Analisis Pemanfaatan Website bagi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto
DOI:
https://doi.org/10.30595/sainteks.v15i2.6314Abstract
Website Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) yang beralamat di ump.ac.id merupakan sebuah website yang digunakan oleh civitas akademika khususnya mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pemanfaatan website di UMP dan faktor–faktor apa saja yang mempengaruhi pemanfaatan website. Metode yang digunakan yaitu metode kombinasi (mixed method). Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian dari 154 mahasiswa, sebanyak 63% mahasiswa berpendapat navigasi menu pada website memudahkan mahasiswa dalam mengakses website, 69,5% mahasiswa jarang mengakses website dan 65,5% mahasiswa jarang menggunakan persuratan online. Alasan utama mahasiswa mengakses website yaitu untuk melihat KHS, entri KRS, mencetak kartu ujian, melihat jadwal kuliah dan registrasi.
Â
Kata Kunci : Website, Kuantitatif, Kualitatif, pemanfaatanReferences
Arikunto, S., 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta
Nilasari, S., 2014, Jago Membuat Website Gratis dan Cepat, Dunia Komputer, Jakarta.
Sugiyono, 2010, Metode untuk Penelitian Pendidikan, Alfabeta, Bandung.
Sugiyono, 2011, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Alfabeta,Bandung.
Sulianta, F., 2013, Memberdayakan Konten Website dengan Online Teleport, PT.Elex Media Komputindo, Jakarta.
Taniredja, T. & Mustafidah, H. 2011. Penelitian Kuantitatif (Sebuah Pengantar). Alfabeta, Bandung.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)