Pelatihan Creative Writhink Pada Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kabupaten Banyumas
DOI:
https://doi.org/10.30595/islamadina.v0i0.1325Keywords:
creative writhink, pelatihan, mediaAbstract
Kegiatan pelatihan creative writhink ini betujuan untuk memberikan pemahaman dan wawasan yang komprehensif mengenai tentang berbagai hal yang berkaitan dengan creative writhink, memberikan pengetahuan tentang teknik creative writhink secara baik, sehingga bisa diterapkan dalam berbagai bentuk kegiatan dan ekspose organisasi, memberikan berbagai keterampilan atau skill tentang creative writhink meliputi, penyusunan naskah, editing naskah sampai bentuk publikasinya dalam bentuk buku, media sosial dan media massa. Program pelatihan ini diberikan kepada kader dan pimpinan Dewan Pimpinan Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kabupaten Banyumas dengan menggunakan metode seminar, diskusi dan sharing. Harapan kegiatan ini agar para peserta dapat memahami, mengerti dan mampu mempraktikkan creative writhink dalam berbagai bentuk tulisan yang peserta hasilkan, sehinga memberikan dalam positif terhadap perkembangan organisasi. Adanya creative writhink pada PD IPM Kabupaten Banyumas memiliki dampak penambahan wawasan mengenai teknik penulisan kreatif, hal tersebut dapat terlihat dari keinginan para kader untuk mempublikasikan tulisan dalam bentuk buku dan mengoptimalkan media sosial yang dimiliki. Secara internal gerakan PD IPM Kabupaten Banyumas sudah memiliki tradisi keilmuan dan budaya literasi yang baik, hal tersebut dipengaruhi oleh corak dan kultur keilmuan gerakan IPM secara nasional. Berdasarkan hasil wawancara dengan peserta ditemukan penambahan wawasan yang ditandai dengan 30 orang menyatakan bertambah wawasannya. Bertambahnya wawasan mengenai creative writhink ditidak lanjuti oleh peserta dengan mengadakan training lanjutan yang memfokuskan diri pada pengembangan internal keilmuan kader dan pimpinan, sehingga memberikan dampak yang signifikan terhadap gerakan keilmuan PD IPM Kabupaten Banyumas.References
Aries Musnandar. Beda Menulis Ilmiah dan Menulis Kreatif. Diakses http://old.uin-malang.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=3914:beda-menulis-ilmiah-dan-menulis-kreatif&catid=35:artikel&Itemid=210 8/10/2015 waktu 07.39.
Djibran, Fahd. 2010. Menatap Punggung Muhammad. Yogyakarya: UMY Press.
___________. 2011. Creative Writhink. Makalah. Akademi Berbagi Bali
____________, https://www.youtube.com/watch?v=wZR7PrxOE18 diakses 8/10/2015 waktu 07.15
Dika, Raditya. 2014. Rahasia Menulis Kreatif. E-book.
Juleha, St. Peningkatan Kemampuan Menulis Kreatif Cerpen Siswa Kelas VIIIA SMPN Rambipuji Jember Melalui Strategi Sugesti Imajinasi. Jurnl Nosi, Volume 1 Nomor 4, Agustus 2013, hal. 351-360.
Komunitas Semangat Nuun. 2014. Tulis Terus Tulis Tulus Tulis Mulus. Purwokerto. Ilmi publisher
Tim Pusat Humas Kementerian Perdagangan RI. 2014. Panduan Optimalisasi Media Sosial untuk Kementerian Perdagangan RI. Jakarta: Kemendag RI.
www.ipmbannyumas.wordpress.com
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Islamadina is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.