Analisis Kedisiplinan Belajar Mahasiswa Dan Kehadiran Mahasiswa Terhadap Nilai Mata Kuliah Menggunakan Teori Kuantifikasi Fuzzy

Authors

  • Noor Adi Pamungkas Teknik Informatika – Fakultas Teknik – Universitas Muhammadiyah Purwokerto Jalan Raya Dukuhwaluh Purwokerto 53182
  • Hindayati Mustafidah Teknik Informatika – Fakultas Teknik – Universitas Muhammadiyah Purwokerto Jalan Raya Dukuhwaluh Purwokerto 53182

DOI:

https://doi.org/10.30595/sainteks.v13i1.1550

Abstract

Pada umumnya nilai mata kuliah berupa suatu angka yang menentukan keberhasilan seorang mahasiswa.Keberhasilan ditentukan oleh beberapa faktor diantaranya kedisiplinan belajar mahasiswa dan tingkat kehadiran di perkuliahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kedisiplinan belajar dan tingkat kehadiran mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Purwokerto, menggunakan metode teori kuantifikasi fuzzy I untuk mengetahuinya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari masing-masing indikator, yang diacu dari kedisiplinan belajar, kehadiran mahasiswa dan nilai mata kuliah. Dari 5 indikator yang paling berpengaruh adalah indikator 3 yaitu hubungan dan koordinasi antara mahasiswa dengan mahasiswa maupun dosen dengan nilai bobot kategori y = 3,8872µ(x) atau 0,3239x terhadap nilai mata kuliah yang artinya memberikan kontribusi besar terhadap nilai mata kuliah, dan merupakan indikator yang paling berpengaruh terhadap nilai dengan kehadiran lebih dari 9. Kata kunci: Fuzzy quantification theory, kualitatif, kedisiplinan belajar, kehadiran mahasiswa, nilai mata kuliah.

References

Asy, M., 2000, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, PT Tiga serangkai, Yogyakarta.

Djamarah, 2002, Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, Usaha Nasional, Surabaya.

Kadir, 1994, Penuntun Belajar PPKN, Pen Ganeca Exact, Bandung.

Kusnassriyanto, 2011, Belajar Pemrograman Delphi, Modula, Bandung.

Kusumadewi, S dan Purnomo H., 2004, Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Pendukung Keputusan, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Mustafidah, H., 2013, Konsep Dasar Logika Fuzzy dan Contoh Aplikasinya, Pustaka Pelajar, Purwokerto.

Nugroho, A., 2009, T-Sql Query dan Programming Ms Sql Server, Andi,Yogyakarta.

Slameto, 1995, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Rineka Cipta, Jakarta.

Tu’u, T., 2004, Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa, Grasindo, Jakarta.

UMP, 2011, Buku Panduan Akademik 2011, Purwokerto.

Wahana Komputer, 2006, Mengembangkan Aplikasi Database Berbasis SQL Server dan Visual Basic.net, Salemba Infotek, Jakarta.

Wasson, C. S., 2006, System Analysis, Design, and Development Concept, Principles, and Practices, a John Wiley & Sons, Inc., New Jersey.

Downloads

Published

2016-03-19