Penilaian Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto pada Produk Knalpot di R1 Racing Exhaust Sokaraja

Authors

  • Marwazi Hibban Uchyana <p class="Default" style="text-align: left;" align="center">𝑇𝑒𝑘𝑛𝑖𝑘 𝐼𝑛𝑓𝑜𝑟𝑚𝑎𝑡𝑖𝑘𝑎−𝐹.𝑇𝑒𝑘𝑛𝑖𝑘 𝑑𝑎𝑛 𝑆𝑎𝑖𝑛𝑠−𝑈𝑛𝑖𝑣𝑒𝑟𝑠𝑖𝑡𝑎𝑠 𝑀𝑢ℎ𝑎𝑚𝑚𝑎𝑑𝑖𝑦𝑎ℎ 𝑃𝑢𝑟𝑤𝑜𝑘𝑒𝑟𝑡𝑜</p>
  • Hindayati Mustafidah 𝑇𝑒𝑘𝑛𝑖𝑘 𝐼𝑛𝑓𝑜𝑟𝑚𝑎𝑡𝑖𝑘𝑎−𝐹.𝑇𝑒𝑘𝑛𝑖𝑘 𝑑𝑎𝑛 𝑆𝑎𝑖𝑛𝑠−𝑈𝑛𝑖𝑣𝑒𝑟𝑠𝑖𝑡𝑎𝑠 𝑀𝑢ℎ𝑎𝑚𝑚𝑎𝑑𝑖𝑦𝑎ℎ 𝑃𝑢𝑟𝑤𝑜𝑘𝑒𝑟𝑡𝑜

DOI:

https://doi.org/10.30595/sainteks.v17i1.7831

Keywords:

kepuasan konsumen, logika fuzzy, Tsukamoto

Abstract

Kepuasan konsumen merupakan isu yang kritikal di semua industri baik jasa dan  perdagangan. Pada hakikatnya tujuan bisnis adalah untuk menciptakan dan mempertahankan para pelanggan sebagaimana pada R1 Racing Exhaust yang merupakan sebuah industri knalpot dan memerlukan umpan balik dari para konsumen untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap produk knalpot R1 Racing Exhaust, sehingga perlu dibangun sistem penilaian kepuasan konsumen dengan menerapkan metode fuzzy Tsukamoto sebagai proses perhitungannya. Terdapat 2 jenis variabel yang digunakan yaitu variabel Fuzzy dan variabel non-fuzzy. Variabel fuzzy yaitu kualitas produk dan kualitas pelayanan. Kualitas produk dibagi menjadi sub variabel pengelasan dan pewarnaan. Kualitas pelayanan dibagi menjadi sub variabel waktu pengerjaan, komunikasi, daya tanggap (responsivenees) dan keramahan. Variabel non-fuzzy yaitu harga dan garansi sedangkan untuk variabel output-nya yaitu kepuasan konsumen. Dalam sistem penilaian yang dibuat menggunakan 54 aturan fuzzy. Hasil dari penilaian ini berguna untuk pihak industri sebagai bahan evaluasi ke depannya agar dapat mendorong terciptanya loyalitas pelanggan dan meningkatkan laba yang menguntungkan perusahaan.

References

Abza, A.T.P.,2018, Identifikasi Tingkat Kepuasan Pelayanan Konsumen Industri Televisi Berlangganan Dengan Logika Fuzzy Metode Tsukamoto, Jurnal Intra-Tech, ISSN: 2549-0222, Volume II, Nomor 1, April 2018, Hal.16-30.

Agustin, V.R., dan Irawan, W.H., 2015, Aplikasi Pengambilan Keputusan dengan Metode Tsukamoto pada Penentuan Tingkat Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Di Toko Kencana Kediri), CAUCHY, Volume 4, Nomor 1, November 2015, Hal. 10-15.

Curioso, A., Bradford, R., and Galbraith, P., 2010, Expert PHP and MySQL, Wiley Publishing, Indianapolis.

Fasanghari, M., and Roudsari, F.H., 2008, The Fuzzy Evaluation of E-Commerce Customer Satifaction, World Applied Sciences Journal, ISSN: 1818 – 4952, Volume 4, Nomor 2, pp.164-168.

Gronroos, M., 1990, Perceived Service Quality Model, Published Ohio University Press, California.

Ivancevich, J.M., Lorenzi, P., Skinner, S.J., dan Crosby, P.B., 1997, Manajemen Quality and Competitiveness, Irwin, Chicago.

Kotler, P., dan Keller, K.N., 2007, Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta.

Kottler, P., 1997, Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, Prenhallindo, Jakarta.

Kusumadewi, S., dan Purnomo, H., 2004, Aplikasi Logika Fuzzy untuk Pendukung Keputusan, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Lupiyoadi, R., 2001, Manajemen Pemasaran Jasa, Teori dan Praktek.,Edisi Pertama, Salemba Empat, Jakarta.

Mustafidah, H., 2013, Konsep Dasar Logika Fuzzy, UMP Press, Yogyakarta.

Mustafidah, H., dan Aryanto, D., 2012, Sistem Inferensi Fuzzy untuk Memprediksi Prestasi Belajar Mahasiswa Berdasarkan Nilai Ujian Nasional, Tes Potensi Akademik, dan Motivasi Belajar, JUITA (Jurnal Informatika), ISSN: 2086-9398, Vol. II, Nomor 1, Mei 2012, Hal. 1-7.

Nofriadi, 2015, Java Fundamental Dengan Netbeans 8.0.2, Deepublish, Yogyakarta.

Parasuraman, A. A., Zeithaml, V., and L. Berry, L, 1985, A Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research, Journal of Marketing, Vol. 49.

Singh, A.P., Sharma, A.K., Singh, V., and Sharma, A., 2014, Analysis of Customer’s Satisfaction in Public Transport using Fuzzy Logic for Bhopal City, International Journal of Engineering and Technical Research (IJETR), ISSN: 2321-0869, Volume 2, Nomor 12, December 2014, pp. 272-275.

Sukamto, R.A., dan Salahuddin, M., 2014, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek, Informatika, Bandung.

Suwarsito dan Mustafidah, H., 2015, Determination of Feed Fish Price Based on Feed Formulation with Local Raw Materials using Fuzzy Logic Implementation, IJFAS (International Journal of Fisheries and Aquatic Studies), ISSN: 2347-5129, Volume 3, Nomor 2, September 2015, pp 01-05.

Tjiptono, F., 1994, Strategi Kepuasan Pelanggan, Andi Offset, Yogyakarta.

Tjiptono, F., 2005, Pemasaran Jasa, Bayumedia Publishing, Malang.

Downloads

Published

2020-09-10

Issue

Section

Articles