INOVASI QUIZ LEARNING BERBASIS DUAL CODING PADA BUKU AJAR PENDIDIKAN JARAK JAUH UNTUK KEMANDIRIAN BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.30595/dinamika.v8i1.938Keywords:
Buku Ajar, Quiz Learning, Dual CodingAbstract
Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi model dan memperbaiki kualitas buku ajar dengan mengemas latihan/quiz (Quiz Learning/QL) sebagai media interaktif dalam kemandirian belajar di Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) Universitas Terbuka. Upaya inovasi buku ajar dikembangkan dalam penyajian untuk menumbuhkan kemandirian mahasiswa PJJ untuk belajar. Pentingnnya penelitian dengan menfokuskan pengembangan materi pada buku ajar berbasis dual coding membantu mahasiswa memahami materi dan menjadikan pola belajar dalam menguasai berbagai konsep. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Randomized Two-Group Design, Posttest Only. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik pemberian tes melalui tahapan analisis konten, wawancara, dan pengisian kuesioner (terbuka dan tertutup). Subjek penelitian adalah mahasiswa S1 PGSD Universitas Terbuka sebanyak 60 orang sebagai sampel di Pokjar Bogor dan Serang. Waktu penelitian bulan April-September tahun 2015. Hasil menunjukkan ilustrasi visual yang dikemas dalam QL meningkatkan kemampuan mengingat isi materi, dimana kemampuan mengingat ketika diberi ilustrasi visual berbasis decoration lebih rendah dibandingkan dengan kemampuan mengingat ketika diberi ilustrasi visual berbasis information. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemberian ilustrasi visual pada quiz berbasis information dual coding pada materi akan meningkatkan kemampuan mengingat isi materi tersebut. Berbagai kajian yang perlu ditindaklanjuti untuk penelitian berikutnya yaitu berkenaan dengan kebermaknaan konsep pada materi yang belum nampak muncul sebagai kaidah dual codingReferences
Degeng, I Nyoman Sudana (1989). Ilmu Pengajaran Taksonomi Variabel. Jakarta: Depdikbud
Dick, W., Carey, L. and Carey, J.O. (2001). The Systematic Design of Instruction. (5th Edition). Addison-Wesley Educational Publishers, Inc.
Fleming, Malcolm & W. Howard Levie. (1981). Instructional Message Design: Principles from the Behavioral Sciences. New Jersey: Educational Technology Publications.
Gagne, Robert M. (1997). Mastery learning and instructional design. Performance Improvement Quarterly
Heinrich, R., Molenda, M., Russell, J.D., Smaldino, S.E. (1996). Instructional Media and Technologies for Learning. Englewood Cliffs, NJ: Merrill.
Julaeha dan Pratmoko. (2004). Pengembangan Bahan Ajar.Jakarta PAU-PPAI.
Katalog Pendas, 2010 Universitas Terbuka
Keller, J. M. (1983). Motivational design of instruction. In C. M. Reigeluth (Ed.), Instructional-design theories and models: An overview of their current status. Hillsdale, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.
Kruse (2004). Introduction to instructional design and the ADDIE model
[on-line].Available:http://www.e learningguru.com/articles/art2_1.htm.
Morrison, G., Ross, S., and Kemp, J. (2001). Designing effective instruction (3rd ed.). New York: John Wiley & Sons.
Paulina Pannen, dkk (1999). Cakrawala Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Prawiradilaga D Salma (2007), Prinsip Desain Pembelajaran, Jakarta: Kencana
Puskom-UT, 2009.
Punaji, S. (2001). Media Pembelajaran. Malang: Elang Mas.
Reigeluth, C. M. and Stein, F. S. (1983). The Elaboration Theory of Instruction. In C. M. Reigeluth (ed), Instructional Design Theories and Models: An Overview of their Current States. Hillsdale, NJ: Lawrence Erlbaum.
Smith, P.L. dan Ragan, T.L. (2003). Instructional Design. New York. Merril
Suparman A. (2001). Desain Instruksional. Proyek pengembangan Universitas Terbuka Ditjen Dikti Departemen Pendidikan Nasional Jakarta: PAU-PPAI
Tim Pusmintas (2004), Pedoman Penulisan dan Revisi Bahan Ajar, JKAK BA01, Departemen Pendidikan Nasinal, Universitas Terbuka, Edisi Kedua.
Yunus dan Paulina Pannen (2004). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Tinggi jarak Jauh. Pendidikan Tinggi Jarak Jauh. Jakarta: Universitas Terbuka.
Zainul, & Nasution. (1997). Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.