HUBUNGAN ANTARA HIPERTENSI ESSENSIAL DENGAN PREMENSTRUAL SYNDROME PADA WANITA DI KELURAHAN PASIR KIDUL PURWOKERTO BARAT KAB. BANYUMAS

Dyah Retnani Basuki, Mustika Ratnaningsih Purbowati

Abstract


Latar Belakang: Mayoritas orang yang menderita hipertensi, menderita hipertensi essensial atau hipertensi primer dan sebagian kecilnya merupakan hipertensi sekunder akibat penyakit lain seperti kerusakan parenkim ginjal atau aldosteronisme primer. Pada hipertensi essensial terjadi peningkatan aktivitas saraf simpatik yang menyebabkan peningkatan sekresi katekolamin kemudian berpengaruh pada kenaikan kadar estrogen. Kadar estrogen tersebut berperan dalam terjadinya stress melalui mekanisme kortisol. Pada stress terjadi penurunan kadar serotonin yang menimbulkan beberapa gejala pada premenstrual syndrome.
Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara hipertensi essensial terhadap timbulnya premenstrual syndrome pada wanita di Kelurahan Pasir Kidul Purwokerto Barat Banyumas.
Metode Penelitian: . Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional yang dilakukan pada bulan April 2014 sampai dengan Mei 2014. Penelitian ini dilakukan terhadap 88 subjek wanita yang diambil secara Purposive sampling, di mana 44 subjek penderita hipertensi essensial dan 44 subjek lainnya non hipertensi essensial yang dijadikan sebagai control. Penelitian yang dilakukan meliputi pengukuran tekanan darah dan berat badan pasien. Data dianalisis dengan menggunakan uji Chi square dengan taraf signifikansi 5% (α = 0,05) kemudian dihitung menggunakan SPSS.
Hasil Penelitian:, Setelah itu dilakukan penghitungan Odds Ratio. Dari hasil analisis Chi Square diketahui bahwa X2 hitung sebesar 11,501. Angka ini lebih besar daripada X2 tabel untuk taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan 1, yaitu sebesar 3,799 (p<0,05). Odds ratio diperoleh sebesar 4,5.
Kesimpulan: Terdapat pengaruh yang signifikan antara hipertensi essensial terhadap timbulnya premenstrual syndrome pada wanita di Kelurahan Pasir Kidul Purwokerto Barat Banyumas.

Keywords


Hipertensi Essensial, Premenstrual Syndrome

Full Text: ##PDF##

DOI: 10.30595/medisains.v13i2.1598

ISSN: 2621-2366