Konseptualisasi Perang Badar sebagai Strategi Bisnis

Authors

  • Idil Rakhmat Susanto Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Tjiptohadi Sawarjuwono Universitas Airlangga

DOI:

https://doi.org/10.30595/islamadina.v22i1.6378

Keywords:

Strategi perang badar, strategi perusahaan, sumber daya, kinerja perusahaan

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menguraikan keterkaitan strategi perang Badar dengan strategi perusahaan. Strategi perang Badar merupakan strategi berbasis sumber daya yang dianggap dapat menjadi landasan bagi perusahaan untuk menerapkan strategi dalam menghadapi persaingan guna meningkatkan kinerja perusahaan. Teori yang digunakan sebagai acuan studi ini adalah Resource Based Theory (RBT) terkait pemanfaatan sumber daya perusahaan. Metode penulisan menggunakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan untuk mencari referensi terkait filosofi perang badar untuk menjelaskan keterkaitannya dengan strategi perusahaan. Hasil dari studi ini menjelaskan bagaimana strategi perang Badar memiliki keterkaitan dan relevansi dengan strategi perusahaan yang berlaku saat ini. Strategi perang badar sangat sesuai jika digunakan sebagai landasan penerapan strategi berbasis sumber daya bagi perusahaan sekalipun perusahaan tersebut memiliki sumber daya yang terbatas. Strategi perang Badar yang dipimpin oleh Rasulullah dapat dijadikan sebagai teladan bagi manajer dalam menerapkan strategi berbasis sumber daya dengan memaksimalkan dan meningkatkan kemampuan sumber daya yang ada serta menempatkan sumber daya tersebut pada posisi yang sesuai dengan kemampuannya masing-masing.

Author Biographies

Idil Rakhmat Susanto, Universitas Muhammadiyah Makassar

Departmen of accounting

Affiliation Rank : 206

Tjiptohadi Sawarjuwono, Universitas Airlangga

Department of accounting

Affiliation Rank: 140

References

Barney, J. (1991). Firm Resources and Sustained Competitive Advantage. Journal of Management, 17(1), 99–120. https://doi.org/10.1177/014920639101700108

Barron, K., & Chou, S. Y. (2017). Toward a spirituality mode of firm sustainability strategic planning processes. Society and Business Review, 12(1), 46–62. https://doi.org/10.1108/sbr-01-2016-0008

Chapman, R., & Andersson, T. (2017). Project strategy for product innovation: the strategic project management framework. International Journal of Project Organisation and Management, 9(4), 328. https://doi.org/10.1504/ijpom.2017.10009330

Chong, V. K., & Chong, K. M. (1997). Strategic choices, environmental uncertainty and SBU performance: A note on the intervening role of management accounting systems. Accounting and Business Research, 27(4), 268–276.

Collins, C. J. (2020). Expanding the resource based view model of strategic human resource management. International Journal of Human Resource Management, 0(0), 1–28. https://doi.org/10.1080/09585192.2019.1711442

Collis, D. J., & Montgomery, C. A. (1995). Corporate Strategy. In McGraw-Hill (Vol. 16, Issue 1). McGraw-Hill.

Grimmer, L., Miles, M. P., Byrom, J., & Grimmer, M. (2017). The Impact of Resources and Strategic Orientation on Small Retail Firm Performance. Journal of Small Business Management, 55(February 2018), 7–26. https://doi.org/10.1111/jsbm.12368

Ittner, C. D., Larcker, D. F., & Randall, T. (2003). Performance implications of strategic performance measurement in financial services firms. Accounting, Organizations and Society, 28(7–8), 715–741.

Lorenzo, J. R. F., Rubio, M. T. M., & Garcés, S. A. (2018). The competitive advantage in business, capabilities and strategy. What general performance factors are found in the Spanish wine industry? Wine Economics and Policy, 7(2), 94–108. https://doi.org/10.1016/j.wep.2018.04.001

Lu, L. H., & Huang, Y. F. (2019). Manufacturing strategy, organizational slack, and the formation of interfirm linkages. Chinese Management Studies, 13(1), 70–92. https://doi.org/10.1108/CMS-08-2017-0238

Miles, R. E., Snow, C. C., Meyer, A. D., & Coleman, H. J. (1978). Organizational Strategy , Structure , and Process. Academy of Management Review, 3(3), 546–562.

Murtadho, A. (2017). Strategi Pembangunan Ekonomi Yang Islami Menurut Fahim Khan. Economica: Jurnal Ekonomi Islam, 7(2), 1.

Parnell, J., & Brady, M. (2019). Capabilities, strategies and firm performance in the United Kingdom. Journal of Strategy and Management, 12(1), 153–172. https://doi.org/10.1108/JSMA-10-2018-0107

Pasch, T. (2019). Strategy and innovation: the mediating role of management accountants and management accounting systems’ use. Journal of Management Control, 30(2), 213–246.

Porter, M. E. (1985). Competitive Advantage. The Free Press, New York.

Saepudin, E., & Cahyani, P. D. (2016). Strategi Mempersempit Ruang Gerak Rentenir Melalui Kelompok Masyarakat Berbasis Modal Sosial (Studi Kasus di Kampung Rahayu Purwokerto). ISLAMADINA. https://doi.org/10.30595/ISLAMADINA.V0I0.1326

Saepudin, E., & Mukarromah, S. (2018). Strategi Pemasaran Perbankan Syariah di Banyumas. ISLAMADINA. https://doi.org/10.30595/islamadina.v19i2.3449

Sawarjuwono, T. (1997). Memahami Akuntansi Dalam Konteks Dimana Ia Diterapkan: Pendekatan Paradigma Bahasa. Jurnal Akuntansi Dan Auditing Indonesia, 1(1), 81–96.

Stede, W. A. Van der, Chow, C. W., & Lin, T. W. (2006). Strategy, Choice of Performance Measures, and Performance. Behavioral Research in Accounting, 18(1), 185–205.

Wilden, R., & Gudergan, S. (2017). Service-dominant orientation, dynamic capabilities and firm performance. Journal of Service Theory and Practice, 27(4), 808–832. https://doi.org/10.1108/JSTP-04-2016-0077

Xiu, L., Liang, X., Chen, Z., & Xu, W. (2017). Strategic flexibility, innovative HR practices, and firm performance: A moderated mediation model. Personnel Review, 46(7), 1335–1357. https://doi.org/10.1108/PR-09-2016-0252.

Downloads

Published

2021-04-18

How to Cite

Susanto, I. R., & Sawarjuwono, T. (2021). Konseptualisasi Perang Badar sebagai Strategi Bisnis. Islamadina : Jurnal Pemikiran Islam, 22(1), 63–80. https://doi.org/10.30595/islamadina.v22i1.6378

Issue

Section

Artikel

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.