English Breakfast Program: Cara Mudah Pintar Berbahasa Inggris

Authors

  • Yuli Agustina Universitas Negeri Malang
  • Raqqasyi Rahmatullah Musafir Universitas Negeri Malang
  • Agung Winarto Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.30595/jppm.v5i1.6902

Keywords:

Bahasa Inggris, Conversation, English Breakfast Program, Pronunciation

Abstract

Tujuan dilaksanakan program English Breakfast (EB) untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris melalui pemberian kosa kata bahasa Inggris secara rutin yang nantinya berdampak terhadap hasil belajar siswa khususnya siswa Suntisart Wittaya School, Kabang District, Yala Province, Thailand. Program ini dilaksanakan sebanyak 3-4 kali setiap minggu dengan alokasi waktu 8-9 menit di pagi hari. Tahap-tahap yang dilakukan pada program ini yaitu: perencanaan, persiapan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun metode yang dilakukan dalam pelaksanaan EB yakni tanya jawab antara guru dengan siswa menggunakan berbagai media visual. Program English Breakfast menghasilkan data banyaknya kosa kata yang diberikan pada setiap pertemuan.  Selain itu, pengaruh program English Breakfast terhadap pembelajaran juga menghasilkan data rata-rata nilai harian siswa pada mata pelajaran English Conversation setelah pelaksanaan program English Breakfast. Program ini berjalan dengan lancar dan berdampak positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran English Conversation. Jika program ini terus dilaksanakan secara rutin, maka kemampuan bahasa Inggris siswa semakin meningkat. Akibatnya, hasil belajar siswa pada mata pelajaran English Conversation juga menjadi optimal.

Author Biography

Raqqasyi Rahmatullah Musafir, Universitas Negeri Malang

The Writer is students of Mathematics Department, Mathematics and Natural Science, Universitas Negeri Malang

References

Astutie, Y. R. E. (2018). Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Kelas VII SMP Negeri I Kota Blitar Melalui Games (Kalender). Jurnal Pendidikan, 2(1), 45–56.

Julia, J., Isrok’atun, I., & Safari, I. (2018). Prosiding Seminar Nasional “Membangun Generasi Emas 2045 yang Berkarakter dan Melek IT” dan Pelatihan “Berpikir Suprarasional.” UPI Sumedang Press. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=h09KDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=info:obnbM6UFbJUJ:scholar.google.com&ots=I-IHT44VIp&sig=fFxIe5yqsFAk0O9OdeXQk8p8shY&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Robertson, J. (2017). Mengawali Kegiatan Belajar di Luar Kelas. https://belajardiluarkelas.org/wp-content/uploads/sites/7/2017/07/MEMULAI-PEMBELAJARAN-DI-LUAR-KELAS.pdf

Sunardi, & Sujadi, I. (2017). Sumber Belajar Calon Peserta PLPG Desain Pembelajaran. https://www.scribd.com/document/354373805/Bab-Viii-Refleksi-Pembelajaran-Dan-Ptk

Utami, I. W. P. (2015). Kemampuan mahasiswa melakukan refleksi dalam pembelajaran sejarah. August, 2–3.

Windarti, & Budiningsih, C. A. (2016). http://journal.uny.ac.id/index.php/jitp. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(1), 106–115.

Yarmi, G., & Atika, V. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Vocabulary Melalui Metode Role Playing Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas Iv Sd Laboratorium Pgsd Fip Unj Jakarta Selatan. Jurnal Ilmiah PGSD, 8(2), 61–67. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Downloads

Published

2021-04-14

How to Cite

Agustina, Y., Musafir, R. R., & Winarto, A. (2021). English Breakfast Program: Cara Mudah Pintar Berbahasa Inggris. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 5(1), 33–39. https://doi.org/10.30595/jppm.v5i1.6902

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.