Sesi Berbagi untuk Mengurangi Tekanan Psikologis Mahasiswa Karena Perkuliahan Daring

Diah Sastaviana, Ria Sakinah Waji

Abstract


Indonesia dan seluruh dunia kini sedang dalam krisis akibat pandemik coronavirus disease-19 (Covid-19). Pandemik ini berdampak pada seluruh aspek kehidupan yang berakibat perubahan tatanan hidup di masyarakat salah satunya penerapan belajar dari rumah. Permasalahan yang dialami mahasiswa selama menjalani proses belajar dari rumah yaitu tekanan psikologis akibat perkuliahan daring yang mengakibatkan stres pada mahasiswa. Untuk mengurangi tekanan psikologis akibat perkuliahan daring yaitu dengan melaksanakan kegiatan sesi berbagi (sesi berbagi). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan solusi terhadap permasalahan mahasiswa terkait perkualiahan daring serta memperoleh kesempatan untuk belajar dari mahasiswa lainnya yang memiliki pengetahuan, pengalaman maupun keahlian yang dibutuhkan serta dapat memberikan semangat dan motivasi pada mahasiswa. Sesi berbagi ini dilakukan secara online dengan menggunakan platform zoom. Pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari beberapa tahapan mulai dari persiapan, pendaftaran peserta, pelaksanaan sesi berbagi dan evaluasi. Hasil dari sesi berbagi ini adalah peserta puas dengan penyampaian materi dari pemateri dan mahasiswa merasakan beban selama perkuliaham daring berkurang setelah mengikuti kegiatan ini.


Keywords


Sesi Berbagi; Perkuliahan Daring; Coronavirus disease-19

References


Andrew, A., Cattan, S., Costa-Dias, M., Farquharson, C., Kraftman, L., Krutikova, S., Phimister, A., & Sevilla, A. (2020). Learning during the lockdown: real-time data on children’s experiences during home learning. Diakses dari https://www.ifs.org.uk/uploads/BN288-Learning-during-the-lockdown-1.pdf pada tanggal 20 Juli 2020.

Arnani, M. (2020, 12 Maret). Timeline wabah virus corona, terdeteksi pada Desember 2019 hingga jadi pandemi global. Diakses dari https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/12/113008565/timeline-wabah-virus-corona-terdeteksi-pada-desember-2019-hingga-jadi pada tanggal 3 Juni 2020

Badlishah, S. & Majid, A. H. (2015). Collaborative learning via sharing session towards achieving effectiveness in negotiation education. Journal of business and social review in emerging economies. 1(2). 61. DOI: 10.26710/jbsee.v1i2.8

Brazendale, K., et al. (2017) ‘Understanding differences between summer vs. school obesogenic behaviors of children: The structured days hypothesis’, International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, 14. https://doi.org/10.1186/s12966-017-0555-2

Brooks, S. K., Webster, R. K., Smith, L. E., Woodland, L., Wessely, S., Greenberg, N., & Rubin, G.J., 2020. The psychological impact of quarantine and how to reduce it: rapid review of the evidence. The Lancet. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(20)30460-8

Datt, P., & Washington, A. (2015). Impact of stress on work performance and career development-application of Herzberg’s theory for handling stress effectively. International Journal of Education and Research. Vol. 3, No. 6. ISSN: 2411-5681

Ihsanuddin. (2020, 16 Maret). Jokowi: Kerja dari rumah, Belajar dari rumah, ibadah di rumah perlu digencarkan. Diakses dari https://nasional.kompas.com/read/2020/03/16/15454571/jokowi-kerja-dari-rumah-belajar-dari-rumah-ibadah-di-rumah-perlu-digencarkan pada tanggal 3 Juni 2020.

Jannah, S. M. (2020, 20 Maret). Segudang masalah belajar dari rumah karena corona covid-19. Diakses dari https://tirto.id/segudang-masalah-belajar-dari-rumah-karena-corona-covid-19-eGqQ pada tanggal 3 Juni 2020.

Job-like Magazine (2020, 23 Januari). Knowledge Sharing Session: Berbagi Pengetahuan di Tempat Kerja. Diakses dari https://magazine.job-like.com/manfaat-knowledge-sharing-session-di-kantor/ / pada tanggal 15 Mei 2020

Kualita Pendidikan Indonesia. (2020, 17 April). Dampak positif pembelajaran daring. Diakses dari https://www.kpi-indonesia.org/dampak-positif-pembelajaran-daring/ pada tanggal 3 Juni 2020

Merdeka.com (2020, 22 April). Keluhan Mahasiswa Selama Belajar via Daring: Kouta Internet Hingga Biaya Kuliah. Diakses dari https://www.merdeka.com/peristiwa/ keluhan-mahasiswa-selama-belajar-via-daring-kouta-internet-hingga-biaya-kuliah.html/ pada tanggal 15 Mei 2020

Muda.Kompas (2020, 5 Mei). Keluhan Mahasiswa Mengenai Kuliah Secara Daring. Diakses dari https://muda.kompas.id/baca/2020/05/05/keluhan-mahasiswa-mengenai-kuliah-secara-daring/ pada tanggal 15 Mei 2020

Pratiwi, Y. (2017). Belajar dari Teman Sendiri? Buat Sharing Session di Kantor Anda!. Diakses dari https://www.femina.co.id/career/belajar-dari-teman-sendiri-buat-sharing-session-di-kantor-anda- pada tanggal 20 Mei 2020.

Santrock, J, W. (2011). Life – Span Development : Perkembangan Masa Hidup, Edisi 13, Jilid II. Jakarta : Erlangga

Taylor, S. (2019). The psychology of pandemics: Preparimg for the next global outbreak of infectious disease. Newcastle: Cambridge Scholars Publishing

World Health Organization. (2010). What is a pandemic? Diakses dari http://www.who.int/ csr /disease/ swine flu/frequently _asked_questions/pandemic/en/, pada tanggal 3 Juni 2020.

World Health Organization. (2020). Coronavirus disease (COVID-19) pandemic. Diakses dari https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019 pada tanggal 3 Juni 2020

Yulianingrum, N. S., & Septiadi, B. (2020, 16 April). Keterbatasan fasilitas jadi kendala school from home. Diakses dari https://radarsemarang.jawapos.com/berita/jateng/pekalongan/2020/04/16/keterbatasan-fasilitas-jadi-kendala-school-from-home/ pada tanggal 3 Juni 2020.Nuryati, A., & Indati, A. (1993). Faktor-faktor yang memengaruhi prestasi belajar. Naskah tidak dipublikasikan, Fakultas Psikologi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v7i2.11183

Copyright (c) 2023 Diah Sastaviana, Ria Sakinah Waji

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347