Implementasi Learning Management System (LMS) untuk Mendukung Pembelajaran Jarak Jauh Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Bandung

Iqbal Santosa, Ryan Adhitya Nugraha

Abstract


Sekitar 19,8 juta anak sekolah menengah di Indonesia saat ini belajar di bawah ancaman pandemi COVID-19. Untuk mencegah penularan COVID-19 di lingkungan sekolah, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan telah mengeluarkan surat edaran tentang pembelajaran daring dan kerja dari rumah, yang mewajibkan seluruh sekolah menerapkan kebijakan “Belajar dari Rumah”. Kebijakan ini harus diterapkan mulai semester baru 2020-2021 dan perlu didukung oleh Learning Management System (LMS) beserta kompetensi seluruh pemangku kepentingan. Moodle dipilih karena gratis, dapat disesuaikan, dan dapat digunakan di server khusus untuk dikelola sepenuhnya oleh sekolah. Tahapan implementasi meliputi pengumpulan kebutuhan, instalasi dan konfigurasi, pengujian, pelatihan, dan evaluasi. Evaluasi tersebut mencatat beberapa kebutuhan untuk program selanjutnya, seperti menyederhanakan proses input untuk pertanyaan kuis, mengeksplorasi fitur yang lebih dalam, dan memberikan tutorial yang lebih informatif.


Keywords


Belajar dari Rumah; Learning Management System; Moodle; Pandemi COVID-19

References


lang=IN style='font-size:11.0pt'>

style='mso-spacerun:yes'> ADDIN EN.REFLIST

field-separator'>Ackerman, D., Chung, C., & Sun, J. C. (2014). Transitions in Classroom Technology: Instructor Implementation of Classroom Management Software”. Journal of Education for Business, 89,6, 320.

Ekuase-Anwansedo, A., Craig, S. F., & Noguera, J. (2018). How to Survive a Learning Management System (LMS) Implementation”. Proceedings of the 2018 ACM on SIGUCCS Annual Conference (2018): 166.

Foreman, S. (2018). The LMS Guidebook: Learning Management Systems Demystified. Alexandria, VA: ATD Press.

Hasyim, H., & Suroso, R. R. P. (2020). Peranan Teknologi Informasi Dalam Upaya Pencegahan Virus COVID-19 di Lingkungan Universitas”. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 4,2, 127.

Kemendikbud. (2020). Jumlah Data Peserta Didik Per Provinsi Berdasarkan Seluruh Bentuk Pendidikan”. In.

Kotsifakos, D., Adamopoulos, P., & Douligeris, C. (2016). Design and Development of a Learning Management System for Vocational Education”. Proceedings of the SouthEast European Design Automation, Computer Engineering, Computer Networks and Social Media Conference (2016).

Mendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 36962/MPK.A/HK/2020.

Oludele, A., Ernest, O. E., Ifetayo, A. A., David, B. M., & Chinazom, C. K. (2014). The Design and Implementation of a Learning Management System”. International Journal of Advance Research, IJOAR .ORG, 2,11, 1–17.

Rößling, G., Malmi, L., Clancy, M., Joy, M., Kerren, A., Korhonen, A., . . . Velázquez, J. Á. (2008). Enhancing learning management systems to better support computer science education”. ACM SIGCSE Bulletin, 40,4.

Singhal, T. (2020). A Review of Coronavirus Disease-2019 (COVID-19). Indian J Pediatr, 87(4), 281-286. doi:10.1007/s12098-020-03263-6

Wajdi, M. B. N., Ubaidillah, M. B., Mulyani, S., Anwar, K., Istiqomah, L., Rahmawati, F., . . . Rizal, H. S. (2020). Pendampingan Redesign Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 bagi Tenaga Pendidik di Lembaga Pendidikan berbasis Pesantren di Jawa Timur”. Engagement: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4,1, 275.

mso-fareast-font-family:"Times New Roman";mso-ansi-language:EN-US;mso-fareast-language:

IN;mso-bidi-language:AR-SA'>


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v7i2.10818

Copyright (c) 2023 Iqbal Santosa, Ryan Adhitya Nugraha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347