Penguatan Legalitas Usaha dan Komunikasi Pemasaran pada KWT Margi Mulyo Desa Trirejo, Kecamtan Loano, Kabupaten Purworejo
DOI:
https://doi.org/10.30595/jppm.v8i2.21395Keywords:
KKN Tematik, UMKM, Legalitas Usaha, Nomor Induk BerusahaAbstract
Salah satu jenis KKN untuk mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo adalah KKN Tematik, yang memberikan kesempatan kepada pengajar dan mahasiswa untuk mempraktikkan salah satu keterampilan Catur Dharma pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan KKN ini berlokasi di Desa Trirejo, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo, di mana sebagian warga mengoperasikan beragam usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Bahkan saat ini, sejumlah besar warga desa dengan UMKM tidak menyadari pentingnya legalitas usaha, terutama yang berkaitan dengan mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB). Solusi ini bertujuan untuk memperkuat legalitas serta meningkatkan komunikasi pemasaran. Fase persiapan, pelaksanaan, dan pengajuan NIB merupakan tiga fase di mana fase sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan metode implementasi dilakukan. Tujuan kegiatan ini, UMKM memiliki NIB dan pemasaran yang semakin luas, karena komunikasi pemasaran dilakukan dengan berbagai media, baik konvensional maupun digital melalui media sosial.
References
Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1):59-66.
Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 6(1), 51-58.
Rahmanisa, A. (2021). Pentingnya Legalitas Usaha Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Eksaminasi: Jurnal Hukum, 1(1), 77–83.
Ariningsih, Endah Pri, et al. "Pelatihan dan Pendampingan Penguatan Strategi Pemasaran pada UMKM di Desa Jono Kecamatan Bayan Kabupaten Porworejo." Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 7.1 (2023): 593-598.
Qomariah, Nurul, et al. "Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) untuk Penguatan Legalitas Usaha Bagi UMKM di Kecamatan Jenggawah Jember." JIWAKERTA: Jurnal Ilmiah Wawasan Kuliah Kerja Nyata 4.1 (2023): 124-130.
Lestari, Sari dan Ardiansyah. "Sosialisasi dan Pendampingan UMKM dalam Pembuatan NIB Melalui Sistem Online Single Submission (OSS) di Kampung Pasir Banteng Desa Cihanjawar Kabupaten Purwakarta." Al-IjtimÄ: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3.2 (2023): 287-296.
Tsikirayi, C. M. R., Muchenje, B. & Katsidzira, Z. (2013). Impact of integrated marketing communications mix (IMCM) in small to medium enterprises (SMEs) in Zimbabwe as a marketing tool. Research in Business and Economics Journal, 7, (Imcm), 1–12.
Riyanto, E. dan Triono, A. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu (IMC) Sekolah Dasar Islam Terpadu di Karanganyar. Komuniti, IX, (1), 44-62. DOI: https://doi.org/10.23917/komuniti.v9i1.4183.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Indonesian version:
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.