Aplikasi Berbasis Web untuk Analisis Data Menggunakan Korelasi Bivariat Pearson
DOI:
https://doi.org/10.30595/sainteks.v18i1.10564Keywords:
Analisis data, korelasi bivariat, Pearson, sekuensial linier, aplikasi berbasis web.Abstract
Statistika adalah ilmu yang berkaitan dengan tata cara atau metode pengumpulan data, analisis data, dan interpretasi hasil analisis untuk mendapatkan informasi guna penarikan kesimpulan dan pengambilan keputusan khususnya dalam kegiatan penelitian. Banyak program aplikasi pengolah data seperti SPSS, Matlab, Minitab, dan lainnya. Alat bantu hitung yang efisien menjadi salah satu modal utama yang digunakan oleh pengguna aplikasi agar penelitiannya dapat memperoleh hasil analisis data yang tepat dan dideskripsikan dalam bentuk kalimat ataupun kata-kata. Kebutuhan tersebut menjadi dasar dalam penarikan sebuah kesimpulan. Oleh karena itu, pengembangan aplikasi berbasis web untuk analisis data menggunakan korelasi bivariat Pearson dapat menjadi salah satu solusi. Aplikasi uji statistik ini dikembangkan dengan model sekuensial linier. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi uji statistik yang dapat memberikan sebuah kesimpulan yang dideskripsikan berupa kalimat sehingga dapat membantu pengguna dalam memaknai hasil penelitiannya khususnya analisis korelasi bivariat atau yang dikenal dengan korelasi Pearson. Berdasarkan hasil pengujian, program aplikasi yang dikembangkan ini memiliki tingkat akurasi yang sama dengan hasil perhitungan dan analisis data yang dilakukan secara manual maupun dengan menggunakan program SPSS. Dengan demikian, program aplikasi ini bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan sebagai alat bantu analisis data berupa korelasi bivariat Pearson.Â
Kata-kata kunci: Analisis data, korelasi bivariat, Pearson, sekuensial linier, aplikasi berbasis web
References
Ardiawan, I. K. N. (2017). The Correlation between Teacher Professional Competence and Natural Science Learning Achievement in Elementary School. Journal of Educational Science and Technology, 3(3), 173–177. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26858/est.v3i3.3758
Astuti, C. C. (2017). Analisis Korelasi untuk Mengetahui Keeratan Hubungan antara Keaktifan Mahasiswa dengan hasil Belajar Akhir. Journal of Information and Computer Technology Education, 1(1), 1–7. https://doi.org/:https://doi.org/10.21070/jicte.v1i1.1185
Besral. (2010). Pengolahan dan Analisis Data Menggunakan SPSS. Depok: FKM Universitas Sriwijaya.
Firman, A. K., & Mustafidah, H. (2014). Analisis Korelasi Pemanfaatan Internet terhadap Prestasi Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Purwokerto. JUITA, 3(2), 61–69.
Kuncoro, A. (2017). Korelasi Penguasaan Kosakata dengan Ketrampilan Berbicara Siswa dalam Bahasa Inggris. Jurnal SAP, 1, 302–311.
Mustafidah, H., & Suwarsito. (2018). Correlation Analysis Between Error Rate of Output and Learning Rate in Backpropagation Network. Advanced Science Letters, 24(12), 9182–9185. https://doi.org/http://doi.org/10.1166/asl.2018.12121
Priyanto, D. (2013). Mandiri Belajar Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom.
Rahardjo, B. (2016). Modul Pemrograman Web (HTML,PHP,& MySQL). (B. Raharjo, Ed.) (3rd ed.). Bandung: Penerbit Modula.
Riduwan. (2009). Pengantar Statistika Sosial. (Pristiwanto, Ed.). Bandung: Alfabeta.
Rosa, A., & Shalahuddin, M. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.
Siregar, S. (2015). Statistika Terapan untuk Perguruan Tinggi. (Suwito, Ed.) (1st ed.). Jakarta: Prenadamedia Group.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Tambajong, G. J., Tilaar, S., & Rogi, O. H. . (2019). KORELASI ANTARA HARGA LAHAN DENGAN KEPADATAN TERBANGUN DI KECAMATAN MALALAYANG, KOTA MANADO. Jurnal Spasial, 6(1), 24–32.
Taniredja, T., & Mustafidah, H. (2011). Penelitian Kuantitatif (Sebuah Pengantar). Bandung: Alfabeta.Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)