Peningkatan Keterampilan Pembelajaran Daring untuk Guru Taman Kanak-Kanak

Authors

  • Sulasih Nurhayati Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Titik Wahyuningsih Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Condro Nur Alim Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Khristianto Khristianto Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Ambar Pujiyatno Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Fitri Rakhmawati Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/jppm.v5i1.10229

Keywords:

Keterampilan Daring, Anak-anak, Teknologi, Sinkronus, Asinkronus

Abstract

Pandemi COVID-19 menimbulkan efek negatif terhadap pembelajaran di Taman Kanak-Kanak (TK). Para guru merasa pembelajaran daring tidak efektif sekaligus melelahkan. Mereka harus menghabiskan lebih banyak waktu, tetapi hasilnya jauh dari harapan. Tujuan pelaksanaan kegiatan pengabdian ini adalah untuk mengatasi permaslahan pembelajaran pembelajaran daring di TK, dengan memberikan penyuluhan dan pelatihan metode dan media pembelajaran daring. Dari hasil pelatihan, peserta mendapatkan suntikan semangat dan harapan baru untuk melaksanakan pembelajaran daring secara lebih baik melalui penggunaan aplikasi LearningManagement System LMS, yang memadukan pembelajaran sinkronus dan non-sinkronus. Selain itu, disarankan agar para guru lebih memanfaatkan pembelajaran secara berkelompok agar pelaksanaan pembelajaran lebih kondusif bagi anak-anak, dan secara waktu lebih efisien untuk para guru. Hal lain yang ditekankan adalah pentingnya melibatkan peran orang tua dalam pembelajaran daring.

Author Biography

Khristianto Khristianto, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

References

Adhe, K. R., Maulidiya, R., Al Ardha, M. A., Saroinsong, W. P., & Widayati, S. (2020). Learning During the Covid-19 Pandemic: Correlation Between Income Levels And Parental Roles. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 293. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.554

Ariyanti, Tatik. 2016. “Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak (The Importance of Childhood Education for Child Development)”. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar Volume 8, No 1, Maret 2016: 50 – 58.

Hapsari, S. M., Sugito, S., & Fauziah, P. Y. (2020). Parent’s Involvement in Early Childhood Education during the Covid-19 Pandemic Period. Jurnal Pendidikan Progresif, 10(2), 298–311. https://doi.org/10.23960/jpp.v10.i2.202014

Kingsley S., Olisah and Ismail Z., Mohamed. 2015. “Web Based E-Learning System for Pre-School Kids”. International Journal of Information System and Engineering. Vol. 3 (No.1), April, 2015. pp 219-232.

Muhdi, Nurkolis, & Yuliejantiningsih, Y. (2020). The Implementation of Daring Learning in Early Childhood Education During the Covid-19 Pandemic. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 14(2), 247–261. https://doi.org/10.21009/JPUD.142.04

Solekhah, H. (2020). Distance Learning of Indonesian Early Childhood Education (PAUD) during the Covid-19 Pandemic. International Journal of Emerging Issues in Early Childhood Education, 2(2), 105–115. https://doi.org/10.31098/ijeiece.v2i2.409

Yulia, H. (2020). Daring Learning to Prevent the Spread of Pandemic Corona Virus in Indonesia. ETERNAL (English Teaching Journal), 11(1). https://doi.org/10.26877/eternal.v11i1.6068

Yuliana, M. (2020, October). Does early childhood education still matter during COVID-19? Jakarta Post, 6.

Downloads

Published

2021-07-08

How to Cite

Nurhayati, S., Wahyuningsih, T., Alim, C. N., Khristianto, K., Pujiyatno, A., & Rakhmawati, F. (2021). Peningkatan Keterampilan Pembelajaran Daring untuk Guru Taman Kanak-Kanak. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 5(1), 49–54. https://doi.org/10.30595/jppm.v5i1.10229

Similar Articles

<< < > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.