Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Pegawai Terbaik di Rumah Sakit Umum Hidayah Purwokerto Menggunakan Metode TOPSIS

Pandu Priambadha, Hindayati Mustafidah

Abstract


Sistem penilaian pegawai terbaik di Rumah Sakit Umum Hidayah belum terintregasi dan masih sebatas penilaian biasa dalam menilai pegawai yang mendapatkan gaji tambahan setiap bulan berdasarkan penilaian Direktur, sehingga terkesan kurang akurat dan kurang tepat sasaran terhadap pegawai yang diberi bonus tambahan gaji. Tujuan dari penelitian ini ialah membangun sistem pendukung keputusan penilaian pegawai terbaik untuk membantu Direktur dalam menentukan pegawai yang layak menjadi pegawai terbaik dan mendapat bonus gaji tambahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini  adalah metode TOPSIS (Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution). Hasil dari peneltian ini berupa sistem pendukung keputusan penilaian pegawai terbaik di Rumah Sakit Umum Hidayah Purwokerto dengan Metode TOPSIS. Kriteria penilaian yang digunakan berupa kedisiplinan, absensi, tanggung jawab, kerjasama, dan kreatifitas.

                                     

Kata Kunci: Penilaian pegawai terbaik, Sistem Pendukung Keputusan, TOPSIS

References


Priambadha, P., 2016, Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian di Rumah Sakit Umum Hidayah Purwokerto, Laporan Kerja Praktek, Fakultas Teknik, Univeristas Muhammadiyah Purwokerto, Purwokerto.

Mulyanto, A., 2009, Sistem Informasi, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Kusumadewi, S., Hartati, S., Harjoko, A., dan Wardoyo, R., 2006, Fuzzy Multi-Atribute Decision Making (Fuzzy MADM), Graha Ilmu, Yogyakarta.

Budihardjo, M., 2015, Panduan Praktis Penilaian Kinerja Karyawan, Raih Asa Sukses, Jakarta.

Sommerville, I., 2011, Software Enginering 09th Edition, Pearson Education, USA.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/sainteks.v15i2.6309

ISSN: 2686-0546