Analisis Hubungan antara Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Instalasi Farmasi Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang

Authors

  • FX Haryanto Susanto Universitas Ma Chung
  • Nancy Isnawati Simbolon Universitas Ma Chung
  • Eva Monica Universitas Ma Chung

DOI:

https://doi.org/10.30595/pharmacy.v18i1.5451

Keywords:

analisis regresi linier berganda, kepuasan pasien, kualitas pelayanan, tingkat pengetahuan

Abstract

Pelayanan kefarmasian yang baik diharapkan dapat mempengaruhi dan membentuk kualitas pelayanan serta kepuasan pasien yang baik pula. Hal ini menyangkut kepentingan rumah sakit itu sendiri berdasarkan kualitas pelayanan yang telah mereka jalankan selama ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan antara kualitas pelayanan dan kepuasan pasien rawat jalan Instalasi Farmasi Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang (IFRS UMM) berdasarkan lima dimensi kualitas pelayanan. Penelitian ini dilakukan di RS UMM. Output yang diharapkan dari penelitian ini yakni mengetahui pengaruh dari lima dimensi kualitas pelayanan yakni tangibles (berwujud/ fisik), reliability (keandalan), responsiveness (ketanggapan), assurance (kepastian/ keyakinan) dan empathy (empati) terhadap kepuasan pasien. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif. Penelitian kuantitatif ini menggunakan 100 responden dan diolah menggunakan regresi linear berganda yang berguna untuk melihat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien. Hasil penelitian statistik menunjukkan bahwa secara uji simultan, uji parsial maupun koefisien determinasi (R2) kelima dimensi mutu kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien, dimana hasil dari uji simultan adalah 18,843 (0,000). Hasil dari uji parsial pada dimensi tangibles adalah 2,451 (0,016), pada dimensi reliability adalah 4,349 (0,000), pada dimensi responsiveness adalah 2,105 (0,038), pada dimensi assurance adalah 2,241 (0,027) dan pada dimensi empathy adalah 2,177 (0,032). Koefisien determinasi (R2) adalah 0,501, yang berarti jika kualitas pelayanan kefarmasian di instalasi farmasi rawat jalan mengalami peningkatan maka berpengaruh pula terhadap kepuasan pasien di instalasi farmasi rawat jalan tersebut.

Author Biography

Eva Monica, Universitas Ma Chung

Pharmacy Program Study

References

Aryani, F, dkk. 2015. Analisa Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas pelayanan Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru. Jurnal Pharmacy Vol.12. No. 01.

Fahriadi. 2007. Upaya peningkatan mutu dan pelayanan di RS: diantara tuntutan social dan industry bisnis.

Kartika, D. 2014. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Kepercayaan Di Rumah Sakit Bunda Kandangan Surabaya. Jurnal Aplikasi Manajemen (JAM) Vol. 12 No. 3.

Pemerintah Indonesia. 2009. Undang – Undang Republik Indonesia Nomor. 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit. Jakarta.

Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 72 Tahun 2016. Tentang Pelayanan Kefarmasian. Jakarta. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 93 Tahun 2015. Tentang Rumah Sakit Pendidikan. Jakarta.

Ropal, T. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Pada Puskesmas Dalam Kabupaten Musi Banyuasin. Jurnal Ilmu Manajemen Vol. 5 No. 1.

Supartiningsih, S. 2017. Kualitas Pelayanan Kepuasan Pasien Rumah Sakit Kasus Pada Pasien Rawat Jalan. Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit. 6 (1): 9-15.

Sutrisna, E. 2008. Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan Di Apotek Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Sragen. Jurnal Pharmacon Vol. 9 No. 2.

Yaseer, T, H. 2013. Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Kamar Obat Di Puskesmas Surabaya Utara. Jurnal Ilmiah Mahasiswa universitas Surabaya Vol. 2 No. 2.

Downloads

Published

2021-10-01

How to Cite

Susanto, F. H., Simbolon, N. I., & Monica, E. (2021). Analisis Hubungan antara Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Instalasi Farmasi Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang. PHARMACY: Jurnal Farmasi Indonesia (Pharmaceutical Journal of Indonesia), 18(1), 10–20. https://doi.org/10.30595/pharmacy.v18i1.5451

Similar Articles

> >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.