PERANGKAT PEMBELAJARAN BUMI DAN RUANG ANGKASA BERBASIS MULTIMEDIA (UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DALAM MATA KULIAH BUMI DAN ANTARIKSA)
DOI:
https://doi.org/10.30595/dinamika.v6i1.900Keywords:
bumi dan ruang angkasa, prestasi belajar, PTKAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar mahasiswa yang mengambil mata kuliah Bumi dan Ruang Angkasa dengan menggunakan media pembelajaran multimedia dan disakusi terbimbing. Metode penelitian yang digunakan adalah metode PTK yaitu terdiri dari 4 tahapan mulai dari perencanaan, tindakan, evaluasi dan refleksi. Sampel penelitian adalah seluruh mahasiswa semester IV kelas C yang mengambil mata kuliah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Nilai rata-rata meningkat dari 67,7 pada tahun akademik 2009/2010 menjadi 81,2 pada 2019/2011. Jumlah mahasiswa didik yang mendapat nilai diatas 70 pada tahun akademik 2009/2010 mencapai 94,3%, sedangkan pada tahun sebelumnya baru mencapai 69,8%. Dengan demikian media pembelajaran multimedia dan diskusi terbimbing dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa.References
Anggoro, S dan Arief Husin, 2008. Upaya Peningkatan Pemahaman Mahasiswa didik dalam Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan Melalui Pembelajaran CBSA Model Pengajaran Discovery. Laporan Hibah Pengajaran P3AI UMP Tahun 2009. UMP. Purwokerto
Anggoro, S. dan Badarudin, 2009. Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa didik dalam Mata Kuliah Konsep Dasar IPA pada Pokok Bahasan Energi dan Perubahannnya menggunakan Model Pembelajaran CBSA dengan Pendekatan Discovery. Laporan Hibah Pengajaran PHK S 1 PGSD Tahun 2009. UMP. Purwokerto
Anggoro, S. dan Karma I. Eka, 2009. Dry Lab Model (Upaya Pengembangan Perangkat Praktikum Pembelajaran BIOLOGI SD). Laporan Hibah Pengajaran PHK S 1 PGSD Tahun 2009. UMP. Purwokerto
Hamalik,O. 1983. Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Tarsito. Bandung
.
Nur, M., dkk. 1999. Teori Belajar. University press. Surabaya.
Nurhadi, dkk. 2003. Pembelajaran Kontekstual (Contectual Teaching and Learning/CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Universitas Negeri Malang. Malang.
Slameto. 1987. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rhineka Cipta. Jakarta.
Soedjana, N. 1989. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru. Bandung.
Sudjana, N. dan W. Suwariyah. 1991. Model-model Mengajar CBSA. Sinar Baru. Bandung.
Sukidin, dkk. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Insan Cendekia. Jakarta.
Wardani, dkk. 2002. Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Terbuka. Jakarta.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.