Optimalisasi Peran UMKM dalam Menstabilkan Perekonomian Masyarakat di Desa Singapadu Tengah Akibat Pandemi Covid-19

Authors

  • I Gede Yoga Adi Pratama Universitas Pendidikan Nasional
  • I Wayan Sukadana Universitas Pendidikan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.30595/jppm.v7i2.10078

Keywords:

UMKM, Pandemi, Pemasaran Digital

Abstract

Pengabdain masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Pendidikan Nasional periode tahun 2020 s/d 2021 ini yang dilakukan secara online dan dilaksanakan di sekitar lingkungan tempat tinggal atau di desa masing-masing, yaitu di Desa Singapadu Tengah, Kec. Sukawati, Kab. Gianyar. Pengabdian ini mulai dilaksanakan pada tanggal 1 Februari sampai 17 Maret 2021. Kegiatan yang dilakukan di Desa Singapadu Tengah mengangkat sebuah judul “Optimalisasi Peran UMKM Dalam Menstabilkan Perekonomian Masyarakat di Desa Singapadu Tengah Akibat Covid-19”. Rudjito mengatakan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) adalah usaha yang membantu perekonomian Indonesia, sebab melalui UMKM akan membentuk lapangan kerja baru dan meningkatkan devisa negara melalui pajak badan usaha. Di dalam masa panedmi UMKM diharapkan mampu beradaptasi dengan kondisi yang ada seperti tidak perlu lagi mengandalkan kontak fisik dengan pelanggan dan beralih ke digital.

Author Biographies

I Gede Yoga Adi Pratama, Universitas Pendidikan Nasional

Program Studi Manajemen

I Wayan Sukadana, Universitas Pendidikan Nasional

Program Studi Teknik Elektro

References

Singapadutengah.desa.id. Desa Wisata Singapadu Tengah. Diakses pada 15 Februari 2021, dari https://singapadutengah.desa.id/desa-wisata/

Basu Swastha Dharmamesta dan T. Hani Handoko. 2004. Manajemen Pemasaran Perilaku Konsumen. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Liberty

Biro Pusat Statistik, 2006, Perusahaan Mikro dan Kecil, Biro Pusat Statistik, Jakarta.

e-journal.potensi-utama.ac.id (2017, 1 November). Analisis Semiotika Logo Rumah Makan Patinku. Diakses 16 Februari 2021, dari http://e-journal.potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/PROPORSI/article/view/551

eureka.adxasia.co.id. Facebook ads Untuk Pemula 2019. Diakses 20 Februari 2021, dari https://eureka.adxasia.co.id/index.php/2019/02/21/facebook-ads-untuk-pemula-2019/

repository.upnyk.ac.id (2012, 19 Maret). Strategi Meningkatkan Daya Saing UMKM Dalam Menghadapi Implementasi CAFTA dan Mea. Diakses pada 16 Februari 2021, dari http://repository.upnyk.ac.id/2437/1/sri_susilo082011juli.pdf

Kementerian Koperasi dan UMKM. (2015). Laporan Tahunan. Jakarta.

books.google.co.id (2020, 27 Juni). Komunikasi Pemasaran. Diakses pada 15 Februari 2021, dari https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=ZHrtDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=artikel+tentang+pemasaran&ots=0LuoVTb8i0&sig=8LshR2IUs0ENYKTDp_ktfdv98uk&redir_esc=y#v=onepage&q=artikel%20tentang%20pemasaran&f=false

journal.unj.ac.id (2017, 17 Mei). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Diakses pada 16 Februari 2021, pada http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpm/article/view/1781/1498

Phillip Kotler, Marketing Management, Prentice Hall, New Jersey, 2000

Downloads

Published

2023-09-25

How to Cite

Pratama, I. G. Y. A., & Sukadana, I. W. (2023). Optimalisasi Peran UMKM dalam Menstabilkan Perekonomian Masyarakat di Desa Singapadu Tengah Akibat Pandemi Covid-19. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 7(2), 215–219. https://doi.org/10.30595/jppm.v7i2.10078

Similar Articles

<< < > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.