ANALISIS KINERJA KEUANGAN PADA BEBERAPA PERUSAHAAN JASA YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX

Putri Dwi Cahyani, Makhful M

Abstract


Penelitian pada perusahaan jasa sesuai syariah yang masuk dalam list Jakarta Islamic Index. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rasio keuangan dan bagaimana kinerja keuangan perusahaan jasa syariah untuk mengetahui prestasi yang dapat dicapai oleh perusahaan pada kurun waktu tertentu. Perusahaan jasa syariah yang diteliti  meliputi Global Mediacom Tbk, XL Axiata Tbk, Jasa Marga Tbk, Media Nusantara Citra Tbk, Perusahaan Gas Negara Tbk, Telekomunikasi Indonesia Tbk dan United Tractors Tbk. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu analisis rasio keuangan dengan beberapa indikator yang terdiri dari rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio profitabilitas dan rasio aktivitas. Berdasarkan hasil penelitian kinerja keuangan ketujuh perusahaan jasa memiliki rasio keuangan yang baik. Sehingga bagi investor  yang ingin melakukan investasi sesuai syariah tidak khawatir dikarenakan rasio keuangan dari perusahaan jasa yang masuk dalam list Jakarta Islamic Index dinyatakan baik dan stabil.

Setelah dilakukan penjumlahan bobot pada rasio-rasio keuangan, ketujuh perusahaan dinyatakan berada pada kondisi yang sehat. Hal ini terbukti dimana ketujuh perusahaan tersebut memiliki  jumlah nilai keseluruhan yang dicapai diantara dari 26,0-41,2


Keywords


Rasio Keuangan, Pasar Modal Syariah

References


Abdul Aziz, 2010, Manajemen Investasi Syariah, Alfabeta

Brigham, E.F. dan weston, J.F., 1994, Dasar-dasar Manajemen Keuangan, Ed. 9, Jilid 1, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Fatwa DSN Nomor: 40/DSN-MUI/X/2003 tanggal 4 Oktober 2003 tentang Pasar Modal Dan Pedoman Umum Penerapan Prinsip Syariah Di Bidang Pasar Modal .

Herlini, 2002, Perbandingan Kinerja Keuangan Perusahaan Jasa (Non Keuangan Sebelum dan Sesudah Menjadi Perusahaan Publik di BEJ, Yogyakarta.

Indonesia Stock Exchange, 2014, Jakarta Islamic Index, Jakarta Indonesia

Mamduh Hanafi, 2009, Analisis Laporan Keuangan, Edisi keempat, UPP STIM YK.

M Ali Hasan, 2003, Berbagai Macam Transaksi Dalam Islam; Fiqh Muamalah, Jakarta: Rajawali Pers.

Muhammad Ayub, 2002, Understanding Islamic Finance, Jakarta: PT Gramedia PUSTAKA Utama.

Surat Keputusan Mentri Negara Pendayagunaan BUMN No. 215/M-BUMN/1999 Tentang Kinerja Keuangan Perusahaan BUMN.

Standar Akuntansi Keuangan, 1996, Kerangka Dasar Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan, Paragraf 17, PT Salemba Emban Patria,

Tim Studi Tentang Investasi Syariah Di Pasar Modal Indonesia, 2004, Investasi Syariah di Pasar Modal Indonesia, Departemen Keuangan Republik Indonesia.

www.sahamok.com


Full Text: ##PDF##

DOI: 10.30595/islamadina.v0i0.1679

ISSN: 2580-5096