Implementasi Learning Management System (LMS) untuk Mendukung Pembelajaran Jarak Jauh Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Bandung
DOI:
https://doi.org/10.30595/jppm.v7i2.10818Keywords:
Belajar dari Rumah, Learning Management System, Moodle, Pandemi COVID-19Abstract
Sekitar 19,8 juta anak sekolah menengah di Indonesia saat ini belajar di bawah ancaman pandemi COVID-19. Untuk mencegah penularan COVID-19 di lingkungan sekolah, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan telah mengeluarkan surat edaran tentang pembelajaran daring dan kerja dari rumah, yang mewajibkan seluruh sekolah menerapkan kebijakan “Belajar dari Rumah”. Kebijakan ini harus diterapkan mulai semester baru 2020-2021 dan perlu didukung oleh Learning Management System (LMS) beserta kompetensi seluruh pemangku kepentingan. Moodle dipilih karena gratis, dapat disesuaikan, dan dapat digunakan di server khusus untuk dikelola sepenuhnya oleh sekolah. Tahapan implementasi meliputi pengumpulan kebutuhan, instalasi dan konfigurasi, pengujian, pelatihan, dan evaluasi. Evaluasi tersebut mencatat beberapa kebutuhan untuk program selanjutnya, seperti menyederhanakan proses input untuk pertanyaan kuis, mengeksplorasi fitur yang lebih dalam, dan memberikan tutorial yang lebih informatif.
References
lang=IN style='font-size:11.0pt'>
style='mso-spacerun:yes'> ADDIN EN.REFLIST
field-separator'>Ackerman, D., Chung, C., & Sun, J. C. (2014). Transitions in Classroom Technology: Instructor Implementation of Classroom Management Softwareâ€. Journal of Education for Business, 89,6, 320.
Ekuase-Anwansedo, A., Craig, S. F., & Noguera, J. (2018). How to Survive a Learning Management System (LMS) Implementationâ€. Proceedings of the 2018 ACM on SIGUCCS Annual Conference (2018): 166.
Foreman, S. (2018). The LMS Guidebook: Learning Management Systems Demystified. Alexandria, VA: ATD Press.
Hasyim, H., & Suroso, R. R. P. (2020). Peranan Teknologi Informasi Dalam Upaya Pencegahan Virus COVID-19 di Lingkungan Universitasâ€. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 4,2, 127.
Kemendikbud. (2020). Jumlah Data Peserta Didik Per Provinsi Berdasarkan Seluruh Bentuk Pendidikanâ€. In.
Kotsifakos, D., Adamopoulos, P., & Douligeris, C. (2016). Design and Development of a Learning Management System for Vocational Educationâ€. Proceedings of the SouthEast European Design Automation, Computer Engineering, Computer Networks and Social Media Conference (2016).
Mendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 36962/MPK.A/HK/2020.
Oludele, A., Ernest, O. E., Ifetayo, A. A., David, B. M., & Chinazom, C. K. (2014). The Design and Implementation of a Learning Management Systemâ€. International Journal of Advance Research, IJOAR .ORG, 2,11, 1–17.
Rößling, G., Malmi, L., Clancy, M., Joy, M., Kerren, A., Korhonen, A., . . . Velázquez, J. Ã. (2008). Enhancing learning management systems to better support computer science educationâ€. ACM SIGCSE Bulletin, 40,4.
Singhal, T. (2020). A Review of Coronavirus Disease-2019 (COVID-19). Indian J Pediatr, 87(4), 281-286. doi:10.1007/s12098-020-03263-6
Wajdi, M. B. N., Ubaidillah, M. B., Mulyani, S., Anwar, K., Istiqomah, L., Rahmawati, F., . . . Rizal, H. S. (2020). Pendampingan Redesign Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 bagi Tenaga Pendidik di Lembaga Pendidikan berbasis Pesantren di Jawa Timurâ€. Engagement: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4,1, 275.
mso-fareast-font-family:"Times New Roman";mso-ansi-language:EN-US;mso-fareast-language:
IN;mso-bidi-language:AR-SA'>
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Indonesian version:
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.