PEMBIMBINGAN BERKELANJUTAN MENYUSUN PROGRAM SUPERVISI BAGI KEPALA SEKOLAH SD
DOI:
https://doi.org/10.30595/dinamika.v6i1.895Abstract
Kepala sekolah di daerah binaan peneliti belum memiliki kemampuan untuk menyusun program supervisi sesuai ketentuan. Tujuan khusus penelitian ini adalah 1) mengetahui upaya peningkatan kemampuan Kepala SD dalam menyusun program supervisi melalui pembimbingan berkelanjutan oleh Pengawas TK/SD, 2) mengetahui persentase Kepala SD yang dapat menghasilkan program supervisi, 3) mengetahui tindakan pembimbingan berkelanjutan yang dilakukan Pengawas TK/SD. Hipotesis yang diajukan adalah: “Pembimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan kemampuan dalam menyusun program supervisi bagi kepala sekolah Se-Gugus Ismaya Kecamatan Somagede Kabupaten Banyumas pada semester 2 tahun pelajaran 2010/2011”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan kemampuan dalam menyusun program supervisi bagi kepala Sekolah Se-Gugus Ismaya UPK Somagede. Hal ini dibuktikan dengan naiknya skor mutu program supervisi dari 48,5 menjadi 74,3 pada siklus 1 dan 86,5 pada siklus 2. Total kenaikan sebesar 78,3%. Proses pembimbingan berkelanjutan oleh pengawas dari kondisi awal belum dilaksanakan (0), menjadi dilaksanakan dengan skor keberhasilan 17 pada siklus 1 dan 29 pada siklus 2, sehingga total kenaikan 96,6%. Berdasarkan hasil tersebut hipotesis yang diajukan terbukti benar. Keberhasilan tindakan juga membawa manfaat positif bagi kepala sekolah maupun peneliti yang juga mengemban tugas sebagai Pengawas, yaitu: Pembimbingan berkelanjutan dilakukan secara intensif dan Kepala Sekolah dapat menyusun program supervisi dengan bimbingan pengawasReferences
Anonim. (2009). Tugas dan Fungsi Supervisi Pendidikan http://www.dhanay.co.cc /2009/ 10/tugas-dan-fungsi-supervisi-pendidikan.html. Diakses tanggal 23 Juni 2010.
Antariksa, Y., (2007). Membangun Manajemen SDM Berbasis Kompetensi, http://strategimanajemen.net/2007/09/06/membangun-manajemen-sdm-berbasis-kompetensi/, Diakses tanggal 23 Juni 2011.
Dirjen PMPTK, (2010). Supervisi Akademik. Jakarta : Kemendiknas.
Hartatik, R.L. (2007). Analisis Pelaksanaan Supervisi Pengajaran dalam Pembinaan Keterampilan Mengajar Guru (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah se-Kota Malang. http://mkpd.wordpress.com/2007/06/ 13/, Diakses tanggal 23 Juni 2010.
Iriyani, D. (2007). Pengembangan Supervisi Klinis untuk Meningkatkan Kemampuan Dasar Mengajar Guru. Jurnal Didaktika, Vol.2 No.2 Maret 2008.
Mantja, W. 2002. Manajemen Pendidikan dan Supervisi Pengajaran. Malang: Wineka Media.
Mulyasa, E., 2008. Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 13 tahun 2007 tanggal 17 April 2007 tentang Standar Kepala Sekolah
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Robbins, Stephen P. 2001. Perilaku Organisasik(KonsepKontroversi-Aplikasi) Prenhallindo,Jakarta.
Sahertian, Piet A. 2000. Konsep-Konsep dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta.
Suprihatin, MD. 1989. Administrasi Pendidikan (Fungsi dan Tanggung Jawab Kepala Sekolah sebagai Administrator dan Supervisor Sekolah. Semarang: IKIP Semarang Press.
Sutjiaputra, Tikky Sumantikno. 2008. Supervisi Pendidikan. http://tikky-suwantikno.blogspot.com/2008/02/supervisi-pendidikan.html. Diakses tanggal 23 Juni 2010.
Sutoro. 2010. Penerapan Supervisi Klinis untuk Meningkatkan Kinerja Guru dalam Pembelajaran Fisika (Penelitian Tindakan Pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 4 Lubuklinggau). Tesis Magister Manajemen Pendidikan Universitas Bengkulu.
Trimo. 2010. Pembinaan Profesional Melalui Supervisi Pengajaran Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru. http://re-searchengines.com/trimo70708. html. Diakses tanggal 23 Juni2010.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wahyo. 2002. Supervisi Klinis Kepala Sekolah dalam Rangka Meningkatkan Kemampuan Guru (Studi Kasus pada Lima SMU Negeri di Kota Cirebon Tahun2002)http://digilib.upi.edu/pasca/available/etd-0411105-152538/. Diakses tanggal 23 Juni 2010.
Zurnali,C.2010,learning Organization, Competency, Organizational Commitment, dan Customer Orientation : Knowledge Worker - Kerangka Riset Manajemen Sumberdaya Manusia di Masa Depan", Unpad Press, Bandung
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.