Peningkatan Profesionalisme Guru Ekonomi dalam Pembelajaran di SMA Kabupaten Semarang

Authors

  • S. Sriyanto Universitas Muhammadiyah Purwokerto http://orcid.org/0000-0002-0819-4132
  • Indri Murniawaty Universitas Negeri Semarang
  • Ita Nuryana Universitas Negeri Semarang
  • I. Ismiyati Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.30595/jppm.v2i2.3413

Keywords:

Profesionalisme, Penelitian Tindakan Kelas, Guru MGMP Ekonomi SMA

Abstract

Mutu pendidikan yang berkualitas dipengaruhi oleh kualitas pembelajaran, untuk itu guru dituntut mempunyai kualifikasi dan kompetensi guna meningkatkan profesionalisme guru sehingga  mampu meningkatkan kualitas pembelajaran. Kompetensi pedagogik merupakan salah satu aspek kompetensi yang mampu melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran antara lain dengan penelitian tindakan kelas. PTK  dilakukan guru dalam rangka memperbaiki kualitas pembelajaran di kelasnya. Namun kenyataan di lapangan, masih kurangnya jumlah guru yang melaksanakan PTK, karena keterbatasan kemampuan dan pengalaman penelitian para guru. Oleh karena itu dalam kegiatan pengabdian ini diadakan pelatihan dan pendampingan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan dalam melaksanakan PTK. Mitra dari kegiatan pengabdian ini adalah guru-guru yang tergabung dalam MGMP Ekonomi SMA Kabupaten Semarang. Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang guru perwakilan dari 25 sekolah. Metode yang digunakan adalah pelatihan dan pendampingan melaksanakan penelitian tindakan kelas. Hasil evaluasi dari kegiatan ini menunjukkan bahwa 80% guru faham  mengenai penelitian tindakan kelas, meskipun yang langsung mempraktekan penelitian tindakan kelas hanya 10%

References

Joni, T.R. (1998). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PCPPGSM Dirjen Dikti

Syaodih. N. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Remaja Roosdakarya

Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Angka Fungsional Guru dan Amgka Kreditnya.

Kusnandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Rajawali Pers

Downloads

Published

2018-10-19

How to Cite

Sriyanto, S., Murniawaty, I., Nuryana, I., & Ismiyati, I. (2018). Peningkatan Profesionalisme Guru Ekonomi dalam Pembelajaran di SMA Kabupaten Semarang. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 357–362. https://doi.org/10.30595/jppm.v2i2.3413

Similar Articles

<< < > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.