Peran Panti Asuhan Mandhanisiwi Pku Muhammadiyah Purbalingga Dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Anak Asuh
DOI:
https://doi.org/10.30595/islamadina.v0i0.1814Keywords:
Panti Asuhan dan Pembentukan Akhlakul KarimahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Panti Asuhan Mandhanisiwi PKU Muhammadiyah Purbalingga dalam Pembentukan akhlakul karimah anak asuh. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala panti asuhan Mandhanisiwi, anak asuh panti asuhan, dan warga sekitar panti asuhan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam analisis yang dilakukan Peran Panti Asuhan Mandhanisiwi PKU Muhammadiyah Purbalingga dalam Pembentukan Akhlakuk Karimah Anak Asuh sudah di katakan cukup baik karena pihak panti asuhan telah mengikutsertakan anak asuh panti asuhan dalam kegiatan-kegiatan pembinaan keagamaan, kesenian dan keterampilan.
 Faktor pendukung yang dihadapi dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Anak asuh yaitu tersedianya asrama yang representatif, ustad/pengasuh yang memadai, anak asuh yang memiliki minat tinggi dalam pelaksanaan proses pembinaan, serta proses pelaksanaan pembinaan akhlak dan perkembangan tingkah anak selalu di pantau secara khusus oleh yayasan bersama pengurus. Adapun faktor penghambat yang dihadapi dalam pembentukan Akhlakul Karimah yaitu, minimnya ustad/pengasuh dan kurang sepurnanya kerja sama antar pihak yayasan dan pengurus, dan jadwal kegiatan pembinaan anak asuh yang di Panti Asuhan Mandhanisiwi PKU Muhammadiyah Purbalingga belum tertata rapi.
References
Amin, Ahmad. 1993. Etika (ilmu Akhlak). Jakarta : PT Bulan Bintang.
Azwar, Saifudin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta,
Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-Dasar Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Amar, 2010. Akhlaq Tasawuf. Bandung Pustaka Setia.
Asmaran, 1994. Pengantar Studi Akhlak. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1995. Kamus Besar Bhasa Indonesia. Edisi kedua. Jakarta: Balai Pustaka.
Ilyas, Yunahar. 2007. Kuliah Akhlaq. Yogyakarta:LPPI UMY.
Kaelan, MS. 2010. Metode Penelitian Agama Interdisipliner. Yogyakarta: Paradigma.
Moeloeng, Lexy J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Margono, 2009. Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Pemprop Jawa Tengah, Pedoman Pelaksanaan Pelayanan Sosial Unit Pelaksanaan Teknis Panti Asuhan. 2002.
Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sarwono Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kualitatif dan kuantitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sutrisno Hadi. Metodologi Research Jilid II. Yogyakarta: Andi Offest. 1989.
Zuriah, Nurul. 2009. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan,Jakarta: Bumi Aksara.
Daradjat Zakiyah, Peranan Agama Islam dalam Kesehatan Mental. Jakarta: Gunung Agung. 1983.
Zaenuddin, dik., Seluk Beluk Pendidikan dari Al-Ghazali. Jakarta: Bumi Aksara.1991.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Islamadina is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.