Pemanfaatan Media Sosial dan Packaging Strategy untuk Meningkatkan Pemasaran Manisan Kelapa

Authors

  • Nurmasyitah Nurmasyitah Universitas Samudra
  • Hasby Hasby Universitas Samudra
  • Seprianto Seprianto Universitas Samudra

DOI:

https://doi.org/10.30595/jppm.v7i2.11591

Keywords:

Sosial Media, Packaging Strategy, Manisan Kelapa

Abstract

Usaha Manisan Kelapa ALFIS merupakan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada di Desa Simpang Lhee Kota Langsa. Belum adanya kompetitor untuk usaha ini di Kota langsa, menjadikan usaha ini memiliki prospek yang menjanjikan. Namun, pengemasan (packaging), varian rasa, dan proses pemasaran produk membutuhkan inovasi. Tujuan Kegiatan Pengabdian ini  adalah, 1) Tersedianya varian rasa baru yang enak dan sehat 2) Tersedianya produk manisan kelapa dengan kemasan yang menarik, 2) Terciptanya e-marketing dalam bentuk sosial media, sebagai sarana pemasaran produk manisan kelapa. Metode yang dilakukan untuk mencapai tujuan kegiatan pengabdian ini yaitu, 1) Penambahan varian rasa pada produk olahan manisan kelapa, 2) Pendampingan pelatihan inovasi pengemasan (packaging strategy) untuk menghasilkan produk yang menarik,, dan 3) Pemanfaatan media sosial untuk meningkatkan volume penjualan. Mitra dari kegiatan pengabdian ini adalah UKM Manisan Kelapa Alfis yang terletak di Gampong Simpang Lhee Kecamatan Langsa Barat Kota Langsa, Aceh. Target dan hasil yang tercapai dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah, formulasi varian rasa baru yang dapat diterima oleh masyarakat milenial. Packagig Strategy mendukung usaha pemasaran produk manisan kelapa yang profitable serta memiliki daya saing. Terciptanya e-marketing dalam bentuk sosial media  dalam kegiatan pengabdian ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan volume penjualan produk manisan kelapa ini. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini merupakan wujud berkontribusi dan implementasi manajemen usaha yang baik bagi UKM Manisan Kelapa Alfis sebagai mitra. Akhirnya kegiatan PKM ini menciptakan produk lokal yang terbaik dan dapat dijadikan oleh-oleh Kota Langsa yang laris dan bertahan eksistensinya baik dipasar tradisional, minimarket, maupun pasar online.

Author Biographies

Nurmasyitah Nurmasyitah, Universitas Samudra

Program Studi Pendidikan Fisika

Hasby Hasby, Universitas Samudra

Program Studi Pendidikan Kimia

Seprianto Seprianto, Universitas Samudra

Program Studi Pendidikan Kimia

References

Amalia, R. M., Saleha, A., & Ardiati, R. L. (2021). Edukasi Pemasaran Varian Makanan Berbahan Dasar Ubi Di Desa Sayang, Kecamatan Jatinangor. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 4(2), 429-438. https://doi.org/10.29407/ja.v4i2.14498

Antari, N. N. W., & Wulandari, R. (2019). Penguatan Identitas Melalui Branding Kemasan dan Diversifikasi Produk Usaha Comel. Studi Kasus Inovasi Ekonomi, 3(01). 5-12. https://doi.org/10.22219/skie.v3i01.7805

Ariani, A., & Utomo, M. N. (2017). Kajian strategi pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di kota tarakan. Jurnal Organisasi dan Manajemen, 13(2), 99-118. https://doi.org/10.33830/jom.v13i2.55.2017

Balik, D., Tuhuteru, J., & Joseph, C. N. (2020). Implementasi Packaging Strategy Guna Meningkatkan Daya Saing Usaha Kue Tradisional Berbahan Baku Sagu. MAREN: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 11-17.

Desiani, A., Irmeilyana, I., Putri, A. I., Yuniar, E., Calista, N. A., Makhalli, S., & Amran, A. (2021). Pemanfaatan marketplace shopee sebagai strategi untuk meningkatkan pemasaran kain songket. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(2), 209-219. http://dx.doi.org/10.33474/jipemas.v4i2.9222

Immanuel, D. M. (2019). Pembelajaran Online Marketing Pada Program Kewirausahaan Pemberdayaan Wanita Desa Kesamben Wetan Gresik. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 5(2), 149-159. https://doi.org/10.32528/jpmi.v5i2.2939

Sigit, H. T., & Muttaqien, Z. (2020). Peningkatan Pengetahuan Inovasi Dalam Proses Produksi dan Pemasaran bagi Pelaku Usaha Kuliner Serabi di Desa Panyaungan Jaya Kecamatan Ciomas. BANTENESE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 62-70. https://doi.org/10.30656/ps2pm.v2i1.2282

Susilawati, D., & Rachmawati, P. (2020). Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani (KWT): Pengolahan Jagung di Dusun Karangnongko Desa Ngloro Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunung Kidul. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 157-162. http://dx.doi.org/10.30595/jppm.v0i0.4633

Zen, Z. H., Satriardi, S., Dermawan, D., Anggraini, D. A., & Yul, F. A. (2017). Pelatihan Desain Kemasan Produk UMKM Di Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar. Jurnal Pengabdian Untukmu Negeri, 1(2), 12-15. https://doi.org/10.37859/jpumri.v1i2.225

Downloads

Published

2023-09-25

How to Cite

Nurmasyitah, N., Hasby, H., & Seprianto, S. (2023). Pemanfaatan Media Sosial dan Packaging Strategy untuk Meningkatkan Pemasaran Manisan Kelapa. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 7(2), 411–416. https://doi.org/10.30595/jppm.v7i2.11591

Similar Articles

<< < > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.