Implementasi Program QUEST Untuk Menganalisis Butir Soal Bagi Guru-Guru SMP Muhammadiyah 2 Karanglewas
DOI:
https://doi.org/10.30595/jppm.v3i2.3378Keywords:
Instrumen Tes, Kompetensi Pedagogik, QUEST, Analisis Butir SoalAbstract
Pengukuran dan penilaian terhadap kegiatan pendidikan mutlak harus dilakukan khususnya hasil belajar. Tes merupakan salah satu instrument instrumen yang dapat digunakan untuk mengukur hasil belajar.Sebagai alat ukur, tes harus memiliki karakteristik valid, reliable, memiliki daya pembeda yang bagus, serta memiliki tingkat kesukaran yang representatif. Untuk mengetahui karakteristik ini, harus dilakukan analisis terhadap tes. Selama ini, kegiatan analisis tes jarang dilakukan dengan alasan kurangnya waktu dan tenaga, serta sulit dalam menggunakan rumus meskipun telah tersedia alat bantu komputer. Untuk mengatasi hal ini, dilaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat memanfaatkan program QUEST untuk membantu melakukan asesmen terhadap kualitas soal tes.Kegiatan ini melibatkan guru-guru SMP Muhammadiyah 2 Karanglewas Kabupaten Banyumas sebagai mitra aktif. Pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan metode pendidikan dan pelatihan dengan tahapan penyampaian materi kemudian dilanjutkan dengan praktik langsung mengoperasikan program QUEST dan cara membaca hasil keluaran program. Luaran dari kegiatan ini berupa sertifikat kompetensi atas target yang diharapkan yaitu guru memiliki kompetensi di salah satu bidang kompetensi pedagogik berupa kompetensi pemanfaatan teknologi berupa program QUEST dalam menganalisis butir soal tes. Indikator keberhasilan dari kegiatan ini dicapai dengan hasil 87% dari mitra bias mengoperasikan program QUEST dan bisa melakukan analisis butir soal tes yang disusunnya untuk mengetahui apakah soal sudah memenuhi kategori soal yang baik atau belum.
References
Admin, 2009, Taksonomi Bloom: Mengembangkan Strategi Berpikir Berbasis TIK, http://gurupembaharu.com/pembelajaran_/perencanaan_/taksonomi-bloom-mengembangkan-strategi-berpikir-berbasis-tik/ diakses tanggal 26 Desember 2009.
Bennyarsih, C., 2006, Korelasi Antara Pembelajaran Remidial dengan Pencapaian Tujuan Pembelajaan Mata Pelajaran PKnPS Pokok Bahasan Perjuangan Melawan Penjajah dan Pergerakan Nasioal pada Siswa Kelas V SD Negeri Segugus Pamuji UPK Karanglewas Semester II Tahun Pelajaran 2005/2006. Skripsi, FKIP UMP. Purwokerto.
Dikmenum, 2008, Panduan Analisis Butir Soal.www.dikmenum.go.id/ dataapp/kurikulum/ 5.%20perangkat%20penilaian%20ktsp%20sma/6.%20analisis% 20butir%20soal/panduan%20analisis%20butir%20soal.doc, diakses 20 Nopember 2008.
Dwiningsih, Y., 2006, Analisis Sistem Evaluasi Kurikulum 2004 Beberapa SMA Swasta pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X Tahun Pelajaran 2004/2005 di Kabupaten Banyumas, Skripsi, FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Purwokerto.
Haladyna, T. M. and Rodriguez, M. C. (2013) DEVELOPING AND VALIDATING TEST ITEMS. New York: Taylor & Francis.
Hambleton, R. K., Swaminathan, H. and Rogers, H. J. (1991) Fundamentals of Item Response Theory. 1st edn. London: SAGE Publications, Inc.
Hanafi, A. and Suhardi (2014) ‘KARAKTERISTIK BUTIR SOAL UN BAHASA INGGRIS SMK DI KABUPATEN TABALONG KALIMANTAN SELATAN TAHUN AKADEMIK 2010/2011’, LingTera, 1(1), pp. 1–14.
Hani, D.F., 2006, Analisis Butir Soal Akhir Semester Genap Kelas X Bidang Studi Biologi Kurikulum 2004 Tahun Pelajaran 2005/2006 di SMA Negeri Kabupaten Banyumas. Skripsi. FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Purwokerto.
McDonald, R.P., 1999, Test Theory: A Unified Treatment, Larvrence Erbaum Associates, Publishers, New Jersey.
Mustafidah, H. dan Pinandita, T., 2011, Pelatihan Pemanfaatan Komputer sebagai Alat Bantu Menganalisis Butir Soal Tes, Laporan Pengabdian pada Masyarakat, Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Purwokerto.
Nuswowati, M. et al. (2010) ‘PENGARUH VALIDITAS DAN RELIABILITAS BUTIR SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER BIDANG STUDI KIMIA TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI’, National Scientific Journal of UNNES, 4(1), pp. 566–573. Available at: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/1314.
Raharja, N. S. (2014) ‘ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEKOLAH PRODUKTIF PEMASARAN KELAS XII PEMASARAN SMK NEGERI 9 SEMARANG’, Economic Education Analysis Journal, 3(3), pp. 564–569.
Rahmasari, D. and Ismiyati (2016) ‘ANALISIS BUTIR SOAL MATA PELAJARAN PENGANTAR ADMINISTRASI PERKANTORAN’, Economic Education Analysis Journal, 5(1), pp. 317–330.
Sari, R.D.P., 2006, Evaluasi Kualitas Soal Ujian Akhir Semester Genap Mata Pelajaran Biologi Kelas X Tahun Pelajaran 2004/2005 di SMA Negeri 3 Purwokerto, SMA Negeri 4 Purwokerto, dan SMA Negeri Sokaraja, Skripsi, FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Purwokerto.
Subali, B. dan Suyata, P., 2012, Pengembangan Item Tes Konvergen dan Divergen: Penyelidikan Validitasnya secara Empirik, Diandra Pustaka Indonesia, Yogyakarta.
Suwarsito dan Sutomo, 2009, Pelatihan Menentukan Kualitas Soal (Validitas dan Reliabilitas) Menggunakan Alat Bantu Komputer bagi Guru-Guru di Kabupaten Banyumas, Laporan Pengabdian pada Masyarakat, Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Purwokerto.
Uno, H. B. dan Koni, S., 2012, Assessment Pembelajaran, Bumi aksara, Jakarta.
Widodo, 2010, Analisis Butir Soal Tes, Jurnal Pendidikan Penabur, No.14/Tahun ke-9/Juni 2010, halaman 58 – 67.
Yusuf, A. M., 2015, Asesmen dan Evaluasi Pendidikan: Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan, Prenadamedia Group, Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Indonesian version:
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.