Optimalisasi Peran UMKM dalam Menstabilkan Perekonomian Masyarakat di Desa Singapadu Tengah Akibat Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.30595/jppm.v7i2.10078Keywords:
UMKM, Pandemi, Pemasaran DigitalAbstract
Pengabdain masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Pendidikan Nasional periode tahun 2020 s/d 2021 ini yang dilakukan secara online dan dilaksanakan di sekitar lingkungan tempat tinggal atau di desa masing-masing, yaitu di Desa Singapadu Tengah, Kec. Sukawati, Kab. Gianyar. Pengabdian ini mulai dilaksanakan pada tanggal 1 Februari sampai 17 Maret 2021. Kegiatan yang dilakukan di Desa Singapadu Tengah mengangkat sebuah judul “Optimalisasi Peran UMKM Dalam Menstabilkan Perekonomian Masyarakat di Desa Singapadu Tengah Akibat Covid-19”. Rudjito mengatakan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) adalah usaha yang membantu perekonomian Indonesia, sebab melalui UMKM akan membentuk lapangan kerja baru dan meningkatkan devisa negara melalui pajak badan usaha. Di dalam masa panedmi UMKM diharapkan mampu beradaptasi dengan kondisi yang ada seperti tidak perlu lagi mengandalkan kontak fisik dengan pelanggan dan beralih ke digital.
References
Singapadutengah.desa.id. Desa Wisata Singapadu Tengah. Diakses pada 15 Februari 2021, dari https://singapadutengah.desa.id/desa-wisata/
Basu Swastha Dharmamesta dan T. Hani Handoko. 2004. Manajemen Pemasaran Perilaku Konsumen. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Liberty
Biro Pusat Statistik, 2006, Perusahaan Mikro dan Kecil, Biro Pusat Statistik, Jakarta.
e-journal.potensi-utama.ac.id (2017, 1 November). Analisis Semiotika Logo Rumah Makan Patinku. Diakses 16 Februari 2021, dari http://e-journal.potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/PROPORSI/article/view/551
eureka.adxasia.co.id. Facebook ads Untuk Pemula 2019. Diakses 20 Februari 2021, dari https://eureka.adxasia.co.id/index.php/2019/02/21/facebook-ads-untuk-pemula-2019/
repository.upnyk.ac.id (2012, 19 Maret). Strategi Meningkatkan Daya Saing UMKM Dalam Menghadapi Implementasi CAFTA dan Mea. Diakses pada 16 Februari 2021, dari http://repository.upnyk.ac.id/2437/1/sri_susilo082011juli.pdf
Kementerian Koperasi dan UMKM. (2015). Laporan Tahunan. Jakarta.
books.google.co.id (2020, 27 Juni). Komunikasi Pemasaran. Diakses pada 15 Februari 2021, dari https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=ZHrtDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=artikel+tentang+pemasaran&ots=0LuoVTb8i0&sig=8LshR2IUs0ENYKTDp_ktfdv98uk&redir_esc=y#v=onepage&q=artikel%20tentang%20pemasaran&f=false
journal.unj.ac.id (2017, 17 Mei). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Diakses pada 16 Februari 2021, pada http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpm/article/view/1781/1498
Phillip Kotler, Marketing Management, Prentice Hall, New Jersey, 2000
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Indonesian version:
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.