Penerapan Internet Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada UMKM
DOI:
https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3033Keywords:
Aspek Pemasaran, Manajemen Bisnis, Pendekatan Teknologi, UMKMAbstract
Usaha Mikro Kecil dan Menengah mempunyai peranan yang cukup besar bagi kesejahteraan masyarakat. Sector ini mampu menyerap tenaga kerja cukup besar dan memberi peluang bagi UMKM untuk berkembang dan bersaing dengan perusahaan yang lebih cenderung menggunakan modal besar (capital intensive). Tujuan kegiatan ini adalah memperbaiki aspek manajemen pemasaran yang berdampak pada peningkatan penjualan. Mitra kegiatan ini adalah Kelompok Usaha Makanan Ringan Di Kota Tarakan meliputi Usaha Mikro Bude Ramdan Usaha Mikro Ar-Raihan. Permasalahan utama kedua mitra adalah mitra tidak terlalu fokus pada pengelolaan pemasaran lebih mengandalkan system pemasaran yang masih konvensional seperti system pemesanan barang, penitipan pada toko terdekat, serta penjualan di toko sendiri yang posisinya tidak terlalu strategis sehingga menyebabkan penjualan produk yang stagnan. Permasalahan mitra diatasi melalui penerapan manajemen dan teknik pemasaran produk mitra dengan menggunakan media internet (online). Berdasarkan hasil kegiatan diperoleh: 1) terdapat peningkatan pemahaman pentingnya teknologi terhadap usaha; 2) meningkatnya kemampuan dalam pengelolaan teknologi internet; 3) peningkatan dalam penyerapan pasar; 4) Peningkatan kemampuan komunikasi bagi mitra dalam mengelola website dan Social Media Marketing, yaitu kemampuan mitra mengkomunikasikan produk dan merk produk sehingga memiliki daftar pelanggan tetap pada website yang berpotensi melakukan pembelian produk secara berkelanjutan.References
Datta, Palto R.et.al. (2005). Viral Marketing: New Form of Word-of-Mouth through Internet. The Business Review, 3(2)
Kosasi, S. (2014). Pembuatan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Untuk Memperluas Pangsa Pasar. Prosiding SNATIF Ke-1 Tahun 2014. Fakultas Teknik – Universitas Muria Kudus, 225-232.
Kotler, P., dan K. L. College.(2009). Manajemen Pemasaran (Edisi Bahasa Indonesia). E. K. B. J. 1. Indonesia: Indeks.
Kuncoro, M. (2007). Ekonomi Industri Indonesia: Menuju Negara Industri Baru 2030. Yogyakarta: Andi.
Kuncoro, M., dan A. Abimamyu. (1995). Struktur Dan Kinerja Industry Indonesia Dalam Era Deregulasi Dan Debirokratisasi. Kelola (Gadjah Mada University Business Review), 4 (10).
Mujiyana, L. Sularto, dan M. A. Mukhyi. (2012). Pengaruh Penerapan Periklanan DI Internet dan Pemasaran Melalui E-mail Produk UMKM dI Wilayah Depok. Jurnal TI Undip, 7 (3),161-168.
Pearce, J.A., Robinson, R.B. (2013). Strategic Management : Formulation, Implementation, and Control Manajemen Strategis (12th ed). Jakarta: Salemba Empat
Reimers, V., C. W. Chao, dan S. Gorman. (2016). Permission email marketing and its influence on online shopping. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 28 (2), 308 -322.
Sagan, C., & Leighton, T. 2010. The Internet and The Future of News. American Study of Arts and Sciences 139 (2), 119-125.
Sudaryanto, dan A. Hanim. (2002). Evaluasi Kesiapan UKM Menyongsong Pasar Bebas Asean (AFTA) : Analisis Perspektif dan Tinjauan Teoritis. Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Manajemen, 1 (2).
Supriyanto. (2004). Pemberdayaan Teknologi Informasi untuk Keunggulan Bisnis. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 2 (1), 99-112.
Yulianto, A. (2015). Kajian Internet Marketing Sebagai Salah Satu Media Pemasaran Industri Perhotelan. Jurnal Khasanah Ilmu, 6 (1), 65-78.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Indonesian version:
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.