Implementasi Bakteri Asam Laktat untuk Media Pembelajaran Biologi Inovatif
DOI:
https://doi.org/10.30595/jppm.v7i1.9437Keywords:
Bakteri Asam Laktat, Media Pembelajaran, TempoyakAbstract
Minimnya media pembelajaran yang memanfaatkan potensi lokal Kalimantan Barat dalam pembelajaran bioteknologi menyebabkan media pembelajaran hanya terfokus pada buku ajar. Sehingga pembelajaran menjadi kurang inovatif. Guru mengalami kesulitan dalam membuat media pembelajaran karena guru masih kurang pengalaman dan pemahaman tentang penyediaan media pembelajaran. Sehingga perlu dibuat media pembelajaran dengan memanfaatkan potensi lokal Kalimantan Barat yang dapat menunjang proses pembelajaran bioteknologi. Bentuk pelaksanaan program kegiatan pengabdian sebagai wujud realisasi masalah dari beberapa tahapan yaitu Pelatihan pengalihan BAL Tempoyak sebagai media pembelajaran biologi, Pendampingan penyusun sarana pembelajaran implementasi BAL Tempoyak dalam pembuatan yoghurt, dan evaluasi pengabdian. kegiatan . Hasil dari kegiatan pengabdian adalah peningkatan pengetahuan, keterampilan dan kompetensi guru dalam membuat media pembelajaran dengan menggunakan potensi lokal yang dituangkan dalam RPP dan LKPD. Peserta memberikan respon yang positif terhadap kegiatan pengabdian masyarakat dengan proporsi rata-rata yang besar yaitu 75%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan bakteri asam laktat tempoyak untuk media pembelajaran biologi yang inovatif dapat menjadi ide kreatif dan inovatif yang baik untuk membuat perangkat pembelajaran.
References
Chuah, L. O., Shamila-Syuhada, A. K., Liong, M. T., Rosma, A., Thong, K. L., & Rusul, G. (2016). Physio-chemical, microbiological properties of tempoyak and molecular characterisation of lactic acid bacteria isolated from tempoyak. Food Microbiology, 58, 95–104. https://doi.org/10.1016/j.fm.2016.04.002
Harjiyanti, M. D., Pramono, Y. B., & Mulyani, S. (2013). Total Asam, Visikositas, Dan Kesukaan Pada Yoghurt Drink Dengan Sari Buah Mangga (Mangifera Indica) Sebagai Perisa Alami. Indonesian Food Technologist.
Jagantara, I.M.W., Adnyana,P.B., Widiyanti, N.L.P.M. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa SMA. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA. Vol 4.
Leisner, J. J., Vancanneyt, M., Lefebvre, K., Vandemeulebroecke, K., Hoste, B., Euras Vilalta, N., Swings, J. (2002). Lactobacillus durianis sp. nov., isolated from an acid-fermented condiment (tempoyak) in Malaysia. International Journal of Systematic and Evolutionary Microbiology, 52, 927–931.
Widodo, S. 2017. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Lingkungan Sekitar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. 26, 2
Widowati, T. W., Hamzah, B., Wijaya, A., & Pambayun, R. (2013). Enumeration and Identification of Dominant Lactic Acid Bacteria in Indonesian “Tempoyak” During Low Temperature Fermentation.pdf (pp. 9–11).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Indonesian version:
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.