Kuliah Kerja Nyata (KKN) untuk Kebangkitan Ekonomi Kelompok Pekerja Migran pada Masa Pandemic Covid-19

Sri Wijayanti, Tyas Retno Wulan, Muslihudin Muslihudin

Abstract


Salah satu bentuk resiliensi masyarakat dalam menghadapi situasi sulit seperti pandemic covid19 adalah mereka berupaya untuk bangkit dan mencari peluang yang dapat mendatangkan manfaat untuk mereka. Beberapa dari masyarakat membentuk kelompok usaha untuk mencermati peluang dan kesempatan yang dapat digunakan untuk bertahan atau bahkan meningkatkan kesejahteraan mereka. Salah satunya adalah kelompok mantan pekerja migran perempuan dan keluarga. Merespon situasi ini, Kuliah Kerja Nyata/KKN untuk pemberdayaan kelompok mantan pekerja migran perempuan dan keluarga berupaya untuk membantu dan membangkitkan perekonomian kelompok ini. Melalui model pendampingan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN di Desa Cihonje (Kabupaten Banyumas), Desa Jatisawit (Kabupaten Brebes) dan Desa Kebon ( Kabupaten Serang), pelaksanaan KKN menunjukkan hasil yang menggembirakan. Lokasi KKN pertama menjukkan bahwa KKN telah menghidupkan kembali unit usaha makanan ringan kelompok mantan pekerja migran Ikatan Perempuan Keluarga Buruh Migran Indonesia/IPAKARUMI. Pada lokasi kedua, KKN telah berhasil membuat kelompok tani MAKMUR yang beranggotakan warga Dukuh Purbanala dan keluarga pekerja migran yang berdomisili di dukuh tersebut. Kelompok tani MAKMUR memiliki lahan yang digarap bersama-sama dan hasilnya untuk anggota. Pada lokasi ketiga, KKN berhasil membuat kelompok usaha makanan ringan STIKONG yang beranggotakan mantan pekerja migran perempuan. Para mantan pekerja migran perempuan yang sebelumnya tidak memiliki kegiatan, sekarang mereka memiliki sebuah usaha untuk dikelola bersama dan hasilnya dinikmati bersama. Sebagai agent of change, mahasiswa KKN telah memberikan perubahan terhadap masyarakat sehingga masyarakat dapat mandiri secara ekonomi. 


Keywords


KKN; Kelompok Usaha; Mantan Pekerja Migran

References


BP2MI, 2020. Data Statistik Penempatan, diakses https://bp2mi.go.id/statistik-penempatan

Fitriani, L., Cahyana, R., Tresnawati, D., & Mulyani, A. (2020). Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Untuk Peningkatan Kemampuan TIK Masyarakat Pasirwangi Garut. Jurnal PkM MIFTEK, 1(1), 29-34.

Levitt, P., & Lamba-Nieves, D. (2011). Social remittances revisited. Journal of Ethnic and Migration Studies, 37(1), 1-22.

Mulasari, S. A., Fatihah, A. N., & Setiawan, A. (2019). Upaya Penanggulangan Rentenir Oleh Kuliah Kerja Nyata Universitas Ahmad Dahlan Di Dusun Klepu, Nglegi, Patuk, Gunungkidul, Di. Yogyakarta 2018. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 479-486.

Rizal, Jawahir Gustav, 01/05/2020,
"Kasus Covid-19 di Indonesia Selama April dan Prediksi Bulan Mei", diakses : https://www.kompas.com/tren/read/2020/05/01/190604465/kasus-covid-19-di-indonesia-selama-april-dan-prediksi-bulan-mei?page=all.

Sholeh, M., & Basuki, U. J. (2019). Implementasi Program Kuliah Kerja Nyata Melalui Sosialisasi Internet Sehat Bagi Remaja Masjid Aqrob Nganjar, Wojo Kabupaten Bantul. Adimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 23-31.

Unsoed, 2020. UNSOED Luncurkan Program KKN Tematik Covid-19 dan Relawan Covid-19. Diakses : http://unsoed.ac.id/id/berita/unsoed-luncurkan-program-kkn-tematik-covid-19-dan-relawan-covid-19

Kecamatan Kantong TKI Nasional, Disnakertrans Kabupaten Serang Gencar Sosialisas, 1/4/2018 https://kabarbanten.pikiran-rakyat.com/serang/pr-59610477/4-kecamatan-kantong-tki-nasional-disnakertrans-kabupaten-serang-gencar-sosialisasi

Wijayanti, Sri & Zayzda, Nurul Azizah, 2018. Identifikasi Remitansi Sosial Mantan Pekerja Migran Perempuan dalam Upaya Perlindungan Pekerja Migran”. Kanisius, Yogyakarta.

Wulan, T. R. (2018). Gerakan Sosial Perlindungan Anak Buruh Migran /Children left Behind : Studi di Kabupaten Banyumas. Universitas Jenderal soedirman, Purwokerto.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v7i2.11101

Copyright (c) 2023 Sri Wijayanti, Tyas Retno Wulan, Muslihudin Muslihudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347