Pelatihan Menyusun Tes Uji Kompetensi untuk Master Penguji Kursus di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Riyan Arthur, Daryati Daryati, Ahmad Marzuq, Laurika Kusuma Dewi

Abstract


Perubahan berbagai bidang pada era milenial menyebabkan  menyebabkan  pendidikan formal tak lagi sanggup mengikuti tuntutan ini. Kondisi ini menyebabkan  minat masyarakat terhadap pendidikan kursus semakin meningkat. Peningkatan kompetensi berbagai bidang melalui pendidikan kursus harus diimbangi dengan peningkatan kemampuan evaluasi para Master Penguji, terutama dalam menyusun tes uji kompetensi. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyusun tes uji kompetensi bagi master penguji kursus Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) di bawah naungan Direktorat Kursus dan Pelatihan Kemdikbud sebagai upaya dalam memperbaiki tes objektif dan praktik uji kompetensi kursus sehingga dapat meluluskan tenaga kerja siap pakai. Metode yang digunakan dalam pelatihan adalah ceramah, brainstorming, tanya jawab, workshop, penugasan dan demonstrasi langsung. Berdasarkan data yang ada dan setelah dilakukan evaluasi pada dasarnya penguasaan konsep evaluasi, penilaian dan pengukuran master penguji kursus cukup baik dengan rata-rata 76,60 untuk tes teori dan 74, 55 untuk tes praktik, namun masih perlu pembinaan yang berkelanjutan terutama dalam menyusun kalimat pada pokok soal, menyusun pilihan jawaban dan menurunkan indikator menjadi butir yang sesuai.


Keywords


pelatihan; penyusunan tes; uji kompetensi; penguji; kursus

References


Arthur, R. (2018). Evaluasi Program Diklat Karya Tulis Ilmiah untuk Widyaiswara Pusbangtendik Kemdikbud. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(1), 35–48. https://doi.org/10.21831/pep.v22i1.16749

Arthur, R., & Daryati. (2019). A Need Assessment on Competency Certification of Construction Workers in Indonesia. In KnE Social Sciences (Vol. 3, p. 162). https://doi.org/10.18502/kss.v3i12.4082

Baird, K., Gamble, J., & Sidebotham, M. (2016). Assessment of the quality and applicability of an e-portfolio capstone assessment item within a bachelor of midwifery program. Nurse Education in Practice, 20, 11–16. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2016.06.007

Hadi, S. (2018). Evaluasi implementasi kurikulum berbasis kompetensi pada lembaga kursus dan pelatihan (LKP) program otomotif DIY. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2), 267–283. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i2.1036

Hendarmin, H., Kartika, M., & Pebrianti, W. (2018). Pelatihan dan Pendampingan Pengolahan Komoditi Kelapa. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(1), 1–6. Retrieved from http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/JPPM/article/view/1706/1860

Herlinda, S., Hidayat, S., & Djumena, I. (2018). Manajemen Pelatihan Hantaran dalam Meningkatkan Kecakapan Hidup Warga Belajar di Lembaga Kursus dan Pelatihan. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.15294/pls.v1i1.14758

Ibrahim, P. S., Azis, R., & Akolo, I. R. (2019). Pelatihan Pembuatan Vco Untuk Meningkatkan. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(2).

Mansyur, U., & Akidah, I. (2018). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru MTs DDI Padanglampe Kabupaten Pangkep Melalui Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 273–278. https://doi.org/10.30595/jppm.v2i2.2589

Maulana, I., Arthur, R., & Daryati, D. (2019). Kualitas Tes Kompetensi Tukang Aci dan Plesteran Berdasarkan KKNI. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 16(2), 149–158. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v16i2.17141

Prasetyo, M. E., Daryati, D., & Arthur, R. (2019). Quality of the Skill Instrument Install Brick Based on the Indonesian National Qualification Framework (KKNI). Jurnal Taman Vokasi, 7(1), 18–22. https://doi.org/10.30738/jtv.v7i1.4769

Sardi, J., & Pulungan, A. B. (2019). Pelatihan Reparasi dan Perawatan Alat Listrik Rumah Tangga untuk Pemuda Pesisir. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 1–4. Retrieved from http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2396/2428

Schaap, H., Baartman, L., & de Bruijn, E. (2012). Students’ Learning Processes during School-Based Learning and Workplace Learning in Vocational Education: A Review. Vocations and Learning, 5(2), 99–117. https://doi.org/10.1007/s12186-011-9069-2

Sujanto, A. (2016). Pengembangan Kemitraan Lembaga Kursus Dan Pelatihan (LKP) Dengan Dunia Usaha Dan Dunia. Infokam, (1), 59–65.

Yulius, Isran, M., WP, M., & Anugerah, B. (2017). Kebijakan Pengembangan Vokasi di Indonesia 2017-2045. (F. Aritonang & S. Gabriel, Eds.). Jakarta.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v0i0.5605

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347