Perancangan Media Sosial sebagai Sarana Promosi dan Edukasi Kain Tenun Songket Sidemen

I Gusti Ayu Novita Pradnyasari, Kadek Devi Kalfika Anggria Wardani, A.A.Ngr.Eddy Supriyadinata Gorda

Abstract


Pandemi COVID-19 membawa dampak yang sangat serius terhadap perkembangan sebuah bisnis, salah satunya bisnis kain tenun songket sidemen di Desa Sidemen. Pandemi COVID-19 ini menyebabkan penurunan omzet penjualan kain tenun songket sidemen yang signifikan. Penurunan omzet penjualan ini menjadi tantanan bagi pelaku usaha kain tenun songket untuk dapat menemukan jalan keluar supaya intensitas penjualan kain tenun songket mereka tetap maksimal. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini solusi yang dapat ditawarkan melalui optimalisasi penggunaan teknologi, yaitu dengan cara perancangan media sosial sebagai sarana promosi online. Melalui media sosial maka pasar yang dijangkau akan semakin luas, sehingga berpeluang menarik lebih banyak konsumen untuk membeli produk kain tenun songket sidemen. Implementasi dari pengabdian ini diperuntukan kepada mitra yaitu Kelompok Tenun Purna Kusuma Desa Sidemen yaitu merancang akun media sosial Facebook dan Instagram untuk dapat membantu meningkatkan promosi sekaligus edukasi kain tenun songket secara online. Metode kegiatan yang dilakukan adalah dengan Participatory Rural Appraisal (PRA) yang menekankan pada keikutsertaan anggota kelompok pada program pemberdayaan yang dilaksanakan dimulai dari tahap perancangan, pelaksanaan, pengawasan, dan pengevaluasian program. Hasil dari pengabdian ini adalah terbentuknya akun media sosial Facebook dan Instagram untuk membantu promosi dan edukasi kain tenun songket. Hasil pengabdian ini sangat berguna guna membantu para pelaku usaha untuk meningkatkan promosi penjulan di masa pandemi dengan melibatkan mereka secara langsung.


Keywords


Tenun Songket; Pandemi Covid-19; Media Sosial; Promosi; Edukasi

References


Amboningtyas, D., Taunay, E. G. P., & Rusmawati, Y. (2021). Kondisi UMKM di Kota Semarang di masa pandemi Covid-19 pada pertumbuhan ekonomi. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian 2021, 526–537.

Desa Sidemen. (2020a). Data IKM Desa Sidemen. Karangasem.

Desa Sidemen. (2020b). Profil Desa Sidemen. Karangasem.

Diskominfos, P. B. (2020). Untaian Filosofi pada Kain Songket Sidemen. Retrieved July 11, 2021, from https://diskominfos.baliprov.go.id/untaian-filosofi-pada-kain-songket-sidemen/

Juniantara, I. M. A., & Sukawati, T. G. R. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(11), 5955. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v07.i11.p06

Marlinah, L. (2020). Peluang dan Tantangan UMKM Dalam Upaya Memperkuat Perekonomian Nasional Tahun 2020 Ditengah Pandemi Covid 19. Jurnal Ekonomi, 22(2), 118–124.

Marta, R. (2015). Penggunaan Facebook Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Kain Tenun Songket Silungkang. Masyarakat Telematika Dan Informasi, 6(2), 147–160.

Putra, I. K. A. M., & Astina, K. A. D. (2019). Pemanfaatan Media Instagram Multiple Post Sebagai Sarana Edukasi Berbasis Visual Bagi Warganet. Jurnal Nawala Visual, 1(2), 113–121. https://doi.org/10.35886/nawalavisual.v1i2.42

Raka, A. A. G. (2017). Implikasi Pemberdayaan Warisan “Nekara Pejeng” Gianyar, Bali Sebagai Daya Tarik Wisata. Proceedings International Conference: Global Connectivity, Cross Cultural Connections, Social Inclusion, and Recognition: The Role of Social Sciences., 7(5), 415–425. https://doi.org/10.1080/00379818409514249

Soetjipto, N. (2020). Ketahanan UMKM Jawa Timur Melintasi Pandemi COVID-19. K-Media. Yogyakarta: K-Media.

Suwardi, A. B., Baihaqi, B., Syardiansah, S., & Navia, Z. I. (2021). Penguatan Pemasaran Produk Tenun Lidi Nipah Pada Kelompok Bungong Chirih Melalui Aplikasi E-Marketing Pada Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 27(2), 142–146.

Trulline, P. (2021). Pemasaran produk UMKM melalui media sosial dan e-commerce. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(2), 259. https://doi.org/10.24198/jmk.v5i2.32746


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v7i2.11404

Copyright (c) 2023 I Gusti Ayu Novita Pradnyasari, Kadek Devi Kalfika Anggria Wardani, A.A.Ngr.Eddy Supriyadinata Gorda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347