Analisis Kedisiplinan Belajar Mahasiswa Dan Kehadiran Mahasiswa Terhadap Nilai Mata Kuliah Menggunakan Teori Kuantifikasi Fuzzy
DOI:
https://doi.org/10.30595/sainteks.v13i1.1550Abstract
Pada umumnya nilai mata kuliah berupa suatu angka yang menentukan keberhasilan seorang mahasiswa.Keberhasilan ditentukan oleh beberapa faktor diantaranya kedisiplinan belajar mahasiswa dan tingkat kehadiran di perkuliahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kedisiplinan belajar dan tingkat kehadiran mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Purwokerto, menggunakan metode teori kuantifikasi fuzzy I untuk mengetahuinya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari masing-masing indikator, yang diacu dari kedisiplinan belajar, kehadiran mahasiswa dan nilai mata kuliah. Dari 5 indikator yang paling berpengaruh adalah indikator 3 yaitu hubungan dan koordinasi antara mahasiswa dengan mahasiswa maupun dosen dengan nilai bobot kategori y = 3,8872µ(x) atau 0,3239x terhadap nilai mata kuliah yang artinya memberikan kontribusi besar terhadap nilai mata kuliah, dan merupakan indikator yang paling berpengaruh terhadap nilai dengan kehadiran lebih dari 9. Kata kunci: Fuzzy quantification theory, kualitatif, kedisiplinan belajar, kehadiran mahasiswa, nilai mata kuliah.References
Asy, M., 2000, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, PT Tiga serangkai, Yogyakarta.
Djamarah, 2002, Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, Usaha Nasional, Surabaya.
Kadir, 1994, Penuntun Belajar PPKN, Pen Ganeca Exact, Bandung.
Kusnassriyanto, 2011, Belajar Pemrograman Delphi, Modula, Bandung.
Kusumadewi, S dan Purnomo H., 2004, Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Pendukung Keputusan, Graha Ilmu, Yogyakarta.
Mustafidah, H., 2013, Konsep Dasar Logika Fuzzy dan Contoh Aplikasinya, Pustaka Pelajar, Purwokerto.
Nugroho, A., 2009, T-Sql Query dan Programming Ms Sql Server, Andi,Yogyakarta.
Slameto, 1995, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Rineka Cipta, Jakarta.
Tu’u, T., 2004, Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa, Grasindo, Jakarta.
UMP, 2011, Buku Panduan Akademik 2011, Purwokerto.
Wahana Komputer, 2006, Mengembangkan Aplikasi Database Berbasis SQL Server dan Visual Basic.net, Salemba Infotek, Jakarta.
Wasson, C. S., 2006, System Analysis, Design, and Development Concept, Principles, and Practices, a John Wiley & Sons, Inc., New Jersey.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)