Pengenalan Aplikasi Berbicara untuk IKABDMS sebagai Pembelajar Bahasa Asing

Dewi Syafitri, Yulfi Yulfi

Abstract


IKABDMS adalah salah satu perkumpulan dari pemilihan pemuda dan pemudi terbaik daerah atau yang dikenal dengan Bujang Dehe Musi Rawas Sempurna. Salah satu kegiatan organisasi ini adalah melakukan promosi daerah (pariwisata/makanan khas/produk kerajinan lokal/budaya dan lain-lain), kegiatan public speaking (menggunakan bahasa Inggris) dan lain-lain. Sebagai organisasi kepemudaan, mereka dituntut untuk cakap dalam berbagai bidang termasuk penggunaan bahasa inggris di tingkat regional, nasional bahkan internasional. Pelatihan ini dilaksanakan karna kurangnya penguasaan bahasa Inggris dan kurang percaya diri terutama speaking skill yang menjadi kendala mereka dalam melaksanakan tugas sebagai duta daerah. Pelatihan speaking ini dilaksanakan dengan menggunakan beberapa aplikasi bahasa Inggris dari smartphone yang dapat membantu mereka berlatih bahasa inggris dengan atau tanpa adanya pendampingan.


Keywords


Aplikasi Speaking; Pelatihan Keterampilan; Pembelajar Bahasa Inggris

References


Barakati, D. P. (2013). Dampak penggunaan smartphone dalam pembelajaran bahasa Inggris. Published thesis: Universitas Samratulangi.

Chered, K. tribunkaltim.co dengan judul Berapa Lama Orang Indonesia Main HP dari Bangun Hingga Beranjak Tidur?, https://kaltim.tribunnews.com/2016/02/27/berapa-lama-orang-indonesia-main-hp-dari-bangun-hingga-beranjak-tidur.

Gillis, G. (2017). How to be a Successful, Effective Communicator. Canada: Mills Street Publishing.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v5i2.6539

Copyright (c) 2022 Dewi Syafitri, Yulfi Yulfi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347