Pemanfaatan Kegiatan Komunitas "Bulukumba English Meeting Club (BEMC)" dalam Dinamika Pembelajaran Bahasa Inggris

Widya Rizky Pratiwi

Abstract


Penguasaan bahasa Inggris telah menjadi kunci utama, terutama dalam konteks globalisasi yang membawa dampak signifikan pada berbagai aspek kehidupan. Sayangnya, Indonesia masih menghadapi sejumlah kendala dalam mengimplementasikan penguasaan bahasa Inggris di kalangan masyarakat seperti krisis kepercayaan diri dan kurangnya durasi pembelajaran di sekolah. Bulukumba English Meeting Club (BEMC), sebuah inisiatif dari komunitas pemuda di Sulawesi Selatan, muncul sebagai solusi kreatif. Sebagai destinasi pariwisata budaya dan bahari yang ramai dikunjungi wisatawan asing, BEMC menawarkan Pengabdian kepada Masyarakat sebagai sebuah laboratorium interaktif pembelajaran Bahasa Inggris. Sasaran dari kegiatan ini adalah masyarakat Bulukumba khususnya para pemuda yang bisa menjadi agen untuk meningkatkan pendapatan daerah melalui keterampilan Bahasa Inggris khususnya bidang pariwisata. Melalui serangkaian kegiatan dalam Weekly English Meeting, seperti opening speech, self-introduction, discussion/ debate, telling story/ continue story, games/ ice breaking, grammar correction, dan closing speech, BEMC memperkenalkan suatu paradigma pembelajaran yang mengakomodasi kebutuhan siswa secara holistik. Pembelajaran yang berlangsung setiap hari Minggu jam 15.30-17.30 dengan konsep outdoor, lesehan, dan melingkar ini terlaksana dengan menyenangkan dan memangkas mindset peserta bahwa belajar Bahasa Inggris itu sulit dan menegangkan. Dengan menganalisis peran BEMC sebagai agen perubahan positif, diharapkan artikel PkM ini dapat memberikan kontribusi dalam menginisiasi generasi muda di Indonesia untuk membentuk komunitas belajar Bahasa Inggris sehingga persentasi percepatan untuk penguasaan Bahasa Inggris juga semakin meningkat.


Keywords


Bahasa Inggris; BEMC; Outdoor; Pemuda Indonesia; Percaya Diri

References


Brown, A. (2023). Challenges in English Language Learning: A Comprehensive Study. Journal of Language Education, 10(2), 45-62.

Dewi, P., Muthohharoh, S., Kosasih, A. S., & Prihatini, N. (2023). Pendampingan Belajar Bagi Siswa Dengan Metode Outdoor Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris. Surya Abdimas, 7(4), 669-677.

Haryati, F. D., & Puspitaningrum, D. (2023). Implementasi ice breaking sebagai pematik motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Jurnal Al-Ilmi: Jurnal Riset Pendidikan Islam, 4(1), 99-106.

Johnson, M., & Williams, S. (2023). Innovative Approaches to Language Education: The Role of Community Initiatives. Journal of Applied Linguistics, 18(1), 112-130.

Jones, R. (2023). Beyond the Classroom: Motivating Factors in English Language Learning. Language Education and Acquisition Research, 12(3), 210-228.

Kim, E., & Lee, M. (2022). Enhancing English Learning Motivation through Extracurricular Activities. TESOL Quarterly, 37(1), 45-62.

Miller, S., & Pennycuff, L. 2008. The Power of Story: Using Storytelling to Improve Literacy Learning. Journal of Cross-Disciplinary Perspectives in Education, 1(1), 36-43.

Pratiwi, W. R., Atmowardoyo, H., & Salija, K. (2020). The Need Analysis of Participation in an English Immersion Village at" Kampung Inggris Pare". International Journal of Language Education, 4(1), 158-170.

Pratiwi, W. R., & Syahriani, I. (2020). Optimalisasi Pengajaran Bahasa Inggris Gratis Melalui Weekly English Meeting. Jurnal SOLMA, 9(1), 55-67.

Purwananti, Y. S. (2016). Pendampingan Students’ English Club SMA Negeri 1 Kedungwaru Tulungagung. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 58-60.

Smith, J. R., et al. (2022). Bridging the Gap: Overcoming Obstacles in English Language Acquisition. International Journal of Linguistics, 15(4), 78-95.

Susila, I. K. D., Sudarmawan, I. P. Y., & Purandina, I. P. Y. (2019, December). Teknik pengajaran english for guiding berbasis etnopedagogi. In Seminar Nasional Inovasi dalam Penelitian Sains, Teknologi dan Humaniora-InoBali (pp. 341-346).

Utomo, D. T. P., Raharjo, P., Rokhman, A., & Ahsanah, F. (2023). Pelatihan Bahasa Inggris untuk Anak Pekerja Migran Indonesia di Malaysia melalui Fun Easy English. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 8(1), 1-10.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v8i1.21031

Copyright (c) 2024 Widya Rizky Pratiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347