Implementasi Bimbingan dan Konseling Spiritual dalam Menegakkan Tata Tertib Siswa di Madrasah Aliyah Islamic Center Bin Baz Yogyakarta

Authors

  • Suhartono Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta
  • Havidz Cahya Pratama Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Agorovi Kuncoro King Khalid University Saudi Arabia

DOI:

https://doi.org/10.30595/ajsi.v6i1.23441

Keywords:

Implementasi, Bimbingan konseling, Konseling spiritual, Siswa

Abstract

Pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kualitas individu menjadi pribadi yang bertakwa. Oleh karena itu, penyelenggaraan bimbingan dan konseling tidak hanya harus mengikuti prinsip-prinsip psikologis dan sosiokultural, tetapi juga harus memperhatikan bahwa manusia adalah makhluk ciptaan Allah Ta’ala. Madrasah Aliyah Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta, sebagai lembaga pendidikan berbasis pesantren, menerapkan bimbingan konseling spiritual. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskusikan pelaksanaan bimbingan konseling spiritual di lembaga tersebut. Metode yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, bidang kesiswaan, dan guru bimbingan konseling, adapun untuk memastikan validitas data digunakan triangulasi data. Teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi, dan dokumentasi, sementara analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan konseling dimulai dengan upaya preventif dari sekolah, di mana pelanggaran yang terjadi umumnya bersifat ringan. Penanganan siswa bermasalah dilakukan melalui dialog yang diarahkan pada pemahaman nilai-nilai agama. Dampak dari bimbingan konseling spiritual terlihat pada perubahan perilaku yang positif. Faktor pendukung dalam bimbingan konseling spiritual termasuk kesempatan bagimen guru untuk pengembangan diri dan dukungan yang diberikan oleh warga sekolah. Sebaliknya, tantangan yang dihadapi meliputi kurangnya pemahaman tentang fungsi bimbingan konseling di kalangan warga sekolah dan respons yang kurang terhadap permasalahan siswa yang melanggar tata tertib. Efektivitas bimbingan konseling spiritual dalam mengatasi masalah perilaku siswa menunjukkan perlunya peningkatan sosialisasi mengenai fungsi dan manfaat program ini kepada seluruh pihak terkait. 

References

Adz Dzaky Hamdani Bakran .(2001). Psikoterapi dan konseling Islam. Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru.

Aep Kusnawan. (2020). Bimbingan konseling Islam Berbasis Ilmu Dakwah. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Alwisol. (2012). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.

Anwar Sutoyo. (2013). Bimbingan dan Konseling Islami (Teori dan Praktik). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bahiroh, S., & Suud, F. M. (2020). Preventive counseling: a religious development program at boarding school in Yogyakarta. Humanities & Social Sciences Reviews, 8(2), 614–623.

Eliasa, E. I. (2014). Increasing Values of Teamwork and Responsibility of The Students Through Games: Integrating Education Character in Lectures. Journal Procedia - Social and Behavioral Sciences 123, 196 – 203

Eliasa, E. I. (2014). Bibliotherapy With the Career Topic to Increase

The Student’s Career Motivation of Guidance and Counseling. Journal Procedia - Social and Behavioral Sciences 114, 434 – 438.

Fenti Hikmawati. (2015). Bimbingan dan Konseling Perspektif Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ferdiansyah, M., & Efrianto, E. (2018). Pola guru bimbingan dan konseling dalam penanganan siswa bermasalah di SMA PGRI 4 Palembang. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice, and Research, 2(02), 91–94.

Gantina Komalasari, dkk. (2014). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: Indeks.

Handayani, H. L., Ghufron, S., & Kasiyun, S. (2020). Perilaku negatif siswa: bentuk, faktor penyebab, dan solusi guru dalam mengatasinya. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2).

Harisa, A. (2019). The influence of counseling guidance and spiritual intelligence in developing students’ Islamic personality. Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 75–86.

Hasrul, H. (2022). Model intervensi konseling religius terhadap peningkatan sikap religius remaja sebagai pelajar pancasila: suatu kerangka konseptual. Realita: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 1796–1803.

Imas Kania Rahman. (2018). Bimbingan dan Konseling Gestalt Profetik (konsep, Praktik Bimbingan dan Konseling Islami). Bogor: UIKA Press.

Kartadinata, S. (2011). Menguak tabir bimbingan dan konseling sebagai upaya pedagogis. Bandung: UPI PRESS.

Lumongga, D. N. (2013). Memahami dasar-dasar konseling dalam teori dan praktik. Jakarta: Kencana

Muthoifin. (2024). An interfaith perspective on multicultural education for sustainable development goals (SDGS). Journal of Lifestyle & SDG’S Revieuw Vol.4, 01-17

Prayitno. (2008). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Rahmawati, I & Anam, S. (2021). Problematika Bimbingan dan konseling Serta Upaya Perbaikannya Secara Islami. Jurnal Kajian Pendidikan Islam dan studi Islam, Vol 4 (1) 58-69

Rizal Abdurrahman, & Makhful. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Religius di SMP Negeri 5 Purbalingga. Alhamra Jurnal Studi Islam, Vol 1 (2) 140-147

Robbaniyah, Q & Syaiful. A (2023). Islamic Boarding School Challenges for Alpha Generation Student. Interternational Juornal of Technology and education Research, Vol. 01 (1) 67-76.

Salahudin, A. (2010). Bimbingan dan konseling. Bandung: Pustaka Setia.

Samsul Munir Amin. (2010). Bimbingan dan Konseling Islam. Jakarta: Amzah.

Saprudin, U. (2019). Konsep bimbingan dan konseling spiritual: kerangka kerja untuk guru bimbingan dan konseling. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 4(1).

Saputra, R., & Komariah, K. (2020). Peran guru BK dalam mengatasi kenakalan siswa. IJoCE: Indonesian Journal of Counseling and Education, 1(2), 24–28.

Siti Fatimah, Eliyanto & Ali nurhuda. (2022). Implementasi nilai-Nilai Religius Melalui Blanded Learning. Alhamra Jurnal Studi Islam, Vol 3 (1) 169-179

Sucylaite, J. (2012). Transformative learning in language arts as a method of guidance and counselling. Journal Procedia - Social and Behavioral Sciences 51, 948 – 956.

Sudrajat, A. (2011). Mengatasi masalah siswa melalui layanan konseling individual. Yogyakarta: Paramitra Publishing.

Sumadi Suryabrata. (2012). Psikologi Kepribadian. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Susanna. (2014). The need for guidance and counselling training for teachers. Journal Procedia - Social and Behavioral Sciences 113, 36 – 43

Syaiful. A (2023). Implementation of Islamic Religious Education in Higher Education. Journal Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, VOL: 12/NO: 04

Wajdi, M. B. N. (2016). Spiritual counseling ss an alternative problem Solving. Educatio: Journal of Education, 1(2), 11–28.

Yuniati, Ani, S. & J. (2017). Perilaku Menyimpang dan Tindak Kekerasan Siswa SMP di Kota Pekalongan. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1).

Yusuf, S. (2009). Program bimbingan dan konseling di sekolah. Bandung: Rizki Press.

Yusuf, S. L. N. (2007). Konseling spiritual theistik (pidato pengukuhan jabatan guru besar tetap Ilmu Pendidikan Bidang Bimbingan dan Konseling pada fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung: UPI.

Downloads

Published

2025-06-08