Program Keagamaan di SMA Global Islamic Boarding School dan SMAN Banua Kalimantan Selatan Bilingual Boarding School

Authors

  • Siti Rupiah Pascasarjana Pedidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • M Ahim Sulthan Nuruddaroini <p>Tarbiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Amuntai</p>

DOI:

https://doi.org/10.30595/ajsi.v3i1.11836

Keywords:

Program keagamaan, Boarding school, Islamic boarding school

Abstract

Pendidikan agama Islam diharapkan menghasilkan manusia yang selalu berupaya menyempurnakan iman, taqwa, akhlak serta aktif membangun peradaban bangsa yang bermartabat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana program pembinaan keagamaan di sekolah berasrama SMA Global Islamic Boarding school dan dan SMAN Banua Kalsel Bilingual Boarding school. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik Milles and Huberman yaitu penyajian data, reduksi data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini pertama, program keagamaan Islam anak di GIBS terdiri dari program salat tahajud, salat wajib berjamaah, Quran recitation, morning English/Arabic. Program membaca surah al-kahf, membaca yasin, salat hajat, islamic talk, selfstudy, muhadhoroh/public speaking, islamic movie/culture. Program perayaan tahun baru Islam, kegiatan Ramadan, ujian komprehensif menghafal Al-Quran. Kedua, program keagamaan Islam anak di SMAN Banua terdiri dari program salat wajib berjamaah, salat tahajud, membaca Al-Quran, membaca hadis, catatan harian, khataman Al-Quran, membaca surah Yasin, membaca surah al-Kahf, kajian islami, halal bi halal, aktivitas akhir pekan, bimbingan kelompok, Jumat taqwa, program literasi/reading camp, peringatan hari besar Islam, santunan anak yatim, face to face. 

References

Andriyani, I. N. (2018). Pendidikan anak dalam keluarga di era digital. Fikrotuna, 7(1), 789–802.

Aslan, A. (2019). Peran Pola Asuh Orangtua di Era Digital. Jurnal Studia Insania, 7(1), 20–34.

Asyari, F. (2019). Tantangan Guru PAI Memasuki Era Revolusi Industri 4.0 Dalam Meningkatkan Akhlaq Siswa di SMK Pancasila Kubu Raya Kalimantan Barat. Muslim Heritage, 4(2).

Bafadhol, I. (2017). Pendidikan Agama Islam (PAI) di Islamic Boarding School. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(10).

E. Mulyasa. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Suatu Panduan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Imelda, A. (2017). Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 227–247.

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100.

Muhaimin, Ghafir, A., & Ali, N. (1996). Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: Karya Anak Bangsa.

Muslimin, S. (2008). Problem Dan Solusi Pendidikan Di Sekolah Berasrama (Boarding School).

Putra, A. (2020). Peran Kepala Madrasah Dalam Pencegahan Krisis Akhlak Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Mata Air Kota Padang. Jurnal Ilmiah Iqra’, 14(1), 31–45.

Suryana, R. R. (2020). Hubungan Penggunaan Media Sosial Dengan Akhlak Siswa Kelas IX Di MTsN 1 Kota Bogor. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 9(1), 269–286.

Susiyani, A. S. (2017). Manajemen Boarding School dan Relevansinya Dengan Tujuan Pendidikan Islam di Muhammadiyah Boarding School (MBS) Yogyakarta. Jurnal pendidikan madrasah, 2(2), 327–347.

Syafe’i, I. (2017). Pondok pesantren: Lembaga pendidikan pembentukan karakter. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 61–82.

Thoha, C. (1996). Pendidikan Islam. Semarang: Psutaka Pelajar Offset.

Ubaidillah, A. F. (2016). Pembentukan Karakter Religius dan Mandiri Melalui Model Pendidikan ala Pondok Pesantren. Al-Wijdan: Journal of Islamic Education Studies, 1(1), 1–16.

Downloads

Published

2022-05-17