Pemanfaatan Kegiatan Komunitas "Bulukumba English Meeting Club (BEMC)" dalam Dinamika Pembelajaran Bahasa Inggris
DOI:
https://doi.org/10.30595/jppm.v8i1.21031Keywords:
Bahasa Inggris, BEMC, Outdoor, Pemuda Indonesia, Percaya DiriAbstract
Penguasaan bahasa Inggris telah menjadi kunci utama, terutama dalam konteks globalisasi yang membawa dampak signifikan pada berbagai aspek kehidupan. Sayangnya, Indonesia masih menghadapi sejumlah kendala dalam mengimplementasikan penguasaan bahasa Inggris di kalangan masyarakat seperti krisis kepercayaan diri dan kurangnya durasi pembelajaran di sekolah. Bulukumba English Meeting Club (BEMC), sebuah inisiatif dari komunitas pemuda di Sulawesi Selatan, muncul sebagai solusi kreatif. Sebagai destinasi pariwisata budaya dan bahari yang ramai dikunjungi wisatawan asing, BEMC menawarkan Pengabdian kepada Masyarakat sebagai sebuah laboratorium interaktif pembelajaran Bahasa Inggris. Sasaran dari kegiatan ini adalah masyarakat Bulukumba khususnya para pemuda yang bisa menjadi agen untuk meningkatkan pendapatan daerah melalui keterampilan Bahasa Inggris khususnya bidang pariwisata. Melalui serangkaian kegiatan dalam Weekly English Meeting, seperti opening speech, self-introduction, discussion/ debate, telling story/ continue story, games/ ice breaking, grammar correction, dan closing speech, BEMC memperkenalkan suatu paradigma pembelajaran yang mengakomodasi kebutuhan siswa secara holistik. Pembelajaran yang berlangsung setiap hari Minggu jam 15.30-17.30 dengan konsep outdoor, lesehan, dan melingkar ini terlaksana dengan menyenangkan dan memangkas mindset peserta bahwa belajar Bahasa Inggris itu sulit dan menegangkan. Dengan menganalisis peran BEMC sebagai agen perubahan positif, diharapkan artikel PkM ini dapat memberikan kontribusi dalam menginisiasi generasi muda di Indonesia untuk membentuk komunitas belajar Bahasa Inggris sehingga persentasi percepatan untuk penguasaan Bahasa Inggris juga semakin meningkat.
References
Brown, A. (2023). Challenges in English Language Learning: A Comprehensive Study. Journal of Language Education, 10(2), 45-62.
Dewi, P., Muthohharoh, S., Kosasih, A. S., & Prihatini, N. (2023). Pendampingan Belajar Bagi Siswa Dengan Metode Outdoor Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris. Surya Abdimas, 7(4), 669-677.
Haryati, F. D., & Puspitaningrum, D. (2023). Implementasi ice breaking sebagai pematik motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Jurnal Al-Ilmi: Jurnal Riset Pendidikan Islam, 4(1), 99-106.
Johnson, M., & Williams, S. (2023). Innovative Approaches to Language Education: The Role of Community Initiatives. Journal of Applied Linguistics, 18(1), 112-130.
Jones, R. (2023). Beyond the Classroom: Motivating Factors in English Language Learning. Language Education and Acquisition Research, 12(3), 210-228.
Kim, E., & Lee, M. (2022). Enhancing English Learning Motivation through Extracurricular Activities. TESOL Quarterly, 37(1), 45-62.
Miller, S., & Pennycuff, L. 2008. The Power of Story: Using Storytelling to Improve Literacy Learning. Journal of Cross-Disciplinary Perspectives in Education, 1(1), 36-43.
Pratiwi, W. R., Atmowardoyo, H., & Salija, K. (2020). The Need Analysis of Participation in an English Immersion Village at" Kampung Inggris Pare". International Journal of Language Education, 4(1), 158-170.
Pratiwi, W. R., & Syahriani, I. (2020). Optimalisasi Pengajaran Bahasa Inggris Gratis Melalui Weekly English Meeting. Jurnal SOLMA, 9(1), 55-67.
Purwananti, Y. S. (2016). Pendampingan Students’ English Club SMA Negeri 1 Kedungwaru Tulungagung. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 58-60.
Smith, J. R., et al. (2022). Bridging the Gap: Overcoming Obstacles in English Language Acquisition. International Journal of Linguistics, 15(4), 78-95.
Susila, I. K. D., Sudarmawan, I. P. Y., & Purandina, I. P. Y. (2019, December). Teknik pengajaran english for guiding berbasis etnopedagogi. In Seminar Nasional Inovasi dalam Penelitian Sains, Teknologi dan Humaniora-InoBali (pp. 341-346).
Utomo, D. T. P., Raharjo, P., Rokhman, A., & Ahsanah, F. (2023). Pelatihan Bahasa Inggris untuk Anak Pekerja Migran Indonesia di Malaysia melalui Fun Easy English. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 8(1), 1-10.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Indonesian version:
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.