Inovasi Produk Berbasis Desain Digital pada Tenun Kubang di Kabupaten Limapuluh Kota

Authors

  • Ratni Prima Lita Universitas Andalas
  • Meuthia Meuthia Universitas Andalas
  • Sari Surya Universitas Andalas
  • Devi Yulia Rahmi Universitas Andalas

DOI:

https://doi.org/10.30595/jppm.v4i2.7180

Keywords:

Desain, Digital, Tenun Kubang

Abstract

Tenun Kubang merupakan salah satu produk unggulan daerah Kabupaten Liampuluh Kota yang mempunyai keunikan motif. Motif masih dirancang secara manual, sehingga pengrajin membutuhkan waktu yang lama mendesain dan kesulitan berkreasi. Agar pengrajin lebih mudah mendesain motif maka dilakukan kegiatan pengembangan motif melalui desain digital. Mitra dari kegiatan ini adalah Tenun Kubang H.Ridwan By yang berlokasi di Kenagarian Kubang Kabupaten Limapuluh Kota. Tujuan dari kegiatan pengabdian adalah agar pengelola dan pengrajin Tenun Kubang mampu mendesain motif dan warna serta mendapatkan informasi tentang trend mode, dengan menggunakan corel draw dan fotoshop.. Metode yang digunakan adalah metode latihan, praktek dan konsultasi bisnis. Dengan kegiatan ini, mitra mampu mendesai motif secara digital, sehingga produk yang dihasilkan lebih menarik. Kegiatan pengabdian ini sangat penting dilakukan karena inovasi produk yang dilakukan melalui pengembangan motif berbasis digital membuat produk yang dihasilkan lebih diminati oleh konsumen dan meningkatnya variasi produk yang dihasilkan.

Author Biographies

Ratni Prima Lita, Universitas Andalas

Department of Management

Meuthia Meuthia, Universitas Andalas

Department of Management

Sari Surya, Universitas Andalas

Department of  Management

Devi Yulia Rahmi, Universitas Andalas

Department of Management

References

Altuntaş, Gültekin, Fatih Semerciöz, & Hanife Eregez. (2013). Linking Strategic and Market Orientations to Organizational Performance: The Role of Innovation in Private Healthcare Organizations. Procedia-Social and Behavioral Sciences 99: 413–19.

Choi, S. (2014). Learning orientation and market orientation as catalysts for innovation in nonprofit organizations. Nonprofit and Voluntary Sector Quarterly, 43(2), 393–413.

Hussain, Jawad, Fayaz Ali Shah, & Ch Shoaib Akhtar. (2016). Market Orientation and Organizational Performance in Small and Medium Sized Enterprises. A Conceptual Approach. City University Journal 6(1): 166–80.

Laužikas, Mindaugas, & Rasa Mokšeckienė. (2014). The Development of Creative Industries: The Case of Lithuanian Fashion Design Companies.

Lifestyle. (2016). Inacraft 2016: Tenun Kubang Jadi Salah Satu Produk Primadona di Gerai Sumatera Barat, tersedia di: http://lifestyle.bisnis.com/read/20160421/104/540223/inacraft-2016-tenun-kubang-jadi-produk-primadona-di-gerai-sumatera-barat (Diakses pada 28 Juli 2018).

Lita, Ratni Prima, Yeni, YH., & Syahrul L. (2016). Program pelatihan dan konsultasi Bisnis tentang Produksi Bersih dan Laporan Keunagan pada Usaha "Istana Rendang" di Kanagarian Mungka Kabupaten Lima Puluh Kota. Jurnal Warta Pengabdian Andalas (23) 3.

Lita, Ratni Prima, Meuthia, & Ranny Fitriana Faisal. (2017) Pengembangan Model Implementasi Inovasi Usaha Berbasis Market Orientation, Entrepreneurial Orientation, Leadership, dan Culture pada Industri Kreatif. IN Patent. 02 (498)

Lita, Ratni Prima, & Ranny Fitriana Faisal. (2018). SME’s performance of creative industries supporting tourism in indonesia: market orientation, learning orientation and organizational innovativeness as determinants. Academy of Marketing Studies Journal 22 (1).

Lita, Ratni Prima, Meuthia Meuthia, & Ranny Fitriana Faisal. (2018). Model Keterkaitan Market Orientation, Leadership, Organizational Innovation Dan Organizational Performance Pada Industri Kerajinan Di Sumatera Barat. Jurnal Siasat Bisnis 22(1): 38–61.

Luo, X., Zhou, L., & Liu, S. S. (2005). Entrepreneurial firms in the context of China’s transition economy: an integrative framework and empirical examination. Journal of Business Research, 58(3), 277–284.

Martinaityte, Eugenija, & Rusne Kregzdaite. (2015). The Factors of Creative Industries Development in Nowadays Stage. Economics & Sociology 8(1): 55.

Merdeka. 2017, Industri Kreatif Sumbang 7,38 Persen Terhadap PDB Nasional”, tersedia di: https://www.merdeka.com/uang/industri-kreatif-sumbang-738-persen-terhadap-pdb-nasional.html (Diakses pada 29 Juli 2018)

Ramayah, T, Nusrah Samat, & May-Chiun Lo. (2011). Market Orientation, Service Quality and Organizational Performance in Service Organizations in Malaysia. Asia-Pacific Journal of Business Administration 3(1): 8–27.

Sumbartime. (2016). Pengrajin Tenun Makin Langka, Monalisa Irfendi Ajak Generasi Minati Songket Kubang”, tersedia di: http://sumbartime.com./pengrajin-tenun-makin-langka-monalisa-irfendi-ajak-generasi-minati-songket-kubang/ (Diakses pada 28 Juli 2018).

Downloads

Published

2022-01-07

How to Cite

Lita, R. P., Meuthia, M., Surya, S., & Rahmi, D. Y. (2022). Inovasi Produk Berbasis Desain Digital pada Tenun Kubang di Kabupaten Limapuluh Kota. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(2), 345–350. https://doi.org/10.30595/jppm.v4i2.7180

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.