merupakan pastisipan aktif dalam terbentuknya proses pelayanan, yang akan meningkatkan indek loyalitas yang diukur dengan dimensi kualitas layanan TERRA.

Author Biography

Irsal Fauzi, Universitas Ngudi Waluyo

S1 Bisnis Digital

References

Athanassopoulos, A., Gounaris, S., & Stathakopoulos, V. (2001). Behavioural responses to customer satisfaction: an empirical study. European Journal of Marketing, 35(5/6), 687–707. https://doi.org/10.1108/03090560110388169

Cut Sriyanti. (2016). Mutu Layanan Kebidanandan Kebijakan Kesehatan. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Ghozali, I. & H. L. (2015). Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. BP UNDIP.

Hinestroza, D. (2018). No Titleااااا. Jurnal Keperawatan Silampari, 7, 1–25.

Jaspar, F. (2012). Manajemen Jasa: Pendekatan Terpadu. Ghalia Indonesia.

Jayadipraja, ertika sekar ningrum, Junaid, & Nurzalmariah, wa ode sitti. (2016). Hubungan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pasien Rawat Inap Umum di Rumahsakit Umum Daerah Kota Kendari Tahun 2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Unsyiah, 1(3), 186420.

Kasiri, L. A., Guan Cheng, K. T., Sambasivan, M., & Sidin, S. M. (2017). Integration of standardization and customization: Impact on service quality, customer satisfaction, and loyalty. Journal of Retailing and Consumer Services, 35(June 2016), 91–97. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2016.11.007

Kotler, P. & K. L. K. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. PT. Indeks.

Leguina, A. (2015). A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM). International Journal of Research & Method in Education, 38(2), 220–221. https://doi.org/10.1080/1743727x.2015.1005806

Murharyati, A., & Oktariani, M. (2014). Hubungan Antara Responsiveness Perawat dengan Loyalitas Pasien. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada, 4, 117–123.

Parasuraman, A. A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1991). Refinement and reassessment of the SERVQUAL instrument. Journal of Retailing, 67(4), 420–450.

Parijskij, Y. N. (2005). Radio astronomy: The next 70-year step. EAS Publications Series, 15(2), 479–485. https://doi.org/10.1051/eas:2005172

Philip Kotler. (2012). Manajemen Pemasaran, Edisi Bahasa Indonesia. Salemba Empat.

Sugiyono, P. D. (2018). Metode penelitian kuantitatif (Cet. 1). Alfabeta.

Tenenhaus, M., Amato, S., & Vinzi, V. E. (2000). A global Goodness – of – Fit index for A or PLS structural. November.

Timo, F., Mugiono, & Djawahir, A. H. (2019). The Effect Of Product Quality And Service Quality On Customer Loyalty Mediated By Customer Satisfaction ( Evidence On Kharisma Store In Belu District, East Nusa Tenggara Province). South East Asia Journal of Contemporary Business, Economics and Law., 19(5), 13–26.

Wardanengsih, E., Rijal, S., & Mallapiang, A. I. (2019). Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan Keperawatan Di Puskesmas Tempe Kabupaten Wajo. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, 14(3), 253–256. https://doi.org/10.35892/jikd.v14i3.240

Downloads

Published

2023-01-31