Faktor yang Memengaruhi Tingkat Pluralisme Kaum Muda di Era Digital

Authors

  • Jean Nethania Feby Widiyanto Universitas Airlangga
  • Ivena Meisa Salsabila Universitas Airlangga
  • Jonathan Dearmando Saragih Universitas Airlangga
  • Moses Glorino Rumambo Pandin Universitas Airlangga

DOI:

https://doi.org/10.30595/jssh.v6i2.12763

Keywords:

Faktor Internal Diri, Media Sosial, Pluralisme, Pendidikan Multikultural, Toleransi

Abstract

Latar belakang masyarakat majemuk yang dimiliki Indonesia menjadikan bangsa ini kaya akan beragam kebudayaan, hal tersebut perlu dimbangi dengan pemahaman mengenai pluralisme. Pemahaman yang baik diharapkan akan mempengaruhi sikap toleransi yang tinggi, utamanya bagi kaum muda saat ini sebagai masa depan bangsa. Semangat pluralisme perlu dimiliki oleh pemuda sebagai tonggak awal penerapan toleransi yang menjadi modal untuk integrasi bangsa nantinya. Semangat pluralisme tentu tidak bisa seirama setiap orang, banyak hal mempengaruhi seberapa kuat toleransi setiap orang. Karena hal tersebut, perlu diketahui faktor apa saja yang dapat mempengaruhi tingkat toleransi atau semangat pluralisme tersebut. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan Sequential Explanatory oleh John W. Creswell. Pendekatan diawali dengan pengumpulan data kuantitatif berupa kuesioner berskala likert. Dilanjutkan dengan studi literatur dari jurnal-jurnal ilmiah terkait, sebagai bahan penjelasan atau pendukung dari data kuantitatif yang telah didapat. Hasil dari penelitian menunjukan pola yang positif. Menunjukan angka index yang baik dan dapat diterjemahkan sebagai tingkat toleransi yang baik juga. Namun peneliti juga menemukan adanya persetujuan mengenai masih maraknya sikap intoleransi. Dari studi literatur sendiri, peneliti menemukan aspek pendukung mengenai faktor internal maupun eksternal dari tingkat pemahaman pluralisme dan penerapan toleransi pada pemuda.

References

Akbar, R. S. (2019). Peran Media Sosial Dalam Perubahan Gaya Hidup Remaja (Studi Mengenai Peran Media Sosial Dalam Perubahan Gaya Hidup Remaja di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya) (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Al Rasyid, H., & Chusairi, A. (2021). Hubungan antara Dukungan Sosial dan Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Universitas Airlangga. Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental, 1(2), 1306-1312.

Ananda Yudha, R. B., Noveriana, C. R., Wulandari, E., Tjahjono, F. A., Wisnawa, I. W. W., Tiara, Z. F., ... & Karimah, A. (2020). Description Of Risk Levels of Gadget Addiction, Bullying Behavior, And Drug Abuse In Adolescents. Journal of Community Medicine and Public Health Research, 1(2), 65-72.

Bachtiar, F. (2019). Kehidupan Sosial Remaja Pengguna Napza Di Kota Surabaya (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Budiono, B. (2021). Urgensi Pendidikan Multikultural Dalam Pengembangan Nasionalisme Indonesia. Jurnal Civic Hukum, 6(1).

Dewi, D. K., & Triandika, L. S. (2020). Konstruksi Toleransi pada Akun Media Sosial Jaringan Gusdurian. Lentera, 4(1).

Ekaningtyas, N. L. D. (2020). Psikologi Komunikasi untuk Memaksimalkan Internalisasi Nilai- Nilai Toleransi Pada Anak Usia Dini. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 14-20.

Huda, M. T., & Fila, O. F. (2019). Media Sosial Sebagai Sarana Membangun Kerukunan Pada Komunitas Young Interfaith Peacemaker (YIPC). Religi: Jurnal Studi Agama-agama, 15(1), 28-50.

Japar, M., Irawaty, I., & Fadhillah, D. N. (2019). Peran Pelatihan Penguatan Toleransi Sosial Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(2), 94-104.

Kalalo, R. T., Basoeki, L., & Purnomo, W. (2019). Hubungan Antara Pola Asuh dan Depresi pada Remaja Overweight-Obese. Jurnal Psikiatri Surabaya, 8(1), 1-6.

Kamaluddin, K., Sari, I., & Anggraini, M. (2021). Intoleransi Menurut Tokoh Agama Islam Dan Kristen. Studia Sosia Religia, 4(1).

Mayasaroh, K. (2020). Toleransi Strategi dalam Membangun Kerukunan Antarumat Beragama di Indonesia. al-Afkar, Journal for Islamic Studies, 3(1, January), 77-88.

Muhaemin, E., & Sanusi, I. (2019). Intoleransi Keagamaan dalam Framing Surat Kabar Kompas. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 17-34.

Nasution, L. K. (2019). Peran Media Sosial Dalam Membangun Kerukunan Umat Beragama. Hikmah, 13(2), 221-240.

Nisa, Suvia’. “Toleransi Masyarakat Beda Agama (Studi Tentang Interaksi Sosial Umat Beragama di Krisik Blitar),” 2019.

Pangestika, W. P. (2020). Gambaran Kualitas Hidup Narapidana Penyalah Guna Narkoba Lapas Pemuda Kelas IIA Madiun Jawa Timur (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696-1705.

Prakasih, R. C., Firman, F., & Rusdinal, R. (2021). Nilai Nasionalisme Dan Anti Radikalisme Dalam Pendidikan Multikultural. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 294-303.

Pratiwi, D. U. (2019). Praktik Bullying Terhadap Tokoh Utama Ernest (Etnis Tionghoa) Dalam Film Ngenest 2015 (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Primadiana, D. B., Nihayati, H. E., & Wahyuni, E. D. (2019). Hubungan smartphone addiction dengan kecemasan sosial pada remaja. Psychiatry Nursing Journal (Jurnal Keperawatan Jiwa), 1(1), 21-28.

Prayogi, A. R., Hardini, P. P., Alamiyyah, M., Sari, K. I., Haqi, D. N., & Sari, J. D. Determinan tingkat depresi mahasiswa pada masa pandemi COVID-19 (studi kasus mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya). J CMHP. 2020; 2 (2): 1-7.

Putri, A. A., & Jansen, B. (2021). Dynamics of Reasonableness and Fairness in a Pluralistic Legal System: Perspectives from Adat, Islamic and Civil Inheritance Law. Yuridika, 36(1), 1-14.

Rahmelia, S. (2020). Hubungan Kebermaknaan Hidup Dan Sikap Toleransi Beragama Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Berbasis Keagamaan Di Palangka Raya. Dialog, 43(1), 49-58.

Ramadhan, A., & Miftahuddin, M. (2019). Pengaruh kecerdasan emosional dan budaya organisasi terhadap learning organization. TAZKIYA: Journal of Psychology, 2(1).

Saddam, S., Mubin, I., & SW, D. E. M. (2020). Perbandingan Sistem Sosial Budaya Indonesia Dari Masyarakat Majemuk Ke Masyarakat Multikultural. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 136-145.

Saputri, O. M. (2021). Strategi Guru IPS Dalam Menanamkan Sikap Toleransi Pada Siswa Yang Multikultural Di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu (Doctoral dissertation, IAIN Bengkulu).

Sofwana, H. M., Rosiana, F., & Haryanto, H. C. (2020). Efektivitas Psikoedukasi Kemampuan Empati Dalam Meningkatkan Toleransi Beragama Pada Mahasiswa Salah Satu Perguruan Tinggi Swasta Di Jakarta. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 22(2), 130-141.

Sitepu, E. N. (2021). Multikulturalisme Dan Pluralisme Dalam Pembelajaran Pkn (Pengamalan Sila Ketiga Dalam Pancasila). Mudabbir (Journal Research and Education Studies), 1(1), 51-60.

Sabiq, A. F. (2020). Analisis Kematangan Beragama dan Kepribadian serta Korelasi dan Kontribusinya terhadap Sikap Toleransi. IJIP: Indonesian Journal of Islamic Psychology, 2(1), 23-49.

Sugihartati, R. (2019). Konten Negatif di Medsos. Republika.

Susilawardhani, A. D. (2020). Model Kepribadian Entrepreneur Generasi Millenial Yang Sukses Pada Era Revolusi Industri 4.0 (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Taqiyuddin, M. (2019). Hubungan Disiplin dan Toleransi pada Siswa (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Tisnawati, N. (2019). Pendidikan Multikultural Sebagai Upaya Penguatan Nilai Karakter Toleransi Pada Anak Usia Dini di Perumahan PNS Kota Metro. Jurnal Kajian Anak (J- Sanak), 1(01), 37-52.

Wicaksana, A. G. (2019). Hubungan Emotional Quotient dengan sikap toleransi (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Wiguna, I. B. A. A. (2020). Pola Asuh Dalam Penumbuhkembangan Karakter Toleransi Anak Usia Dini Di Lingkungan Minoritas. Prosiding STHD Klaten Jawa Tengah, 1(1), 119-129.

Downloads

Published

2022-09-27

How to Cite

Widiyanto, J. N. F., Salsabila, I. M., Saragih, J. D., & Pandin, M. G. R. (2022). Faktor yang Memengaruhi Tingkat Pluralisme Kaum Muda di Era Digital. JSSH (Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora), 6(2), 55–75. https://doi.org/10.30595/jssh.v6i2.12763

Similar Articles

<< < 1 2 3 

You may also start an advanced similarity search for this article.