Inovasi Media English Fun Learning Melalui Permainan Ular Tangga untuk Siswa SDN 01 Jambesari
DOI:
https://doi.org/10.30595/jppm.v7i2.11242Keywords:
English Fun Learning, Ular TanggaAbstract
Di era globalisasi yang serba modern masih saja adanya minim media belajar mengajar, khususnya di SDN 01 Desa Jambesari pada mata pelajaran bahasa Inggris. Guru terpaku pada modul / buku paket saja yang membuat pembelajaran bahasa Inggris terasa sulit dan membosankan. Salah satu cara agar belajar bahasa Inggris menjadi menyenangkan yaitu dengan belajar sambil bermain. Metode yang digunakan pada pengabdian ini adalah metode advokasi yang berupa pendampingan kepada kelompok anak-anak SD di Desa Jambesari. Tujuan dari media permainan ular tangga ini agar menambah media pembelajaran serta memberikan suasana baru bagi peserta didik dalam proses belajar. Media permainan ular tangga dapat digunakan untuk pelajaran bahasa Inggris di kelas 4, 5 dan 6Â SD. Selain itu media permainan ular tangga pada pembelajaran bahasa Inggris juga efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik serta memberikan variasi model pembelajaran.
References
Juliarta, I. Made, and I. Gede Nika Wirawan. 2021. “Pelatihan Bahasa Inggris Dasar Bagi Warga Babakan Canggu, Badung-Bali.” GLOBAL ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(1):74–79.
Kumala, Dina Ratna, Zaidatur Rohmah, and Muhammad Kris Yuan Hidayatulloh. 2020. “Pendampingan Belajar Menggunakan Media Ular Tangga Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa SD Di Bandarkedungmulyo.” Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(1):44–47.
Lestari, Asti Ramadhani Endah. 2018. “Efektifitas Pelatihan Listening for Fun Learning Untuk Guru TK.” Jurnal PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat) 1(02):87–91.
Maduwu, Byslina. 2016. “Pentingnya Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah.” Warta Dharmawangsa (50).
Nawafilah, Nur Qomariyah, and Masruroh Masruroh. 2020. “Pengembangan Alat Permainan Edukatif Ular Tangga Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Kelas III SDN Guminingrejo Tikung Lamongan.” Jurnal Abdimas Berdaya: Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan Dan Pengabdian Masyarakat 3(01):37–46.
Nurmala, Dewi, and Juli Yanti Harahap. 2018. “PELATIHAN BAHASA INGGRIS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ULAR TANGGA DENGAN TEMA GO GREEN.” Pp. 46–50 in PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENGABDIAN. Vol. 1.
Pertiwi, Veronika Febriana Dian. 2018. “PERBEDAAN PENGGUNAAN METODE CERAMAH DAN METODE PERMAINAN ULAR TANGGA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA SEKOLAH DASAR.” PhD Thesis, Unika Soegijapranata Semarang.
Priyastuti, Maria Theresia, Mike Resanti, and Guido Shyantica Yoga. 2020. “Peningkatan Kosakata Bahasa Inggris Dengan Media Ular Tangga Bagi Siswa SD Antonius 2 Semarang.” ABDIMASKU: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT 3(2):72–78.
Siming, Muh Sauki Maulana, NurAzizah Sulhak Liwang, Ridha Kusumawardhani, Nur Azizah Dikastuti, Zulkifli Zulkifli, and Syamsidah Syamsidah. 2021. “Pentingnya Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini Di Kelurahan Mangasa.” Journal Lepa-Lepa Open 1(1):30–33.
Susanthi, I. Gusti Ayu Agung Dian. 2021. “Kendala Dalam Belajar Bahasa Inggris Dan Cara Mengatasinya.” Linguistic Community Services Journal 1(2):64–70.
Wangge, Yuliani Sepe, and Nining Sariyyah. 2019. “Permainan Ular Tangga Berbasis Cerita Rakyat Ende-Lio Untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris.” JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA 4(2):164–70.
Suratno. 2005. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Indonesian version:
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.