Pengaruh Sistem Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru S1 dari Luar Kota Medan
DOI:
https://doi.org/10.30595/jssh.v6i2.13861Keywords:
Pengaruh, Sistem Pembelajaran Daring, Penyesuaian Diri, Mahasiswa Baru, PandemiAbstract
Mahasiswa baru S1 dari luar Kota Medan T.A 2020/2021 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara sejak awal memasuki perkuliahan menggunakan platform sistem pembelajaran daring sebagai media pembelajaran maupun media yang menghubungkan mereka dengan kegiatan kampus dan organisasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis korelasi dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Pengaruh Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru S1 Dari Luar Kota Medan T.A 2020/2021 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara. Metode analisis menggunakan analisis regresi linear. Dari penelitian ini ditemukan persamaan Y= 25,369 + 0,615 X. dengan R Square 0,467 atau 46,7% yang artinya Sistem Pembelajaran Daring (zoom dan E-Learning USU) mampu menjelaskan Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru S1 Dari Luar Kota Medan T.A 2020/2021 sebesar 46,7%.
References
Adhiman, F & Mugiarso, H. (2021). Hubungan Penyesuaian Diri Terhadap Resiliensi Akademik Pada Siswa Dalam Menghadapi Pembelajaran Saat Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol 5. No 2. https://journal.upy.ac.id/index.php/ bk/article/view/1571 Diakses pada 27 Juli 2021.
Aftin, D. (20 April, 2021). Bagaimana Wabah Covid-19 Mempengaruhi Kehidupan Sehari-Hari Mahasiswa Perguruan Tinggi. UNAIR NEWS.
Amalia, K. (2020). Hubungan Culture Shock Dengan Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Malaysia Di Uin Ar-Raniry Banda Aceh.
Aurel, M. I, dkk. (Februari, 2021). Learning Experience of Adjustment Duration in Online Learning (Descriptive Studies in Students): Pengalaman Belajar terhadap Durasi Penyesuaian Diri dalam Pembelajaran Daring (Studi Deskriptif Pada Mahasiswa).
Cerita Guru Mengajar Lewat Online: Terkendala Fasilitas hingga Ditinggal Mabar Siswa. (n.d.). Diakses 31 Mei, 2022, from https://www.kompas.com/tren/read/ 2020/04/13/184500465/cerita-guru-mengajar-lewat-online-terkendala-fasilitas-hingga-ditinggal
Fahlani, S. (2018). Pengaruh Peraturan Menteri Kelautan Dan Perikanan Nomor 2/PERMEN-KP/2015 Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Nelayan di Kelurahan Pematang Pasir Kecamatan Teluk Nibung Kota Tanjungbalai.
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. 12 Mei 2021. https://fisip.usu.ac.id/index.php?opt ion=com_content&view=article&id=90:mengapa-fisip-u&catid=91&Itemid=627&lang=en.
Fajriani, dkk. (September, 2020). Penyesuaian Diri Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Di Sma Laboratorium Unsyiah Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. https://www.kemdikbud.go.id/main
/blog/2020/03/se-mendikbud-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran- covid19. Diakses pada 2 Juli 2022.
Kementerian pendidikan dan kebudayaan. (2020). Sikapi Covid-19, Kemendikbud Terbitkan Dua Surat Edaran. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/sikapi-covid19- kemendikbud-terbitkan-dua-surat- edaran. Diakses pada 2 Juli 2022.
Nurfitriana, P. (2016). Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Tahun Pertama Di Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Diakses pada 10 Juli 2022.
PH, L, Mubin, F. M, & Basthomi, Y. (2020). “Tugas Pembelajaran” Penyebab Stres Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa. Vol 3. No 2.
Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Purwodadi: CV Samu Untung.
Priyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Zifatama Publishing.
Rahayu, M.N.M & Arianti, R. (2020). Penyesuaian Mahasiswa Tahun Pertama Di Perguruan Tinggi: Studi Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UKSW. Jurnal Psikologi Sains dan Profesi. Vol 4. No 2. http://jurnal.unpad.ac.id/jpsp/articl e/view/26681. Diakses pada 30 Juni 2022.
Sadikin, A & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 (Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. Vol 6. No 02. https://online- journal.unja.ac.id/biodik/article/vie w/9759. Diakses pada 1 Juli 2022.
Safitri, W. S (2016). Analisis Korelasi Pearson Dalam Menentukan Hubungan Antara Kejadian Demam Berdarah Dengue Dengan Kepadatan Penduduk Di Kota Surabaya Pada Tahun 2012 – 2014.
Vol 2. No 2. Jurnal Ilmiah Keperawatan. https://journal.stikespemkabjomba ng.ac.id/index.php/jikep/article/vie w/23. Diakses pada 31 Juni 2022.
Sarahutu, M.G. (2020). Pembelajaran Online, Minat Belajar, dan Kehidupan Sehari- hari Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Sanata Dharma di Tengah Covid-19.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Viandhy, A. O & Ratnasari, R.T (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Niat Ulang Dengan Menggunakan Produk Yang Lain Melalui Kepercayaan Nasabah Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Boulevard Di Surabaya. JESTT. Vol 1. No 8.
Wapres: Baru Ada 20 dari 4.741 Perguruan Tinggi yang Terapkan Belajar Daring Halaman all Kompas.com. (n.d.). Diakses 31 Mei, 2022 from https://nasional.kompas.com/read/20 20/09/22/12262611/wapres-baru-ada- 20-dari-4741-perguruan-tinggi-yang- terapkan-belajar-daring?page=all
WHO. (2020). Pertanyaan dan Jawaban Terkait Coronavirus. https://www.who.int/ndonesia/news/ novelcoronavirus/qa/qa-for-public. Diakses pada 26 Juli 2021.
Zain, M. R (2020). Penyesuaian Diri dan Komunikasi Interpersonal Pada Mahasiswa Asing yang Mengalami Gegar Budaya. Jurnal Ilmiah Psikologi. Vol 8. No 1 http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/psiko neo/article/view/4863/pdf. Diakses pada 30 Juli 2021.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Listria Ningsih Simanullang, Fajar Utama Ritonga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
JSSH (Jurnal Sains Sosial dan Humaniora) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.