Inovasi Media English Fun Learning Melalui Permainan Ular Tangga untuk Siswa SDN 01 Jambesari

Yuniawatika Yuniawatika, Wandini Ajeng Nur Febrianti, Muhammad Atoillah

Abstract


Di era globalisasi yang serba modern masih saja adanya minim media belajar mengajar, khususnya di SDN 01 Desa Jambesari pada mata pelajaran bahasa Inggris. Guru terpaku pada modul / buku paket saja yang membuat pembelajaran bahasa Inggris terasa sulit dan membosankan. Salah satu cara agar belajar bahasa Inggris menjadi menyenangkan yaitu dengan belajar sambil bermain. Metode yang digunakan pada pengabdian ini adalah metode advokasi yang berupa pendampingan kepada kelompok anak-anak SD di Desa Jambesari. Tujuan dari media permainan ular tangga ini agar menambah media pembelajaran serta memberikan suasana baru bagi peserta didik dalam proses belajar. Media permainan ular tangga dapat digunakan untuk pelajaran bahasa Inggris di kelas 4, 5 dan 6  SD. Selain itu media permainan ular tangga pada pembelajaran bahasa Inggris juga efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik serta memberikan variasi model pembelajaran.


Keywords


English Fun Learning; Ular Tangga

References


Juliarta, I. Made, and I. Gede Nika Wirawan. 2021. “Pelatihan Bahasa Inggris Dasar Bagi Warga Babakan Canggu, Badung-Bali.” GLOBAL ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(1):74–79.

Kumala, Dina Ratna, Zaidatur Rohmah, and Muhammad Kris Yuan Hidayatulloh. 2020. “Pendampingan Belajar Menggunakan Media Ular Tangga Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa SD Di Bandarkedungmulyo.” Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(1):44–47.

Lestari, Asti Ramadhani Endah. 2018. “Efektifitas Pelatihan Listening for Fun Learning Untuk Guru TK.” Jurnal PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat) 1(02):87–91.

Maduwu, Byslina. 2016. “Pentingnya Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah.” Warta Dharmawangsa (50).

Nawafilah, Nur Qomariyah, and Masruroh Masruroh. 2020. “Pengembangan Alat Permainan Edukatif Ular Tangga Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Kelas III SDN Guminingrejo Tikung Lamongan.” Jurnal Abdimas Berdaya: Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan Dan Pengabdian Masyarakat 3(01):37–46.

Nurmala, Dewi, and Juli Yanti Harahap. 2018. “PELATIHAN BAHASA INGGRIS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ULAR TANGGA DENGAN TEMA GO GREEN.” Pp. 46–50 in PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENGABDIAN. Vol. 1.

Pertiwi, Veronika Febriana Dian. 2018. “PERBEDAAN PENGGUNAAN METODE CERAMAH DAN METODE PERMAINAN ULAR TANGGA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA SEKOLAH DASAR.” PhD Thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

Priyastuti, Maria Theresia, Mike Resanti, and Guido Shyantica Yoga. 2020. “Peningkatan Kosakata Bahasa Inggris Dengan Media Ular Tangga Bagi Siswa SD Antonius 2 Semarang.” ABDIMASKU: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT 3(2):72–78.

Siming, Muh Sauki Maulana, NurAzizah Sulhak Liwang, Ridha Kusumawardhani, Nur Azizah Dikastuti, Zulkifli Zulkifli, and Syamsidah Syamsidah. 2021. “Pentingnya Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini Di Kelurahan Mangasa.” Journal Lepa-Lepa Open 1(1):30–33.

Susanthi, I. Gusti Ayu Agung Dian. 2021. “Kendala Dalam Belajar Bahasa Inggris Dan Cara Mengatasinya.” Linguistic Community Services Journal 1(2):64–70.

Wangge, Yuliani Sepe, and Nining Sariyyah. 2019. “Permainan Ular Tangga Berbasis Cerita Rakyat Ende-Lio Untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris.” JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA 4(2):164–70.

Suratno. 2005. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v7i2.11242

Copyright (c) 2023 Yuniawatika Yuniawatika, Wandini Ajeng Nur Febrianti, Muhammad Atoillah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347