MENERAPKAN MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

Nurul Hidayati Rofiah

Abstract


Kecerdasan adalah kemampuan yang dimiliki seseorang yang meliputi pengetahuan, keterampilan dan keahlian untuk menyelesaikan masalahnya.Pada hakikatnya setiap individu memiliki beberapa kecerdasan diantaranya kecerdasan bahasa/linguistik, logis-matematis, visual-spasial, kinestetik, interpersonal, intrapersonal, musikal, dan naturalis. Tetapi kombinasi dan porsi kecerdasan yang dimiliki tiap individu tidak sama tergantung pada bagaimana cara mengembangkan segala kecerdasan yang telah ada.Dengan memahami bahwa tiap individu terlahir dengan berbagai jenis kecerdasan, diharapkan para pendidik tidak hanya menganggap bahwa siswa yang cerdas dan berprestasi hanyalah siswa yang cerdas secara akademik. Karena ada berbagai potensi besar lainnya yang dimiliki siswa selain kemampuan dibidang akademik saja. Kedelapan kecerdasan dapat beroperasi dalam mendampingi secara independen satu sama lain. Berbekal teori kecerdasan majemuk seorang guru secara tidak langsung dapat menguasai dan belajar berbagai metode pembelajaran. Sehingga fungsi guru sebagai pendidik, pembimbing, pelatih, penasehat, pembaharu, pendorong kreativitas, pembangkit, evaluator sehingga anak didik dapat berhasil secara optimal

Keywords


multiple intelligences; pembelajaran di SD

References


Bachri, Samsul Thalib. 2010. Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta: Kencana.

Esti, Sri Wuryani. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Gardner, Howard. 1996. Intelegence Multiple Perspectives. USA: Thomson Learning.

______, Howard. 2003. Multiple Intelegence (kecerdasan Majemuk) Teori dan

Praktek. Jakarta: Interaksa

Jasmine, Julia. 2007. Profesional’s Guide: Teaching With Multiple IntelegencePurwanto:Panduan Praktis Mengajar Berbasis Multiple Intelegences. Bandung: Nuansa.

Mulyasa, 2005. Menjadi Guru Profesional:Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosdakarya

Musfiroh, Tadkiroatun. “Multiple Intelligences dan Implikasinya dalam Pendidikan”. Pusdi PAUD. Lemlit UNY, http//multiple-intelegence.com diakses tanggal 15 Oktober 2014

Siswoyo, Dwi. 2007. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Suparno, Paul. 2004. Teori Intelegensi Ganda dan Aplikasinya di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius

Syah, Muhibbin. 1997. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosda.

Edwar Nugraha Hermansyah, “Multiple Intelegence Which one are you?”, http//www.3ndblogspot diakses tanggal 24 September 2014

Irwan, “Manfaat Fingerprint Test DMI PRIMAGAMA”, http//www.fingerprinttest. diakses tanggal 20 September 2014

“Howard Gardner”, Wikipedia, diakses tanggal 29 September 2014

Wito, “Pembelajaran Dengan Implementasi Kecerdasan Majemuk”, http//wwwwitoitok diakses tanggal 2 September 2014


Full Text: FULLTEXT PDF

DOI: 10.30595/dinamika.v8i1.937

Copyright (c) 2016 DINAMIKA (Jurnal Pendidikan Dasar)

ISSN: 2655-870X