Pengoptimalan Pemasaran Melalui Media Digital pada Usaha Homemade Produh Organik di Desa Padangsambian Klod
DOI:
https://doi.org/10.30595/jppm.v7i2.10076Keywords:
Media Digital, Pemasaran, Usaha HomemadeAbstract
Pandemi Covid-19 memiliki dampak besar terhadap segala aspek dan sektor di kehidupan masyarakat terutama pada sektor ekonomi. Banyak masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19 ini seperti Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan dirumahkan, kemudian mereka beralih membuka usaha sendiri untuk melangsungkan kehidupannya. Salah satunya Di Desa Padangsambian Klod, Denpasar Barat terdapat usaha homemade produk organik berupa masker wajah, sabun, dan lilin aromaterapi. Dizaman sekarang, penggunaan media digital sebagai tempat penjualan masih belum optimal pada usaha ini. Menyebabkan terjadinya kendala pada pemasaran produk. Dengan hal tersebut mendorong penulis untuk memberikan edukasi dan pemahaman bagaimana pengoptimalan pengelolaan pemasaran melalui media digital. Metode yang dilakukan yaitu memberikan pengetahuan, edukasi, dan pemahaman serta pendampingan tentang pemasaran pada media digital. Dari kegiatan tersebut dapat memperoleh hasil peningkatan pemasaran melalui media digital yang dapat meningkatkan keuntungan penjualan bagi usaha.
References
Ahmadi, Candra dan Dadang Hermawan. 2013. E-Business & E-commerce. Yogyakarta : Penerbit ANDI.
Dedy Harto, Sulistya Rini Pratiwi, Mohamad Nur Utomo, Meylin Rahmawati. 2019. Penerapan Internet Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada UMKM. JPPM : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Volume 3.
Dhini Ardianti, Winne Wardiani, Latifah Adnani. 2018. PKM Pemasaran Online Pada Usaha Sabun Herbal di Kota Bandung. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat.
Fitri Kurniasari, Nila Darmayanti, Santi Dwi Astuti. 2017. Pemanfaatan Aromaterapi Pada Berbagai Produk (Parfum Solid, Lipbalm, dan Lilin Anti Nyamuk). Dimas Budi : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, Vol.1.
Maulidasari, Cut Devi dan Rusma Setiyani. 2020. Sosialisasi Digital Marketing pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar.
Nasrullah, Dede Hidayatullah, Achmad Unggul WP, Satria ., 2016. Pendampingan E- Commerce dan Pendidikan di Cerme Kecamatan Ngimbang Lamongan. AKSIOLOGIYA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1.
Zainal Abidin Achmad, Thareq Zendo Azhari, Wildan Naufal Esfandiar, Nafila Nuryaningrum, Anisah Farah Dhilah Syifana, Indah Cahyaningrum. 2020. Pemanfataan Media Sosial Dalam Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi Volume 10.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Indonesian version:
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.