Peningkatan Omzet UMKM Guna Menjaga Perekonomian Masyarakat Desa di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Nurul Alfian Universitas Madura
  • Wahyu Maulana Universitas Madura

DOI:

https://doi.org/10.30595/jppm.v6i2.7982

Keywords:

Inovasi, Pendampingan, Desain dan Penjualan

Abstract

Posisi UMKM dimasa pandemi seperti ini harus tetap bertahan untuk menjaga perekonomian suatu wilayah terutama di pedesaan. Melimpahnya sumber daya yang ada merupakan keunggulan tersendiri dalam berinovasi. Permasalahan umum yang terjadi adalah bermula dari ide akan produk inovasi, lalu merambah pada proses produksi hingga ke penjualannya. Tujuan dari pengabdian ini untuk menciptakan produk inovasi bagi UMKM yang ada di bawah naungan BUMDES sehingga menjadi produk unggulan desa Patapan. Metode yang dilakukan terdiri dari pelatihan, pendampingan, difusi teknologi hingga ke penjualannya. Hasil yang diperoleh adalah terciptanya produk inovasi, mitra mendapatkan keterampilan dan pengetahuan, design kemasan produk yang menarik, proses legalitas produk berupa NIB dan IUMK hingga penjualan secara langsung ke konsumen untuk mempromosikan produk agar penjualan meningkat signifikan.

References

Anggoro, S., Harmianto, S dan Yuwono, PD. 2018. Upaya meningkatkan kemampuan pedagogik guru melalui pelatihan pembelajaran tematik sains menggunakan inquiry learning process and science activity based daily life. Jurnal pengabdian dan pemberdayaan masyarakat vol 2 no 1 tahun 2018 pp : 29-35

Barriyah dan Permatasari, D. 2017. Pelatihan pemanfaatan media online dalam layanan bimbingan konseling bagi konselor sekolah menengah pertama di kabupaten Pamekasan Madura. Jurnal pengabdian kepada masyarakat IKIP PGRI Jember vol 1 no 3 tahun 2017 pp : 63-69

Hartini, Sri. 2012. Peran inovasi : pengembangan kualitas produk dan kinerja bisnis. Jurnal manajemen dan kewirausahaan vol 14 no 1 tahun 2012 ISSN : 2338-8234

Hidayat, MJ. 2011. Tinjauan kognisi design produk kemasan sebagai unsur identitas budaya popular atas produk kemasan makanan industry kecil menengah (IKM). Jurnal Kawistara vol 1 no 3 tahun 2011 pp : 244-256

Julianti, E dan Nurminah, M. 2006. Teknologi pengemasan. Fakultas pertanian Universitas Sumatera Utara

Mukhtar, S dan Nurif, M. 2015. Peranan packaging dalam meningkatkan hasil produksi terhadap konsumen. Jurnal sosial humaniora vol 8 no 2 tahun 2015 pp : 181-191

Prajogo, D dan Sohal, A. 2003. The relationships between TQM practices, quality performance and innovation performance. International journal of quality and reliability management vol 20 no 8 pp : 901-918

Prasanti, D dan Fuady, I. 2017. Penyuluhan program literasi informasi kesehatan dalam meningkatkan kualitas sanitasi bagi masyarakat di kaki gunung burangrang kabupaten Bandung barat. Jurnal pengabdian dan pemberdayaan masyarakat vol 1 no 2 tahun 2017 pp : 129-138

Primiana, I. 2009. Menggerakkan sektor riil UKM dan industry. Bandung : Alfabeta

Sudaryanto. 2012. Strategi pemberdayaan UMKM menghadapi pasar bebas ASEAN. Jurnal ekonomi akuntansi dan manajemen vol 1 no 2 tahun 2012

Downloads

Published

2022-09-09

How to Cite

Alfian, N., & Maulana, W. (2022). Peningkatan Omzet UMKM Guna Menjaga Perekonomian Masyarakat Desa di Masa Pandemi Covid-19. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(2), 241–246. https://doi.org/10.30595/jppm.v6i2.7982

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.