Peningkatan Literasi Media Konvergensi Melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat di Yayasan Sosial Diyaul Hag Surabaya

Jokhanan Kristiyono, Shefitya Pramiswari, Farhan Dwy Tunggal, M Irfan Nurdiansyah, Moch Irfan, M Faisal Dhani

Abstract


Artikel ini menggambarkan program pengabdian masyarakat dari kegiatan kuliah kerja lapangan berbasis riset.. Subyek dari pengabdian masyarakat ini adalah Yayasan sosial diyaul haq terletak di Jalan Bulak Banteng Lor Bhineka 8 No.3, Kecamatan Kenjeran, Surabaya. Kegiatan kuliah kerja lapangan ini diawali dengan riset lapangan . Subjek dan objek penelitian adalah seluruh pembina yayasan diyaul haq dan anak binaan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pendekatan kualitatif dipilih oleh penulis karena penulis ingin memfokuskan penelitian pada prinsip-prinsip umum yang mendasari perwujudan sebuah makna dari gejala-gejala yang ada di masyarakat dengan adanya perkembangan teknologi dan komunikasi. Salah satu Yayasan lingkup perkumpulan orang yang berguna bagi masyarakat harus bisa mengimbangi dan mengajarkan hal yang positif disekitarnya, Yayasan Diyaul Haq merupakan salah satu Program pengabdian masyarakat dengan mengangkat tema “Peningkatan Pemahaman Teknologi Informasi Media Konvergensi Melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat Di Yayasan Sosial Diyaul Hag Surabaya” dengan tujuan untuk memahami teknologi informasi di bidang media agar kedepanya bisa bermanfaat bagi Yayasan maupun lingkungan sekitar. Berdasarkan hasil dan pembahasan terhadap “program peningkatan” dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini mampu meningkatkan pengetahuan yayasan dan anak didik yayasan tentang pentingnya memahami komunikasi new media di era sekarang. Kegiatan ini pula memberikan skill tambahan terhadap yayasan untuk dapat lebih professional melaporkan kegiatan kepada donatur secara menarik.


Keywords


Literasi; Konvrgensi Media; Berbasis Riset; Diyatul Hag Surabaya

References


Castells, M. (2010). The Rise of the Network Society. Massachusetts: Blackwell Publishing. https://doi.org/10.2307/1252090

Faradisa, I. S., & Wahyani, W. (2021). Pelatihan Pengisian Konten Website bagi Karang Taruna di Lingkungan Kelurahan Kauman. Prapanca: Jurnal Abdimas, 1(1), 69–76.

Flick, U. (2015). Introducing research methodology: A beginner’s guide to doing a research project.

Ida, R. (2014). Metode Penelitian: Studi Media dan Kajian Budaya. Kencana.

Jenkins, H. (2004). The cultural logic of media convergence. International Journal of Cultural Studies, 7(1), 33–43.

Kristiyono, J. (2017). BUDAYA INTERNET: PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM MENDUKUNG PENGGUNAAN MEDIA DI MASYARAKAT. Scriptura. https://doi.org/10.9744/scriptura.5.1.23-30

Lugmayr, A., & Dal Zotto, C. (2015). Media Convergence Handbook-Vol. 1 & 2. Springer.

Lusianai, W. O., Surimi, L., Nurfikria, I., Jabar, A. S., Idrus, S. H., & Amin, H. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Pengisian Konten Kelas Virtual Berbasis Web Blog. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(2), 221–230.

Nurhayati, S., Wahyuningsih, T., Alim, C. N., Khristianto, K., Pujiyatno, A., & Rakhmawati, F. (2021). Peningkatan Keterampilan Pembelajaran Daring untuk Guru Taman Kanak-Kanak. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 5(1), 49–54.

Sakti, E. M. S., Suryani, F., Sari, Y., Suhandono, E., & Suwarno, M. A. (2020). Tatanan Normal Baru di Masa Pandemic Covid-19 Dengan Literasi Digital.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v7i2.11172

Copyright (c) 2023 Jokhanan Kristiyono, Shefitya Pramiswari, Farhan Dwy Tunggal, M Irfan Nurdiansyah, Moch Irfan, M Faisal Dhani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347