IMPLEMENTASI PENDIDIKAN IPS DAN PERILAKU SOSIAL SISWA SMP NEGERI 1 KEBUMEN
DOI:
https://doi.org/10.30595/dinamika.v7i1.924Keywords:
Implementasi, Pendidkan IPS, Kurikulum 2013, Perilaku SosialAbstract
Keberhasilan pendidikan di negara Indonesia khususnya di sekolah formal tidak terlepas dari peranan kurikulum yang digunakan oleh satuan pendidikan sebagai acuan dan pedoman dalam kegiatan pendidikan.Penyempurnaan dan perubahan kurikulum ini merupakan sebuah tuntutan di dunia pendidikan karena kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.Di Negara Indonesia kurikulum selalu mengalami perubahan dan perkembangan sebagai pengaruh dari perkembangan masyarakat dan globalisasi. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif yang dikembangkan Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi pendidikan IPS sesuai kuriukulm 2013 oleh guru IPS di SMP N 1 meliputi pemahaman dan pengetahuan IPS, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. (2) Siswa kelas 7 SMP N 1 Kebumen, secara umum siswa telah menerapkan nilai-nilai IPS di sekolah. (3) Faktor perilaku sosial siswa kelas 7 SMP N 1 Kebumen sebagian besar dipengaruhi oleh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. Saran bagi guru harus meningkatkan pemahaman dan penguasaan terkait kurikulum 2013 dengan mengikuti berbagai pelatihan.Bagi pemerintah agar melakukan pembenahan terhadap kendala-kendala yang dihadapi para pendidik di dalam melaksanakan kurikulum 2013Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.