Peningkatan Keterampilan Pembelajaran Daring untuk Guru Taman Kanak-Kanak
DOI:
https://doi.org/10.30595/jppm.v5i1.10229Keywords:
Keterampilan Daring, Anak-anak, Teknologi, Sinkronus, AsinkronusAbstract
Pandemi COVID-19 menimbulkan efek negatif terhadap pembelajaran di Taman Kanak-Kanak (TK). Para guru merasa pembelajaran daring tidak efektif sekaligus melelahkan. Mereka harus menghabiskan lebih banyak waktu, tetapi hasilnya jauh dari harapan. Tujuan pelaksanaan kegiatan pengabdian ini adalah untuk mengatasi permaslahan pembelajaran pembelajaran daring di TK, dengan memberikan penyuluhan dan pelatihan metode dan media pembelajaran daring. Dari hasil pelatihan, peserta mendapatkan suntikan semangat dan harapan baru untuk melaksanakan pembelajaran daring secara lebih baik melalui penggunaan aplikasi LearningManagement System LMS, yang memadukan pembelajaran sinkronus dan non-sinkronus. Selain itu, disarankan agar para guru lebih memanfaatkan pembelajaran secara berkelompok agar pelaksanaan pembelajaran lebih kondusif bagi anak-anak, dan secara waktu lebih efisien untuk para guru. Hal lain yang ditekankan adalah pentingnya melibatkan peran orang tua dalam pembelajaran daring.
References
Adhe, K. R., Maulidiya, R., Al Ardha, M. A., Saroinsong, W. P., & Widayati, S. (2020). Learning During the Covid-19 Pandemic: Correlation Between Income Levels And Parental Roles. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 293. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.554
Ariyanti, Tatik. 2016. “Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak (The Importance of Childhood Education for Child Development)”. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar Volume 8, No 1, Maret 2016: 50 – 58.
Hapsari, S. M., Sugito, S., & Fauziah, P. Y. (2020). Parent’s Involvement in Early Childhood Education during the Covid-19 Pandemic Period. Jurnal Pendidikan Progresif, 10(2), 298–311. https://doi.org/10.23960/jpp.v10.i2.202014
Kingsley S., Olisah and Ismail Z., Mohamed. 2015. “Web Based E-Learning System for Pre-School Kids”. International Journal of Information System and Engineering. Vol. 3 (No.1), April, 2015. pp 219-232.
Muhdi, Nurkolis, & Yuliejantiningsih, Y. (2020). The Implementation of Daring Learning in Early Childhood Education During the Covid-19 Pandemic. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 14(2), 247–261. https://doi.org/10.21009/JPUD.142.04
Solekhah, H. (2020). Distance Learning of Indonesian Early Childhood Education (PAUD) during the Covid-19 Pandemic. International Journal of Emerging Issues in Early Childhood Education, 2(2), 105–115. https://doi.org/10.31098/ijeiece.v2i2.409
Yulia, H. (2020). Daring Learning to Prevent the Spread of Pandemic Corona Virus in Indonesia. ETERNAL (English Teaching Journal), 11(1). https://doi.org/10.26877/eternal.v11i1.6068
Yuliana, M. (2020, October). Does early childhood education still matter during COVID-19? Jakarta Post, 6.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Indonesian version:
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.