Pemanfaatan Tools Animasi Untuk Media Pembelajaran Bagi SMKN 1 Labang Bangkalan Madura

Authors

  • Arik Kurniawati Universitas Trunojoyo Madura
  • Indah Agustien Siradjuddin Universitas Trunojoyo Madura
  • Mochammad Kautsar Sophan Universitas Trunojoyo Madura
  • Ariesta Kartika Sari Universitas Trunojoyo Madura
  • Puji Rahayu Ningsih Universitas Trunojoyo Madura
  • Wanda Ramansyah Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.30595/jppm.v4i2.6796

Keywords:

Era Industrial 4.0, Media Pembelajaran, Animasi, Smartphone

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu aspek terpenting dalam proses pembelajaran, karena akan membantu siswa dalam memahami ceramah yang diberikan oleh guru. Seiring tumbuhnya teknologi informasi di Era Industrial 4.0, maka sebaiknya media pembelajaran yang digunakan juga menggunakan teknologi informasi terbaru yang dibuat semenarik mungkin sehingga menimbulkan semangat siswa dalam memperhatikan dan memahami mata pelajaran yang diajarkan. Dalam pengabdian ini, digunakan Animaker, sebagai tools untuk membuat media pembelajaran, karena memiliki banyak fitur, selain itu media ini dapat dilihat dan dipelajari oleh siswa kapan saja, di mana saja dengan smartphone yang mereka miliki. Pemanfaatan tools Animasi sebagai Media Pembelajaran dilakukan di SMKN 1 Labang, Bangkalan, Madura. Ada empat langkah utama untuk membangun media pembelajaran menggunakan Animaker, yaitu menentukan topik ceramah; memilih karakter yang sesuai dan juga property; mendefinisikan adegan; dan langkah terakhir adalah mendesain scene. Bentuk kegiatan ini adalah pelatihan tentang cara membuat media pembelajaran menggunakan Animaker dan selanjutnya adalah pendampingan dalam mengerjakan tugas untuk membuat projek sesuai dengan mata pelajaran yang meraka ajarkan. Berdasarkan pelatihan dan tugas proyek yang diberikan ini, Animaker dapat digunakan sebagai tools yang menarik untuk membuat media pembelajaran.

References

Alannasir W. 2016. “Pengaruh Penggunaan Media Animasi Dalam Pembelajaran Ips Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Sd Negeri Mannuruki, Journal of Educational Science and Technology, vol. 2, no. 2, p. 81

Animaker, https://www.animaker.com/

Gideon S. 2018. Peran Media Bimbingan Belajar Online ‘Ruangguru’ Dalam Pembelajaran Ipa Bagi Siswa Smp Dan Sma Masa Kini: Sebuah Pengantar, Jurnal Dinamika Pendidikan

Ristekdikti, 2018. Era Revolusi Industri 4.0, Saatnya Generasi Millennial Menjadi Dosen Masa Depan” 30 Januari 2018 (Daring), Tersedia pada : http://sumberdaya.ristekdikti.go.id/index.php/2018/01/30/era-revolusi-industri-4-0saatnya-generasi-millennial-menjadi-dosen-masa-depan/

Sukiyasa K, Sukoco. 2013. Pengaruh media animasi terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa materi sistem kelistrikan otomotif , Jurnal Pendidikan Vokasi Vol 3, No 1

Downloads

Published

2021-03-29

How to Cite

Kurniawati, A., Siradjuddin, I. A., Sophan, M. K., Sari, A. K., Ningsih, P. R., & Ramansyah, W. (2021). Pemanfaatan Tools Animasi Untuk Media Pembelajaran Bagi SMKN 1 Labang Bangkalan Madura. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(2), 317–322. https://doi.org/10.30595/jppm.v4i2.6796

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.