Edukasi Kepada Masyarakat Terkait Cara Menghindari Phishing Melalui Pengadaan Webinar

Ahmad Maulana Fikri, Bragatama Pertiwibowo, Faisal Fachrureza, Muhammad Irza Fahri, Retno Indah Setyorini

Abstract


Dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, manusia akan sangat mudah mendapat suatu informasi melalui internet. Seiring munculnya internet, tidak dipungkiri lagi bahwa keseharian manusia tidak pernah lepas dari pengaruh internet. Namun, semakin meningkatnya penggunaan internet di berbagai bidang juga disertai maraknya jumlah kejahatan di dunia maya atau biasa disebut dengan cybercrime. Salah satu kejahatan di dunia maya yang ramai dibicarakan ialah phishing. Phishing adalah kegiatan kriminal dengan memanfaatkan teknik rekayasa sosial, dimana pelaku akan berupaya untuk mendapatkan informasi sensitif lewat penipuan. Faktor penyebab phishing dapat disebabkan oleh pengetahuan masyarakat yang minim. Oleh karena itu, dilakukanlah kegiatan pengabdian masyarakat yang bertopik “Tips Menghindari Phishing”. Kegiatan ini berbentuk webinar yang memanfaatkan teknologi Google Meet untuk berinteraksi dengan peserta, dengan tujuan utama kegiatan untuk mengedukasi terkait phishing dan tindakan untuk menghindarinya. Kegiatan ini dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan sampai dengan penutupan. Penyampaian materi dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi Google Meet dengan metode tatap muka secara online. Hasil yang dicapai pada kegiatan ini sangat memuaskan. Adanya peningkatan pengetahuan dari sebelumnya telah didapatkan oleh peserta. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat dapat lebih berhati-hati untuk tidak tertipu oleh kejahatan phishing. Dampak yang dihasilkan jika terkena phishing sangatlah merugikan. Edukasi diri secepatnya juga merupakan salah satu tindakan untuk menghindari phishing.


Keywords


Edukasi; Menghindari Phishing; Pengabdian Masyarakat; Webinar

References


APJII. (2018, Mei 16). Laporan Survei: Penetrasi dan Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Dipetik Agustus 25, 2019, dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/05/16/pengguna-internet-di-indonesia-2018-bertambah-28-juta

Laudon, K. C., & Laudon, J. P. (2004). Management Information System (8th ed.). New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Maharsi, S. (2000). Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi terhadap Bidang Akuntansi Manajemen. Jurusan Akuntansi & Keuangan, 2(2), 127-137.

Nasir, A., & Oktari, R. (2011). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Pengendalian Intern Terhadap Kinerja Instansi Pemerintah. Jurnal Ekonomi, 19(2).

Noviari, N. (2007). Pengaruh Kemajuan Teknologi Informasi Terhadap Perkembangan Akuntansi. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis.

Radiansyah, I., Candiwan, & Priyadi, Y. (2016). Analisis Ancaman Phishing Dalam Layanan Online Banking. Ekonomika-Bisnis, 7(1), 1-14.

Singh, N. P. (2007). Online Frauds in Banks with Phishing. Journal of Internet Banking and Commerce, 4.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v6i1.7543

Copyright (c) 2022 Ahmad Maulana Fikri, Bragatama Pertiwibowo, Faisal Fachrureza, Muhammad Irza Fahri, Retno Indah Setyorini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347