English Breakfast Program: Cara Mudah Pintar Berbahasa Inggris
DOI:
https://doi.org/10.30595/jppm.v5i1.6902Keywords:
Bahasa Inggris, Conversation, English Breakfast Program, PronunciationAbstract
Tujuan dilaksanakan program English Breakfast (EB) untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris melalui pemberian kosa kata bahasa Inggris secara rutin yang nantinya berdampak terhadap hasil belajar siswa khususnya siswa Suntisart Wittaya School, Kabang District, Yala Province, Thailand. Program ini dilaksanakan sebanyak 3-4 kali setiap minggu dengan alokasi waktu 8-9 menit di pagi hari. Tahap-tahap yang dilakukan pada program ini yaitu: perencanaan, persiapan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun metode yang dilakukan dalam pelaksanaan EB yakni tanya jawab antara guru dengan siswa menggunakan berbagai media visual. Program English Breakfast menghasilkan data banyaknya kosa kata yang diberikan pada setiap pertemuan. Selain itu, pengaruh program English Breakfast terhadap pembelajaran juga menghasilkan data rata-rata nilai harian siswa pada mata pelajaran English Conversation setelah pelaksanaan program English Breakfast. Program ini berjalan dengan lancar dan berdampak positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran English Conversation. Jika program ini terus dilaksanakan secara rutin, maka kemampuan bahasa Inggris siswa semakin meningkat. Akibatnya, hasil belajar siswa pada mata pelajaran English Conversation juga menjadi optimal.
References
Astutie, Y. R. E. (2018). Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Kelas VII SMP Negeri I Kota Blitar Melalui Games (Kalender). Jurnal Pendidikan, 2(1), 45–56.
Julia, J., Isrok’atun, I., & Safari, I. (2018). Prosiding Seminar Nasional “Membangun Generasi Emas 2045 yang Berkarakter dan Melek IT” dan Pelatihan “Berpikir Suprarasional.” UPI Sumedang Press. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=h09KDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=info:obnbM6UFbJUJ:scholar.google.com&ots=I-IHT44VIp&sig=fFxIe5yqsFAk0O9OdeXQk8p8shY&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Robertson, J. (2017). Mengawali Kegiatan Belajar di Luar Kelas. https://belajardiluarkelas.org/wp-content/uploads/sites/7/2017/07/MEMULAI-PEMBELAJARAN-DI-LUAR-KELAS.pdf
Sunardi, & Sujadi, I. (2017). Sumber Belajar Calon Peserta PLPG Desain Pembelajaran. https://www.scribd.com/document/354373805/Bab-Viii-Refleksi-Pembelajaran-Dan-Ptk
Utami, I. W. P. (2015). Kemampuan mahasiswa melakukan refleksi dalam pembelajaran sejarah. August, 2–3.
Windarti, & Budiningsih, C. A. (2016). http://journal.uny.ac.id/index.php/jitp. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(1), 106–115.
Yarmi, G., & Atika, V. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Vocabulary Melalui Metode Role Playing Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas Iv Sd Laboratorium Pgsd Fip Unj Jakarta Selatan. Jurnal Ilmiah PGSD, 8(2), 61–67. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Indonesian version:
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.