PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPS MODEL COOPERATIVE TIPE TGT BERBASIS ATONG BAGI SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.30595/dinamika.v7i1.920Keywords:
Pengembangan Perangkat Pembelajaran, IPS, Cooperative tipe TGT, ATONGAbstract
Penelitian ini merupakan pengembangan perangkat pembelajaran dengan model Cooperative tipe TGT berbasis ATONG. Tujuan penelitian ini menghasilkan karakteristik perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif. Penelitian menggunakan model pengembangan 4-D Thiagarajan. Jenis perangkat yang dikembangkan Silabus, RPP, LKSdanMedia Pembelajaran.Uji kepraktisan dilakukan dikelas V SD Negeri 1 Kendaga, uji keefektifan dilakukan dikelas V SD Negeri 1 Banjarmangu dan SD Negeri 2 Kendaga. Kelas V SD Negeri 1 Banjarmangu sebagai kelas eksperimen dan Kelas V SD Negeri 2 Kendaga sebagai kelas kontrol.Data penelitian diperoleh dari: validasi, pengamatan,angket dan tes prestasi belajar. Data diolah dengan analisis deskriptif. Uji validitas dan uji kepraktisan diolah dengan analisis, sedang uji keefektifan diolah dengan uji t, uji z, regresi, dan uji banding. Hasil penelitian menunjukkanperangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid oleh validator, dengan skor rata-rata 94 untuk silabus, 95 untuk RPP, 100 untuk LKS, dan 92,85 untuk media pembelajaran. Hasil observasi aktivitas guru diperoleh 89,57%, hasil angket siswa diperoleh 93%,hal ini berarti perangkat yang dikembangkan praktis.Hasil rata-rata ketuntasan belajar siswa84,3.Aktivitas belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 85%.Hasil prestasi belajar kelas eksperimenlebih baik daripada prestasi belajar kelas kontrol. Hal ini berarti perangkat yang dikembangkan efektif.References
Akhtar Kiran, Perveen Qaisara, Kiran Sidra, Rashid Mehwish, Satti Amna Khatoon. 2012. A Study of Student’s Attitudes towards Cooperative Learning. International Journal of Humanities and Social Science. Volume 2 No. 11. Hal. 141-149.
Depdiknas. 2008. Panduan Analisis Butir Soal. Jakarta: Depdiknas.
Djamarah, S.B.2008. Psikologi Belajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Lori Kupczynski, Marie Anne Mundy, Jaya Goswami, Vennessa Meling. 2011. Cooperative learning in distance learning: a Mixed methods study. Internasional Journal of Instruction. Volume 5 No 2. Hal. 81- 90.
Majid, A. 2011. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung : Rosda Karya
Micheal M. van Wyk. 2011. The Effects of Teams-Games-Tournaments on Achievement, Retention, and Attitudes of Economics Education Students. Kamla-Raj. J soc Sci, 26(3): 183-193.
Noviana D. R. 2011. Eksperimen model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dan Numbered Heads Together (NHT) pada materi pokok sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari aktivitas belajar siswa SMP Negeri Se-Kabupaten Grobogan. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 24 Juli.
Slavin. 2008. Cooperative Learning (Teori, Riset dan Praktik). Bandung : Nusa Media.
Syahrir. 2011. Effects of the Jigsaw and Teams Game Tournament (TGT) Cooperative Learning on the Learning Motivation and Mathematical Skills of Junior High School Students. Proceeding International Seminar and the Fourth National Conference on Mathematics Education 2011 Department of Mathematics Education. July 21-23
Thiagarajan, S., Semmel, D. S. dan Semmel, M. I. 1974. Instructional Development for Teacher of Exceptional Children. Bloomington: Indiana University.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisme. Surabaya: Prestasi Pustaka
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.