PROGRAM PREVENSI : SAY NO TO BULLYING IN SCHOOL

Authors

  • Dewi Mufidatul Ummah

DOI:

https://doi.org/10.30595/dinamika.v8i1.946

Abstract

Bullying akhir-akhir ini marak terjadi di kalangan pelajar, baik terjadi di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Bullying adalah penggunaan kekuasaan atau kekuatan untuk menyakiti seseorang atau sekelompok, sehingga korban merasa tertekan, trauma, dan tidak berdaya. Pertama, fisik, seperti memukul, menampar, dan memalak atau meminta dengan paksa apa yang bukan miliknya. Kedua, verbal, seperti memaki, menggosip, dan mengejek. Ketiga, psikologis, seperti mengintimidasi, mengecilkan, mengabaikan, dan mendiskriminasikan. Pelaksanaan program pencegahan perilaku bullying di sekolah dengan tujuan agar stake holder di sekolah akan memahami perilaku bullying sehingga akan menurunkan tingkat kekerasan yang selama ini terjadi di sekolah

References

Espelage, D.L., Swearer, S.M. 2004. Bullying in American School: A social Ecological Perspective on Prevention and Intervention. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc., Publishers.

Glew, G.M., Yu-Fan, M., Katon, W, Rivara, F.P., Kernie, M.A. 2005. Bullying, Psychosocial Adjustment, and Academic Performance in Elementary School. www.archpediatrics.com

Http//portal. Malutpost.co.id/en/welcome. Edan,Oknum Guru Pukul Siswa Hingga Tewas. Sabtu, 10 Oktober 2015.

Riauskina, I. I., Djuwita, R., danSoesetio, S. R. (2005). â€Gencet-gencetan†di mata siswa/siswi kelas 1 SMA: Naskah kognitif tentang arti, skenario, dan dampak â€gencet-gencetanâ€. Jurnal Psikologi Sosial, 12 (01), 1 – 13

Downloads

How to Cite

Ummah, D. M. (2016). PROGRAM PREVENSI : SAY NO TO BULLYING IN SCHOOL. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1). https://doi.org/10.30595/dinamika.v8i1.946

Issue

Section

Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar