PENGETAHUAN DAN MOTIVASI MENINGKATKAN KEPATUHAN DIET PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE II

Nur Isnaini, Muhammad Helmi Agung Saputra

Abstract


Latar Belakang: Salah satu penatalaksanaan untuk mencegah terjadinya komplikasi bagi pasien DM adalah terapi diet atau pengelolaan pola makan. Kepatuhan dapat sangat sulit dan membutuhkan dukungan, pengetahuan, dan motivasi agar menjadi biasa dengan perubahan yang dilakukan dengan cara mengatur untuk meluangkan waktu dan kesempatan yang dibutuhkan untuk menyesuaikan diri.
Tujuan: Mengetahui pengaruh pengetahuan dan motivasi terhadap peningkatan kepatuhan diet pasien diabetes mellitus tipe II
Metode: Metode penelitian Deskriptif Analitik dan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini adalah pasien DM Tipe 2 yang mengikuti prolanis di Puskesmas 1 Cilongok sebanyak 40 orang dengan teknik total sampling. Analisa data menggunakan analisa chi-square.
Hasil: Sebagian besar pengetahuan responden adalah baik sebanyak 24 responden (60%). Sebagian besar motivasi responden adalah tinggi sebanyak 22 responden (55%). Sebagian besar kepatuhan responden adalah patuh sebanyak 21 responden (52,5%). Responden dengan pengetahuan baik memiliki prosentase dua kali lebih banyak yang patuh terhadap diet dari pada responden yang berpengetahuan kurang (RR: 2,1973, p<0,05). Responden dengan motivasi yang tinggi memiliki prosentasi lima kali lebih banyak banyak yang patuh terhadap diet dari pada responden yang memiliki motivasi rendah (RR: 5,7302, p<0,05).
Kesimpulan: Pengetahuan dan motivasi yang tinggi meningkatkan kepatuhan terhadap diet pada penderita diabetes mellitus tipe II

Keywords


Pengetahuan, Motivasi, Kepatuhan Diit, Diabetes Mellitus

Full Text: PDF

DOI: 10.5281/mds.v15i3.2077

ISSN: 2621-2366