Strategi Inovasi dalam Media Pembelajaran Model Daring dalam Menanggulangi Covid-19

Authors

  • Emi Maulani Universitas Malikussaleh
  • Desvina Yulisda Universitas Malikussaleh
  • Mutammimul Ula Universitas Malikussaleh
  • Eri Saputra Universitas Malikussaleh
  • Angga Pratama Universitas Malikussaleh
  • Zurhijjah Zurhijjah Universitas Malikussaleh

DOI:

https://doi.org/10.30595/jppm.v7i1.9807

Keywords:

Metode Pembelajaran Inovatif, Merdeka Belajar, Tools Aplikasi

Abstract

Peningkatan kualitas program pembelajaran perlu dilandasi dengan kegiatan belajar-mengajar yang efisien dan efektif.  Strategi dalam pendidikan merupakan suatu  proses untuk meningkatkan kecerdasan siswa pada masa pandemi ini. Perkembangan teknologi dan komunikasi pada dunia pendidikan membutuhkan proses pelatihan dan pembelajaran menggunakan berbagai metode (E-Learning, Zoom, Google Classroom, Schoology, dan Edmodo). Proses ini menggunakan kegiatan pelatihan dan pengajaran. Prosesnya ini tidak terkendala apapun karena  dapat diakses dan diproses kapan saja dan di mana saja. Proses ini mendukung kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia terkait proses pembelajaran dan mendeka belajar selama pandemic covid-19. Permasalahan yang sering dihadapi pada dunia pendidikan, pembelajaran selama ini yang kurang efektif. Metode penyampaian materi yang diberikan belum efektif dalam pemanfaatan sumber belajar, penyampaian materi oleh guru secara jadwal mengajar kurang baik sehingga penyerapan materi untuk siswa kurang diterima. Metode pelaksanaan pengabdian ini dengan menggunakan teori dan praktik. Hasil dari proses pelatihan ini dapat memberikan inovasi pembelajaran secara daring dengan penggunaan berbagai tools berbagai tools yang digunakan dan meningkatkan kemampuan guru untuk mengimplementasikannya dapat meningkatkan proses belajar mandiri.

Author Biography

Emi Maulani, Universitas Malikussaleh

Teknik Sipil, fakultas Teknik, Universitas Malikussaleh

References

Goh, L., & Maitland, C. (1999). What's the difference? A review of contemporary research on the effectiveness of distance learning in higher education. Washington: Institute for Higher Education Policy.

Husna, H., & Pinem, K. (2011). Perbedaan hasil belajar siswa antara pengajaran multimedia dengan pengajaran konvensional pada materi iklim global di kelas X SMA N 1 Seruway Kabupaten Aceh Tamiang TP 2009/2010. Jurnal geografi, 3(2), 83–93.

Irawan, Y., Susanti, N., & Triyanto, W. A. (2015). Analisa dan perancangan sistem pembelajaran online (e-learning) pada smk mambaul falah kudus. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 6(2), 345–352.

Kristiana, A. I. (2014). Model pembelajaran berbasis e-learning dengan authentic assessment pada mata kuliah aljabar linier prodi pendidikan matematika FKIP Universitas Jember. Kadikma, 5(3).

Ilmiyah, S. (2020, Februari 11). Surotul Ilmiyah — PBNU Menjawab Tantangan Virus Corona. Dipetik April 18, 2020, dari YouTube alobatnic: https://youtu.be/SPdc4WT8BCg

Irene, Saleh, R. R., Foresto, B., Djuanda, R. E., Prayogo, A., Arianti, A., et al. (2020, Maret 18). Pesan Para Dokter terkait Covid-19. Dipetik April 18, 2020, dari YouTube alobatnic: https://youtu.be/F1IiXodT3MQ

Kemendikbud. (2020, Maret 16). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan COVID-19 pada Satuan Pendidikan. Dipetik April 13, 2020, dari LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara: https://lldikti1.ristekdikti.go.id/berkas/semendikbud032020pencegahancorona.pdf

Nakayama M, Yamamoto H, & S. R. (2007). The Impact of Learner Characterics on Learning Performance in Hybrid Courses among Japanese Students. Elektronic Journal E-Learning, Vol.5(3).1.

Roshayanti, F. (2019, Agustus 21). Desain Pembelajaran Sekolah Dasar. (A. R. Setiawan, Pewawancara)

Setiawan, A., Nurlaela, L., Muslim, S., & Yundra, E. (2019). Pengembangan e-learning sebagai media pembelajaran pendidikan vokasi. In Prosiding Seminar Nasional SANTIKA Ke-1 2019 (pp. 52–56).

UNESCO. (2020, April 13). COVID-19 Educational Disruption and Response. Dipetik April 13, 2020, dari UNESCO: https://en.unesco.org/themes/education-emergencies/coronavirus-school-closures

WHO. Coronavirus disease 2019 (COVID-19). Situation Report.World Health Organization. 8 march 2020. Available from: https://www. who.int/docs/default-source/ coronaviruse/situation-reports/ 20200308-sitrep-48-covid-19.pdf?sfvrsn= 16f7ccef_4

Downloads

Published

2023-03-20

How to Cite

Maulani, E., Yulisda, D., Ula, M., Saputra, E., Pratama, A., & Zurhijjah, Z. (2023). Strategi Inovasi dalam Media Pembelajaran Model Daring dalam Menanggulangi Covid-19. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 7(1), 95–101. https://doi.org/10.30595/jppm.v7i1.9807

Similar Articles

> >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.