Penguatan Legalitas Usaha dan Komunikasi Pemasaran pada KWT Margi Mulyo Desa Trirejo, Kecamtan Loano, Kabupaten Purworejo

Authors

  • Endah Pri Ariningsih Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Alief Daffa Rayhan Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Jihad Danang Jayaberlian Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Sri Lestari Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Faizza Rismanda Putri Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Maulana Galih Nirmala Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Nur Diana Wahyu Ningsih Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Rizky Luckyanti Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Prassuta Baruna Sakti Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Sofyan Azhar Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.30595/jppm.v8i2.21395

Keywords:

KKN Tematik, UMKM, Legalitas Usaha, Nomor Induk Berusaha

Abstract

Salah satu jenis KKN untuk mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo adalah KKN Tematik, yang memberikan kesempatan kepada pengajar dan mahasiswa untuk mempraktikkan salah satu keterampilan Catur Dharma pengabdian kepada masyarakat.  Kegiatan KKN ini berlokasi di Desa Trirejo, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo, di mana sebagian warga mengoperasikan beragam usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Bahkan saat ini, sejumlah besar warga desa dengan UMKM tidak menyadari pentingnya legalitas usaha, terutama yang berkaitan dengan mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB). Solusi ini bertujuan untuk memperkuat legalitas serta meningkatkan komunikasi pemasaran. Fase persiapan, pelaksanaan, dan pengajuan NIB merupakan tiga fase di mana fase sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan metode implementasi dilakukan. Tujuan kegiatan ini, UMKM memiliki NIB dan pemasaran yang semakin luas, karena komunikasi pemasaran dilakukan dengan berbagai media, baik konvensional maupun digital melalui media sosial.

References

Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1):59-66.

Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 6(1), 51-58.

Rahmanisa, A. (2021). Pentingnya Legalitas Usaha Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Eksaminasi: Jurnal Hukum, 1(1), 77–83.

Ariningsih, Endah Pri, et al. "Pelatihan dan Pendampingan Penguatan Strategi Pemasaran pada UMKM di Desa Jono Kecamatan Bayan Kabupaten Porworejo." Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 7.1 (2023): 593-598.

Qomariah, Nurul, et al. "Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) untuk Penguatan Legalitas Usaha Bagi UMKM di Kecamatan Jenggawah Jember." JIWAKERTA: Jurnal Ilmiah Wawasan Kuliah Kerja Nyata 4.1 (2023): 124-130.

Lestari, Sari dan Ardiansyah. "Sosialisasi dan Pendampingan UMKM dalam Pembuatan NIB Melalui Sistem Online Single Submission (OSS) di Kampung Pasir Banteng Desa Cihanjawar Kabupaten Purwakarta." Al-IjtimÄ: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3.2 (2023): 287-296.

Tsikirayi, C. M. R., Muchenje, B. & Katsidzira, Z. (2013). Impact of integrated marketing communications mix (IMCM) in small to medium enterprises (SMEs) in Zimbabwe as a marketing tool. Research in Business and Economics Journal, 7, (Imcm), 1–12.

Riyanto, E. dan Triono, A. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu (IMC) Sekolah Dasar Islam Terpadu di Karanganyar. Komuniti, IX, (1), 44-62. DOI: https://doi.org/10.23917/komuniti.v9i1.4183.

Downloads

Published

2024-08-26

How to Cite

Ariningsih, E. P., Rayhan, A. D., Jayaberlian, J. D., Lestari, S., Putri, F. R., Nirmala, M. G., … Azhar, S. (2024). Penguatan Legalitas Usaha dan Komunikasi Pemasaran pada KWT Margi Mulyo Desa Trirejo, Kecamtan Loano, Kabupaten Purworejo. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 8(2), 323–331. https://doi.org/10.30595/jppm.v8i2.21395

Similar Articles

> >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.