Penguatan Legalitas Usaha dan Komunikasi Pemasaran pada KWT Margi Mulyo Desa Trirejo, Kecamtan Loano, Kabupaten Purworejo

Endah Pri Ariningsih, Alief Daffa Rayhan, Jihad Danang Jayaberlian, Sri Lestari, Faizza Rismanda Putri, Maulana Galih Nirmala, Nur Diana Wahyu Ningsih, Rizky Luckyanti, Prassuta Baruna Sakti, Sofyan Azhar

Abstract


Salah satu jenis KKN untuk mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo adalah KKN Tematik, yang memberikan kesempatan kepada pengajar dan mahasiswa untuk mempraktikkan salah satu keterampilan Catur Dharma pengabdian kepada masyarakat.  Kegiatan KKN ini berlokasi di Desa Trirejo, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo, di mana sebagian warga mengoperasikan beragam usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Bahkan saat ini, sejumlah besar warga desa dengan UMKM tidak menyadari pentingnya legalitas usaha, terutama yang berkaitan dengan mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB). Solusi ini bertujuan untuk memperkuat legalitas serta meningkatkan komunikasi pemasaran. Fase persiapan, pelaksanaan, dan pengajuan NIB merupakan tiga fase di mana fase sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan metode implementasi dilakukan. Tujuan kegiatan ini, UMKM memiliki NIB dan pemasaran yang semakin luas, karena komunikasi pemasaran dilakukan dengan berbagai media, baik konvensional maupun digital melalui media sosial.


Keywords


KKN Tematik; UMKM; Legalitas Usaha; Nomor Induk Berusaha

References


Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1):59-66.

Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 6(1), 51-58.

Rahmanisa, A. (2021). Pentingnya Legalitas Usaha Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Eksaminasi: Jurnal Hukum, 1(1), 77–83.

Ariningsih, Endah Pri, et al. "Pelatihan dan Pendampingan Penguatan Strategi Pemasaran pada UMKM di Desa Jono Kecamatan Bayan Kabupaten Porworejo." Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 7.1 (2023): 593-598.

Qomariah, Nurul, et al. "Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) untuk Penguatan Legalitas Usaha Bagi UMKM di Kecamatan Jenggawah Jember." JIWAKERTA: Jurnal Ilmiah Wawasan Kuliah Kerja Nyata 4.1 (2023): 124-130.

Lestari, Sari dan Ardiansyah. "Sosialisasi dan Pendampingan UMKM dalam Pembuatan NIB Melalui Sistem Online Single Submission (OSS) di Kampung Pasir Banteng Desa Cihanjawar Kabupaten Purwakarta." Al-Ijtimā: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3.2 (2023): 287-296.

Tsikirayi, C. M. R., Muchenje, B. & Katsidzira, Z. (2013). Impact of integrated marketing communications mix (IMCM) in small to medium enterprises (SMEs) in Zimbabwe as a marketing tool. Research in Business and Economics Journal, 7, (Imcm), 1–12.

Riyanto, E. dan Triono, A. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu (IMC) Sekolah Dasar Islam Terpadu di Karanganyar. Komuniti, IX, (1), 44-62. DOI: https://doi.org/10.23917/komuniti.v9i1.4183.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v8i2.21395

Copyright (c) 2024 Endah Pri Ariningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347