MENERAPKAN MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.30595/dinamika.v8i1.937Keywords:
multiple intelligences, pembelajaran di SDAbstract
Kecerdasan adalah kemampuan yang dimiliki seseorang yang meliputi pengetahuan, keterampilan dan keahlian untuk menyelesaikan masalahnya.Pada hakikatnya setiap individu memiliki beberapa kecerdasan diantaranya kecerdasan bahasa/linguistik, logis-matematis, visual-spasial, kinestetik, interpersonal, intrapersonal, musikal, dan naturalis. Tetapi kombinasi dan porsi kecerdasan yang dimiliki tiap individu tidak sama tergantung pada bagaimana cara mengembangkan segala kecerdasan yang telah ada.Dengan memahami bahwa tiap individu terlahir dengan berbagai jenis kecerdasan, diharapkan para pendidik tidak hanya menganggap bahwa siswa yang cerdas dan berprestasi hanyalah siswa yang cerdas secara akademik. Karena ada berbagai potensi besar lainnya yang dimiliki siswa selain kemampuan dibidang akademik saja. Kedelapan kecerdasan dapat beroperasi dalam mendampingi secara independen satu sama lain. Berbekal teori kecerdasan majemuk seorang guru secara tidak langsung dapat menguasai dan belajar berbagai metode pembelajaran. Sehingga fungsi guru sebagai pendidik, pembimbing, pelatih, penasehat, pembaharu, pendorong kreativitas, pembangkit, evaluator sehingga anak didik dapat berhasil secara optimalReferences
Bachri, Samsul Thalib. 2010. Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta: Kencana.
Esti, Sri Wuryani. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Gardner, Howard. 1996. Intelegence Multiple Perspectives. USA: Thomson Learning.
______, Howard. 2003. Multiple Intelegence (kecerdasan Majemuk) Teori dan
Praktek. Jakarta: Interaksa
Jasmine, Julia. 2007. Profesional’s Guide: Teaching With Multiple IntelegencePurwanto:Panduan Praktis Mengajar Berbasis Multiple Intelegences. Bandung: Nuansa.
Mulyasa, 2005. Menjadi Guru Profesional:Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosdakarya
Musfiroh, Tadkiroatun. “Multiple Intelligences dan Implikasinya dalam Pendidikan”. Pusdi PAUD. Lemlit UNY, http//multiple-intelegence.com diakses tanggal 15 Oktober 2014
Siswoyo, Dwi. 2007. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Suparno, Paul. 2004. Teori Intelegensi Ganda dan Aplikasinya di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius
Syah, Muhibbin. 1997. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosda.
Edwar Nugraha Hermansyah, “Multiple Intelegence Which one are you?”, http//www.3ndblogspot diakses tanggal 24 September 2014
Irwan, “Manfaat Fingerprint Test DMI PRIMAGAMA”, http//www.fingerprinttest. diakses tanggal 20 September 2014
“Howard Gardner”, Wikipedia, diakses tanggal 29 September 2014
Wito, “Pembelajaran Dengan Implementasi Kecerdasan Majemuk”, http//wwwwitoitok diakses tanggal 2 September 2014
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.